5 Cara Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil sejak dalam Kandungan

Bisa merasa bonding atau dekat secara emosional dengan bayi yang masih ada dalam kandungan, adalah salah satu pengalaman paling berharga yang dirasakan oleh ibu hamil. Bahkan, koneksi yang dirasakan antara ibu dan janin yang dikandungnya bisa memiliki efek jangka panjang untuk kesehatan psikologis dan tumbuh kembang Si Kecil ke depannya. Nah, bagaimana caranya agar ibu hamil bisa membangun kedekatan dengan anak semenjak ia masih dalam kandungan? Yuk, simak beberapa hal yang bisa Moms lakukan di bawah ini!

Sering Mengajak Si Kecil Berbicara sejak dalam Kandungan

Ketika kandungan menginjak usia sekitar 20 minggu, organ telinga Si Kecil diperkirakan sudah tumbuh sempurna. Inilah kesempatan yang baik bagi Moms untuk mulai sering berkomunikasi dengan buah hati yang sedang tumbuh dalam kandungan. Moms bisa berkomunikasi dengan Si Kecil dengan mengucapkan kata-kata yang positif dan bahasa yang halus.

Moms juga bisa membacakan cerita atau mendongeng padanya. Selain memperkuat kedekatan ibu dan bayi, sering berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan juga akan membangun rasa tenang dan aman pada bayi. Suami juga bisa ikut berkomunikasi dengan Si Kecil, seperti dengan berkomunikasi dan bercerita pada Si Kecil di dekat perut Moms.

Putarkan Musik

Setelah organ pendengaran Si Kecil terbentuk, ia pun bisa merespon musik yang terdengar olehnya. Beberapa jenis musik, seperti musik klasik atau jazz lembut, bisa memberikan efek yang tenang bagi janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. Bernyanyi lembut pada Si Kecil juga akan menumbuhkan kedekatan Moms dengannya.

Pijat Lembut Bagian Perut

Memijat bagian perut dengan massage oil secara perlahan bisa jadi salah satu cara menciptakan bonding dengan bayi yang menyenangkan dan menenangkan. Sentuhan fisik di bagian perut ini bisa diartikan Si Kecil sebagai bentuk kasih sayang. Suami pun bisa ikut membantu memijat lembut perut Moms dan berkomunikasi dengan Si Kecil. Hal tersebut akan membuat Si Kecil bisa lebih terhubung dengan ayahnya.

Respon Tendangan Si Kecil

Di usia kehamilan 18-20 minggu, Si Kecil biasanya sudah mulai sering bergerak dan menendang. Jika ia melakukannya, cobalah untuk meresponnya dengan mengelus atau mengetuk lembut perut Moms. Dengan memberikan respon pada tendangan bayi dalam kandungan, ia akan lebih merasakan kehadiran Moms. Respon sentuhan juga bisa menjadi stimulus yang bisa memberikan ketenangan pada Si Kecil. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada merasakan Si Kecil memberi respon terhadap sentuhan Moms untuk pertama kalinya.

Coba Lakukan Yoga Kehamilan

Mengikuti kelas yoga prenatal adalah salah satu cara yang bisa membantu Moms untuk merasa rileks. Saat melakukan yoga kehamilan, Moms akan diajak untuk berfokus kepada Si Kecil yang sedang tumbuh di dalam kandungan Moms.

Waktu terbaik untuk mulai melakukan yoga kehamilan adalah pada trimester kedua, setelah minggu ke-14. Bila Moms tak pernah melakukan yoga sebelumnya, tak perlu khawatir karena gerakan-gerakan yoga yang diajarkan biasanya sangat mudah diikuti. Moms akan belajar dasar-dasar peregangan ringan serta teknik-teknik bernapas yang bisa membantu Moms saat melahirkan nanti. Yoga kehamilan juga bisa menenangkan pikiran dan membantu Moms merasakan hubungan yang kuat dengan bayi dalam kandungan. Jika belum bisa mengikuti kelas yoga kehamilan, Moms bisa mengikuti gerakan yoga kehamilan di rumah dengan mengikuti instruksi dari video YouTube.     

Nah, itulah lima hal yang bisa Moms lakukan untuk membangun kedekatan dengan Si Kecil semenjak ia masih berada dalam kandungan. Yuk, lakukan kelima hal tersebut dengan konsisten agar hubungan dengan Si Kecil semakin erat. Selamat menikmati masa-masa kehamilan! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (0)


Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil

Memiliki daya tahan tubuh yang baik dan fisik yang prima, akan menghindari si kecil dari penyakit. Ternyata, tidak sulit lho, Bun, untuk menjaga keseh...

Ibu Hamil, Yuk Cek Laboratorium!

Saat dinyatakan positif hamil oleh dokter tentunya hal yang paling membahagiakan. Bunda juga pasti sangat ingin menjaga kehamilan tersebut dengan baik...

Kehamilan dan Lupus

Lupus merupakan penyakit oto-imun yang sering menyerang perempuan, termasuk ibu hamil. Antibodi yang seharusnya memberantas kuman atau virus yang masu...