Kamis, 7 Mei 2015


Mulai sekarang, biasakan ajak si kecil ngobrol ya, Bun. Sebab, si kecil belajar berbicara dengan cara memperhatikan lingkungan sekitarnya. Apabila orang yang mengasuhnya sering mengajak ia berbicara, ia akan semakin lancar berbicara. Oleh karena itu, meskipun si kecil belum bisa bicara, jangan bosan untuk terus mengajaknya ngobrol. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan mengajak si kecil berbicara.

1. Terus Ajak Si Kecil Berbicara

Orang tua atau pengasuh yang jarang bicara merupakan alasan utama mengapa anak-anak memerlukan waktu yang lebih lama untuk lancar berbicara. Oleh sebab itu, jangan bosan untuk terus mengajak si kecil berkomunikasi, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Bisa dimulai dari menceritakan apa yang Anda lakukan sehari-hari. Lakukan ini secara terus-menerus, sehingga si kecil terbiasa untuk berkomunikasi dan mengatakan apa yang ia inginkan.

 

 

2. Ajak Si Kecil Bersosialisasi

Selain terus mengajak si kecil berkomunikasi, ajak si kecil untuk bergabung dengan teman-teman sebayanya. Dengan membiasakannya bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, ia juga mulai belajar berkomunikasi. Si kecil juga senang karena dapat bermain dengan teman-teman sebayanya.

 

 

3. Ajak Si Kecil Bernyanyi

Pada dasarnya, anak-anak suka mendengarkan musik. Ajak si kecil mendengarkan lagu yang ia sukai. Dengan mendengarkan lagu yang disukainya, ia akan terpancing untuk ikut bernyanyi juga. Hal ini akan merangsang si kecil untuk belajar berbicara dengan cara bernyanyi. Bunda dan si kecil juga dapat bernyanyi bersama.

 

 

4. Bacakan Dongeng untuk Si Kecil

Bacakan dongeng untuk si kecil setiap sebelum tidur. Hal ini akan menambah kosa katanya. Selain membaca, coba tirukan suara instrumen, suara musik, atau suara hewan. Dengan meniru suara-suara tersebut, si kecil akan penasaran dan mencoba untuk menirunya.

 

 

5. Minta Si Kecil untuk Mengulang

Setelah Anda berbicara, coba minta si kecil untuk mengulang perkataan yang Anda katakan kepadanya. Untuk permulaan, sebaiknya gunakan kata-kata yang mudah agar si kecil bisa mengikuti dan mengingatnya.

 


BAGIKAN

Produk
Foto Kontes ABC