Kamis, 26 Mei 2016


Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel syaraf yang membentuk sirkuit atau jaringan dalam otak dapat menjadi aktif saat seseorang mendengarkan musik. Apa saja manfaatnya? Yuk, cek di sini, Bunda!

1. Menstimulasi ingatan

Musik dan nyanyian dapat menstimulus ingatan Si Kecil sehingga mudah baginya untuk memahami konsep sederhana dari lirik sebuah lagu. Contohnya lagu balonku dapat membuat Si Kecil mengingat bentuk balon yang bulat, mengenal warna, konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan. Dengan begitu, Si Kecil jadi mudah mempelajari hal-hal sederhana di sekitarnya

 

2. Memperkaya kosakata

Baik mendengarkan musik atau bernyanyi, termasuk pada balita dapat mendorong perkembangan bahasa dan memperkaya kosakata Si Kecil. Selain itu, ia juga akan lebih aktif bicara sehingga menstimulasi kemampuan bicaranya. Jika dalam satu hari Bunda mengenalkan Si Kecil satu lagu sederhana, maka ia kan menerima 5-8 kata baru.

 

3. Membangkitkan rasa nyaman

Musik yang lembut dengan tempo ritme lambat dapat memberikan rasa nyaman pada Si Kecil, maka tidak heran jika Si Kecil akan mudah tertidur jika didengarkan musik tersebut.

 

4. Membangkitkan rasa percaya diri

Memberikan kesempatan pada Si Kecil untuk bernyanyi ternyata dapat meningkatkan rasa percaya dirinya lho, Bunda. Jika ia terbiasa menyanyi di depan Bunda, Ayah, Kakak maupun keluarga lainnya, kelak ia tidak akan malu tampil di depan umum. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian positif lewat pujian dan ikut bersenandung agar Si Kecil merasa lebih dihargai dan menambah rasa percaya dirinya ya, Bunda!

 

5. Melatih fisik dan psikis

Saat mendengarkan musik dan bernyanyi Si Kecil akan melakukannya sambil bergoyang, sehingga menggerakkan otot-ototnya, baik kepala, leher maupun seluruh tubuh. Tentunya hal ini akan melatih fisik dan kebugaran Si Kecil. Tak hanya itu, dengan mendengarkan musik dan menyanyi juga dapat membuat Si Kecil merasa terhibur sehingga membuat kondisi psikisnya menjadi kondusif.

 

Bagaimana Bunda manfaat musik dan bernyanyi cukup banyak bagi Si Kecil kan? Yuk, ikutan bernyanyi dan bergoyang juga dengan Si Kecil agar ia menjadi tambah semangat, Bunda!

Dapatkan tips menarik merawat Si Kecil lainnya di social media Sweety di Facebook: Bunda Cermat dan Twitter: @sweetycare. Yuk, jangan lupa klik like dan follow ya, Bunda!


BAGIKAN