Rabu, 18 Mei 2016


Pemberian vaksin bagi Si Kecil memang masih mengundang pro dan kontra dengan berbagai alasan. Jika Bunda masih ragu untuk memberikan vaksin kepada Si Kecil, sebaiknya konsultasikan langsung dan minta penjelasan dari dokter ahli mengenai vaksin ini ya, Bunda. Namun, bagi Bunda yang pro terhadap vaksin, tahukah bahwa ada 5 vaksin wajib yang harus diberikan untuk Si Kecil hingga usia 5 tahun? Vaksin wajib itu adalah  BCG (Bacille Calmette-Guérin), Hepatitis B, Polio, DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis) dan Campak. Yuk, intip penjelasannya di sini, Bunda!

1. BCG (Bacille Calmette-Guérin)

Vaksin BCG dibutuhkan untuk mencegah penyakit Tuberculosis atau TB, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini paling sering menyerang paru-paru dan juga dapat menyerang organ tubuh lainnya. Penyakit ini termasuk kategori penyakit menular lho, Bunda. Pemberian vaksin ini dilakukan sejak Si Kecil lahir. Apabila Bunda terlambat memberikan vaksin ketika usia Si Kecil 3 bulan, maka Si Kecil harus diuji tuberkulin terlebih dahulu untuk mengetahui apakah di dalam tubuh Si Kecil sudah terdapat bakteri penyebab TB atau tidak. Jika hasilnya negatif, maka Si Kecil dapat langsung diberikan vaksin BCG.

2. Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B diberikan dalam waktu 12 jam setelah Si Kecil lahir, kemudian dilanjutkan pada umur 1 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan. Jarak antara pemberian vaksin pertama dan kedua harus berjarak minimal 4 minggu. Manfaat vaksin ini adalah untuk melindungi tubuh Si Kecil dari virus Hepatitis B yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Karena vaksin Hepatitis B sangat terjadwal, biasanya dokter akan menentukan tanggal vaksin berikutnya. Jadi, tepati jadwal yang diberikan oleh dokter ya, Bunda!

3. Polio

Vaksin Polio dapat melindungi tubuh Si Kecil dari virus Polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Pemberian vaksin ini dilakukan 4 kali saat kunjungan pertama Si Kecil setelah lahir, usia 2, 4 dan 6 bulan. Pada usia Si Kecil 18 bulan dan 5 tahun, vaksin ini harus diulang.

4. DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis)

Vaksin DTP dapat mencegah tiga jenis penyakit, yaitu difteri (infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri), tetanus (infeksi oleh bakteri pada tubuh yang terluka) dan pertussis (batuk rejan yang berlangsung dalam waktu yang lama). Pemberian pertama kali vaksin ini pada usia Si Kecil lebih dari 6 minggu, kemudian dilanjut di usia 4 dan 6 bulan. Sama seperti vaksin Polio, vaksin DTP juga harus diulang ketika usia Si Kecil menginjak 18 bulan, 5 tahun dan 12 tahun.

5. Campak

Vaksin Campak dapat melindungi Si Kecil dari penyakit Campak. Pemberian pertama vaksin ini di usia 9 bulan dan vaksin kedua pada usia 6 tahun. Jika Si Kecil belum mendapatkan vaksin Campak pada usia 9 bulan, Si Kecil dapat diberikan vaksin kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (MMR atau Measles, Mumps, Rubella) di usia 15 bulan.

Setiap vaksin yang diberikan pada Si Kecil harus sesuai jadwal dan konsultasikan lebih lanjut mengenai vaksin Si Kecil dengan Dokter ya, Bunda. Jangan sampai jadwal vaksin Si Kecil terlambat ataupun terlewat ya, Bunda!

Yuk, klik like dan follow social media Sweety di Facebook: Bunda Cermat dan Twitter: @sweetycare untuk mendapatkan tips lainnya ya, Bunda!


BAGIKAN