Belajar Stimulasi Si Kecil Yuk!

Bunda, sudah tahu kan betapa pentingnya menstimulasi si kecil untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil, Tapi tahukah Bunda, bahwa sebenarnya memberikan stimulasi pada si kecil itu dapat dilakukan sebagai kegiatan sehari-hari! 

1. Kecerdasan berbahasa verbal 

Intervensi dan stimulasi dengan mengajak bernyanyi atau bercakap-cakap, bacakan cerita berulang-ulang, rangsang untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak dan lain-lain. Pada umur 3 - 6 bulan ditambah dengan bermain 'cilukba', melihat wajah bayi dan pengasuh di cermin, dirangsang untuk tengkurap, telentang bolak-balik, duduk. Pada usia 6 - 9 bulan distimulasi dengan memanggil namanya, mengajak bersalaman, tepuk tangan dan membacakan dongeng. Umur 9 - 12 bulan ditambah dengan mengulang-ulang menyebutkan mama-papa, kakak, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, menggelindingkan bola, dilatih berdiri dan berjalan dengan berpegangan.

2.  Kecerdasan emosi inter-personal 

Intervensi dan stimulasi dengan bermain bersama dengan anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi kue, meminjamkan mainan, belajar bersalaman dengan orang lain (saat usia 9-12 bulan), mengenalkan orang baru dll.

3. Kecerdasan emosi intra-personal 

Intervensi dan stimulasi dengan menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman, berkhayal, mengarang ceritera dan lain-lain. Stimulasi anak anda dengan mengajak selalu tersenyum dan tertawa. Jauhkan kata kasar, sikap emosional, bertengkar atau adu mulut di depan atau dapat di dengar dan dilihat bayi.

4. Kecerdasan naturalis 

Dapat dilakukan dengan bercerita dengan gambar, benda, alam dan kegiatan sekelilingnya. Ajaklah bayi tertawa dan bersenang-senang dengan kejadian dan peristiwa di sekitarnya. Setiap benda yang ada di lingkungan dapat dijadikan sumber interaksi bayi untuk belajar mengenal lingkungan dan belajar berkomunikasi.
    
5. Kecerdasan logika-matematik 

Intervensi dan stimulasi dengan bernyanyi dan bercerita dengan angka, terutama angka satuan 1-10. Seperti menghitung benda-benda disekitarnya dan bernyayi satu-satu aku sayang ibu.

6.  Kecerdasan visual-spatial 

Intervensi dan stimulasi dengan mengamati gambar atau foto terutama bentuk wajah orang atau kartun yang lucu. Berceritalah dengan kata-kata atau kalimat panjang dengan gambar yang cukup besar dilihat atau benda atau lingkungan dan peristiwa alam. Menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok seperti lingkaran atau kotak-kotak hitam-putih dan benda-benda berbunyi.

7.  Kecerdasan gerak tubuh 

Intervensi dan stimulasi (motorik kasar) pada usia 6-8 bulan merangsang duduk dan dilatih berdiri berpegangan. Usia 9 -12 bulan ditambah stimulasi memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, menggelindingkan bola, dilatih berdiri dan berjalan dengan berpegangan. Bila terjadi keterlambatan tidak bolak balik atau tidak duduk merangkak sesuai usia 6-8 bulan, menunjukkan minimal keterlambatan ringan. Dapat dilakukan stimulasi keseimbangan dan vestibularis dengan berenang, terapi bola dan bermain ayunan.

8.  Kecerdasan musikal 

Intervensi dan stimulasi dengan mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan alat musik, mengikuti irama dan nada. Biasakanlah saat berkomunikasi atau kontak dengan anak seperti saat ganti popok, mandi atau menyuap makan selalu bernyayi dan berdendang dengan lagu.

Bagaimana? Gampang kan? Semua hal tersebut dapat Bunda lakukan dengan si kecil. Karena, kontak fisik langsung dari Bunda merupakan stimulasi terbaik bagi si kecil. Selamat mencoba!


Bagikan

Komentar (0)


Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Daftar Kebutuhan Esensial yang Diperlukan Bayi Bar...

Masa kehamilan adalah salah satu momen membahagiakan bagi wanita, apalagi jika waktu kelahiran Si Kecil sudah semakin mendekat. Selama menantikan kela...

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si K...

Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel...

Vaksin Wajib Buat Si Kecil

Pemberian vaksin bagi Si Kecil memang masih mengundang pro dan kontra dengan berbagai alasan. Jika Bunda masih ragu untuk memberikan vaksin kepada Si...