Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil

Memiliki daya tahan tubuh yang baik dan fisik yang prima, akan menghindari si kecil dari penyakit. Ternyata, tidak sulit lho, Bun, untuk menjaga kesehatan si kecil. Yuk, simak tips-tips di bawah ini.

1.Perhatikan Gizi Makanan Si Kecil

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, si kecil perlu mendapat asupan gizi yang seimbang. Pastikan makanan untuk si kecil mengandung protein sebagai zat pembangun, karbohidrat dan lemak sebagai zat tenaga, serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. Jika si kecil hanya menyukai makanan-makanan tertentu, Anda bisa membentuk makanannya dalam bentuk yang menarik, seperti dibentuk kartun.

2.Menjaga Kebersihan

Tidak hanya harus memperhatikan asupan makanan, kebersihan pun harus dijaga. Biasakan si kecil untuk mandi 2 kali sehari dan minta dia untuk menyabuni seluruh tubuhnya. Selain itu, biasakan si kecil untuk menyikat giginya; cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah buang air dan setelah main di luar rumah; dan biasakan si kecil untuk mencuci kakinya sebelum tidur, setelah bepergian dan bermain.

3.Perbanyak Asupan Cairan untuk Si Kecil

Sumber cairan yang penting untuk si kecil adalah air putih, susu, dan jus. Sebaiknya, berikan susu setelah si kecil makan, agar ia tidak cepat kenyang. Jangan lupa juga untuk memberikannya air putih setelah makan. Pada pagi dan sore hari, Anda bisa memberikannya jus untuk snack.

4.Istirahat yang Cukup

Usahakan si kecil selalu tidur siang selama 1-2 jam setelah makan siang. Anak di bawah usia 5 tahun membutuhkan 12-14 jam waktu tidur. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, proses pertumbuhannya akan terganggu.

5.Biarkan Si Kecil Bergerak

Jangan cepat panik bila melihat si kecil aktif bergerak karena si kecil memang sebaiknya begerak minimal 1 jam dalam sehari. Biarkan ia berlari, bergoyang mengikuti irama lagu, dan bermain bersama orang tua, namun, jangan sampai Anda lengah dalam mengawasinya. Dengan banyak bergerak, si kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan akan memperlancar metabolismenya.


Bagikan

Komentar (0)


Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Ibu Hamil, Yuk Cek Laboratorium!

Saat dinyatakan positif hamil oleh dokter tentunya hal yang paling membahagiakan. Bunda juga pasti sangat ingin menjaga kehamilan tersebut dengan baik...

Kehamilan dan Lupus

Lupus merupakan penyakit oto-imun yang sering menyerang perempuan, termasuk ibu hamil. Antibodi yang seharusnya memberantas kuman atau virus yang masu...

Lekas Siapkan Peralatan Persalinan Bunda Ketika Su...

Sedang menanti kelahiran si kecil? Wah..pasti deg-degan yaa, penantian selama 9 bulan akhirnya terwujud juga! Untuk first timer mom, perlu diketahui b...