3 Cara Mendukung Kepintaran Si Kecil di Usianya untuk Bebas Bereksplorasi

Usia Si Kecil yang pertama bisa jadi salah satu momen terpenting dalam hidupnya. Usia satu tahun juga masih termasuk ke dalam periode emas yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk memanfaatkan periode emas ini untuk memaksimalkan kepintaran buah hati.

Di usia ini, Si Kecil biasanya mulai lebih banyak bergerak dan mengeksplorasi lingkungannya. Segala sesuatu yang ia lihat selalu menarik perhatiannya. Jika di usia ini Si Kecil aktif bergerak, berarti proses tumbuh kembangnya berlangsung normal. Bayi yang aktif dan senang bergerak juga berpotensi memiliki kepintaran kinestetik atau body smart. Bagi si body smart, banyak bergerak merupakan salah satu caranya untuk belajar. Untuk mengoptimalkan kepintaran kinestetiknya dan membantunya bebas bereksplorasi, yuk lakukan 3 hal berikut ini, Moms!

Berikan Nutrisi yang Lengkap

Bayi yang sudah menginjak usia satu tahun sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI sehingga pola makan yang seimbang sangatlah penting bagi tumbuh kembangnya. Jadi, pastikan ia mendapatkan asupan nutrisi dari berbagai jenis makanan agar ia mendapatkan gizi yang lengkap, mulai dari protein, vitamin, lemak, dan nutrisi sehat lainnya.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan zat besi Si Kecil. Kurangnya zat besi akan menyebabkan kurangnya oksigen pada darah sehingga bisa memperlambat kerja otak dan ototnya. Oleh karena itu, bayi yang kekurangan zat besi akan terlihat kurang aktif dan lamban pertumbuhannya. Inilah alasan mengapa Moms perlu memasukkan makanan yang mengandung zat besi ke menu makanan Si Kecil agar ia bisa selalu aktif dan bebas bereksplorasi. Nutrisi zat besi ini banyak terdapat pada bayam, hati, telur, daging merah, kacang merah, dan oatmeal.

Berikan Stimulasi yang Tepat

Stimulasi yang tepat juga akan mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil. Stimulasi yang bisa diberikan pada Si Kecil misalnya dengan mengajaknya bermain. Banyak hal yang bisa Si Kecil pelajari dari bermain karena bermain membuat panca inderanya aktif sehingga merangsang pembentukan sel-sel otaknya. Moms juga bisa menyediakan mainan yang sesuai dengan usianya, seperti soft blocks atau mainan kubus yang terbuat dari busa yang empuk, alat musik mini, dan pasir kinetik. Biarkan ia bereksplorasi dengan mainannya karena bereksplorasi akan memberikan Si Kecil perkembangan motorik yang baik.

Dukung Kenyamanan Gerak Si Kecil

Karena Si Kecil sudah mulai banyak melakukan eksplorasi berbagi macam gerakan, maka Moms pun perlu mendukung gerak dan aktivitasnya agar ia selalu merasa nyaman. Untuk mendukung gerakan Si Kecil yang makin lincah, pastikan untuk memberinya pakaian yang nyaman. Pastikan baju Si Kecil terbuat dari bahan yang lembut, mudah menyerap keringat, dan memiliki ketebalan yang cukup.

Selain pakaian, Moms juga perlu memakaikan popok bayi yang tepat untuk Si Kecil. Bedakan popok yang digunakan Si Kecil pada siang dan malam hari karena aktivitas yang dilakukan Si Kecil di waktu siang dan malam hari itu berbeda. Saat siang hari, Moms bisa memakaikan popok yang mampu menyerap cairan dengan cepat agar ia tak merasa terganggu saat bermain. Popok celana Sweety Silver bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung aktivitas Si Kecil di siang hari. Selain bahannya yang mampu menyerap cairan dengan cepat, popok celana Sweety Silver pun pas di tubuh Si Kecil sehingga tak takut bocor dan nyaman digunakan.

Nah, untuk malam hari, pakaikan popok yang tidak terlalu tebal dengan bentuk yang nyaman agar ia bisa tidur dengan pulas. Pilih desain popok yang lebih tipis, seperti popok celana Sweety Gold. Selain nyaman, popok celana Sweety Gold juga memiliki teknologi Diamond Layer yang mampu menyerap cairan lebih cepat dan merata, sehingga permukaan popok tetap kering dan tidak lembap. Karena bisa memenuhi kenyamanan Si Kecil dari siang hingga malam hari, Sweety bisa jadi teman nyaman Si Kecil selama 24 jam.

Itulah tiga cara yang bisa Moms lakukan untuk mendukung perkembangan anak usia satu tahun dan gerak bebas Si Kecil. Yuk, selalu dukung kenyamanan Si Kecil dalam bereksplorasi agar potensi body smart Si Kecil semakin berkembang! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (0)


Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Si kecil mulai rewel tanpa tau penyebabnya? Jangan cemas, Bun, siapa tau dia sedang mengalami masa tumbuh gigi loh! Memang, tidak semua bayi mengalami...

Biasakan Ajak Si Kecil Ngobrol

Mulai sekarang, biasakan ajak si kecil ngobrol ya, Bun. Sebab, si kecil belajar berbicara dengan cara memperhatikan lingkungan sekitarnya. Apabila ora...