Kamis, 7 Mei 2015


Bunda, jangan langsung panic ketika si kecil terserang demam. Sebab, demam memang hal yang biasa terjadi pada bayi atau balita. Sebaiknya, jangan langsung memberikan obat untuk menurunkan panas. Ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk merawat si kecil yang sedang demam di rumah. Berikut ini cara-caranya:

Langkah pertama yang dapat bunda lakukan adalah mengukur suhu tubuh si kecil. Apabila suhu tubuh si kecil di atas 37 derajat celcius, bunda bisa memberikan anak terapi ringan terlebih dulu.

ASI mengandung imun dan nutrisi alami yang diperlukan oleh bayi. Dengan menambah pemberian ASI, maka si kecil akan buang air kecil yang nantinya dapat meringankan demamnya. Pemberian ASI ini juga bisa ditambahkan dengan memberikan air putih perlahan-lahan.

Gunakan air yang suhunya tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh si kecil, kemudian kompres si kecil selama 30 menit. Air hangat ini akan mempercepat proses penguapan pada tubuh si kecil, sehingga demam dapat lebih cepat turun.

Sebelum pukul 10 pagi, jemur si kecil di bawah sinar matahari dengan membiarkan dada dan punggungnya terkena sinar matahari selama 5-10 menit. Baju si kecil tidak perlu dilepas ketika melakukan ini ya, Bun.

Ketika demam, sebaiknya pakaikan si kecil pakaian yang terbuat dari bahan katun. Sebab, bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik. Jangan gunakan pakaian yang tebal karena akan membuat si kecil dehidrasi.

Apabila cara-cara di atas tidak berhasil menurunkan demam si kecil, bunda bisa memberikan obat penurun panas untuk si kecil. Namun, perhatikan ketika member obat ya, bun. Pastikan dosisnya sesuai dengan yang tercantum di kemasan. Bunda bisa juga mengonsultasikan hal ini dengan dokter anak. Jika si kecil usianya di bawah 4 bulan, bunda harus segera membawanya ke dokter anak.

  1. Selalu Sediakan Termometer di Rumah
  2. Tambahkan Pemberian ASI
  3. Kompres Si Kecil
  4. Jemur Si Kecil di Bawah Sinar Matahari
  5. Hindari Memakai Pakaian Tebal
  6. Berikan Obat Penurun Panas pada Si Kecil

BAGIKAN