Daftar Kebutuhan Esensial yang Diperlukan Bayi Baru Lahir

Masa kehamilan adalah salah satu momen membahagiakan bagi wanita, apalagi jika waktu kelahiran Si Kecil sudah semakin mendekat. Selama menantikan kelahiran Si Kecil, banyak kegiatan yang bisa Moms lakukan. Salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir.

Membeli perlengkapan bayi baru lahir bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, tapi juga bisa memusingkan karena Moms perlu memastikan semua kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir bisa terpenuhi, setidaknya untuk bulan-bulan awal kelahiran. Untuk memudahkan Moms berbelanja keperluan bayi, berikut daftar perlengkapan yang bisa dijadikan panduan saat berbelanja.

Pakaian Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibeli tentunya adalah pakaian bayi. Moms boleh memilih model pakaian bayi yang menggemaskan, namun sebaiknya tetap utamakan kenyamanan Si Kecil. Pilih pakaian berbahan lembut, tahan lama, dan tidak merepotkan Moms ketika menggantinya.

Pada umumnya, bayi baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur sehingga Moms perlu menyiapkan lima hingga delapan setelan piama. Selain itu, siapkan pula baju terusan, outer, legging atau celana, kaus kaki, dan topi. Bayi baru lahir akan berubah ukuran dengan cepat tiap minggunya sehingga Moms perlu memerhatikan faktor tersebut dalam menentukan jumlah pakaian yang dibutuhkan Si Kecil.

Perlengkapan Tidur Bayi

Bayi baru lahir akan menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk tidur sehingga perlengkapan tidur yang nyaman dan aman sangatlah penting. Moms bisa menyiapkan box bayi, selimut, perlak, juga kelambu bayi. Untuk bayi baru lahir, sebenarnya tidak memerlukan penggunaan bantal karena dikhawatirkan bantal akan menyebabkan bayi sesak napas atau tersedak. Tidak menggunakan bantal pada bayi juga membantu menjaga bentuk kepalanya agar bulat sempurna.

Popok Bayi

Menggunakan popok sekali pakai akan memudahkan Moms dalam merawat bayi baru lahir. Banyak sekali jenis popok yang tersedia di pasaran sehingga bisa membuat Moms bingung saat memilih popok terbaik untuk bayi baru lahir. Agar tidak bingung, pastikan Moms memilih popok yang teruji klinis, terbuat dari bahan lembut, dan memiliki faktor daya serap tinggi. Tentunya Moms tidak ingin Si Kecil terganggu tidurnya karena salah memilih popok.

Peralatan Mandi Bayi

Memandikan bayi merupakan salah satu bentuk bonding Moms dengan Si Kecil. Bayi baru lahir memerlukan penanganan khusus saat dimandikan sehingga banyak peralatan mandi yang diperlukan. Bak mandi bayi, waslap, sabun bayi, handuk, minyak telon, dan baby cream adalah perlengkapan esensial yang diperlukan bayi baru lahir saat dan setelah mandi. Saat memilih bak mandi bayi, hindari bak yang berukuran terlalu besar dan dalam karena akan berisiko merendam kepala Si Kecil. Cara terbaik memilih bak mandi bayi adalah dengan menyesuaikannya dengan bentuk tubuh dan ukuran bayi.

Baby Gear

Ada kalanya Moms ingin mengajak bayi baru lahir untuk berjalan-jalan. Menggunakan stroller akan memudahkan Moms untuk membawa Si Kecil juga membawa perlengkapanya, seperti popok, susu, dan baju ganti. Beragam pilihan stroller bisa Moms temukan di toko bayi, mulai dari yang biasa saja hingga stroller yang multifungsi. Jika Moms baru akan memiliki bayi untuk pertama kali, berinvestasi dengan memilih stroller berkualitas akan menguntungkan karena bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Untuk merangsang saraf motorik dan sensorik, Moms juga bisa memberikan mainan pada bayi baru lahir. Kotak musik, buku cerita dengan gambar timbul, dan mainan sensorik lainnya dapat membantu bayi tumbuh dengan optimal. Agar waktu bermain Si Kecil tidak terganggu karena popok yang lembap dan tidak nyaman, Moms bisa menggunakan popok celana Sweety Silver. Popok celana Sweety Silver didesain agar mampu menyerap cairan dalam satu detik, cepat kering, dan pas di badan sehingga Si Kecil pun akan merasa nyaman melakukan aktivitasnya sepanjang hari.

Sudah siap menyambut kelahiran Si Kecil? Jika masih ada perlengkapan yang terlewat, mulai lengkapi sekarang, yuk! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (0)


Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Vaksin Wajib Buat Si Kecil

Pemberian vaksin bagi Si Kecil memang masih mengundang pro dan kontra dengan berbagai alasan. Jika Bunda masih ragu untuk memberikan vaksin kepada Si...

Yuk, Pelajari Tata Cara Menjenguk Bayi Baru Lahir

Bunda, ketika mendengar teman kita melahirkan pasti Bunda ikut senang dan ingin segera menjenguk ya. Namun, sebelum menjenguk, ada baiknya Bunda mempe...

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si K...

Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel...