3 Kata Positif yang Perlu Diajarkan pada Batita yang Mulai Belajar Bicara

Usia satu tahun adalah usia yang spesial bagi Si Kecil karena pada usia ini, Si Kecil sudah mulai belajar bicara. Biasanya, ia telah mulai bisa mengucapkan kata-kata sederhana seperti “mama” dan “papa”. Selain itu, ia juga mulai sering mengoceh menggunakan nada yang berbeda-beda dengan gerakan-gerakan tubuh untuk mengungkapkan emosinya.

Nah, pada tahap perkembangan ini, Moms bisa memanfaatkannya untuk mengajarkan kata-kata positif padanya. Semakin dini Moms mengajarkan kata-kata positif, semakin terbiasa ia untuk mengucapkan kata-kata positif tersebut kepada orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut tentu akan berdampak baik pada kecerdasan sosial Si Kecil hingga ia dewasa nanti. Lalu, apa saja kata-kata yang wajib diajarkan pada Si Kecil saat ia mulai belajar berbicara? Berikut adalah tiga kata ajaib yang perlu diajarkan pada Si Kecil.

Ajarkan untuk Mengucapkan Terima Kasih

Mengajarkan Si Kecil untuk mengucapkan terima kasih akan membuatnya lebih pandai menghargai apa yang ia peroleh dari orang lain, baik itu berupa hadiah, bantuan, maupun pujian. Cara yang mudah untuk mengajarkan Si Kecil untuk mengucapkan terima kasih adalah dengan memberikannya contoh secara langsung pada momen yang tepat. Misalnya, Moms bisa mengucapkan terima kasih pada Si Kecil ketika ia memberikan sebuah benda pada Moms. Moms juga bisa mengucapkan terima kasih kepada orang-orang dekat Moms setiap mereka selesai melakukan hal yang baik di depan Si Kecil agar ia bisa mendengar dan meniru, hingga ia terbiasa untuk mulai mengucapkan kata tersebut.

Ajarkan untuk Mengucapkan Tolong

Selain terima kasih, Moms juga perlu mengajarkan Si Kecil untuk mengucapkan kata tolong sebelum ia meminta bantuan pada orang lain. Kata ini termasuk kata yang penting karena di situasi tertentu, Si Kecil akan memerlukan bantuan orang lain, baik saat ia masih kecil maupun setelah dewasa. Jika tak terbiasa menggunakan kata tolong, ucapan Si Kecil cenderung akan terdengar seperti memerintah yang bisa membuat orang lain yang mendengarnya merasa tidak nyaman. Seperti sebelumnya, Moms bisa mengajarkan kata ini dengan memberikan contoh secara langsung pada momen yang tepat. Jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten karena Si Kecil akan lebih terbiasa mengucapkannya melalui pengulangan.

Ajarkan untuk Mengucapkan Maaf

Kata ketiga yang perlu diajarkan pada Si Kecil adalah kata maaf. Kata ini mengajarkan keberanian pada Si Kecil untuk mengakui kesalahan. Membantu Si Kecil terbiasa mengucapkan kata maaf akan membantu kemampuan sosialnya di masa yang akan datang. Perlu diketahui bahwa Si Kecil biasanya lebih mudah meniru dibandingkan menuruti perintah. Jadi, cara termudah untuk mengajarkannya mengucapkan kata maaf setelah berbuat salah adalah dengan mempraktikkannya secara langsung di lingkungan keluarga Moms.

Itulah tiga kata ajaib yang perlu diajarkan pada Si Kecil untuk membangun kemampuan sosialnya yang lebih positif. Selain tiga kata tersebut, Moms juga bisa lebih sering untuk mengungkapkan kasih sayang pada Si Kecil melalui kata-kata agar ia bisa meniru dan tidak mengalami kesulitan untuk mengungkapkan emosi positifnya melalui kata-kata yang hangat ketika ia tumbuh besar nanti.

Selain itu, hindari untuk memaksa si Kecil untuk bicara ya, Moms. Yakinlah bahwa ia akan mulai berbicara jika memang sudah mampu. Yang terpenting, Moms bisa terus menyediakan suasana yang menyenangkan baginya. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kenyamanan Si Kecil di setiap aktivitas tumbuh kembangnya, misalnya dengan memakaikan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang lembut bagi kulit Si Kecil. Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants Boys untuk bayi laki-laki dengan karakter superhero Justice League serta popok celana Sweety Silver Pants Girls untuk bayi perempuan dengan karakter Hello Kitty yang lucu. Dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, ajarkan kata-kata yang baik pada Si Kecil dan dukung aktivitas tumbuh kembangnya dengan memakaikan popok yang nyaman dari Sweety. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (15)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanks infonya
0
Lissa fahmiyah
Lissa fahmiyah
Terima kasih sweety
0
Desti Amelia
Desti Amelia
Bermanfaat sekali
0
Nur Azizah
Nur Azizah
Thanks infonya sweety . Bermanfaat sekali
0
Rizky mey
Rizky mey
Terimakasi sweety❤
0

Article Terkait

Kenali Mainan yang Cocok untuk Bayi Laki-laki dan...

Bermain adalah kegiatan yang sangat penting bagi Si Kecil karena bermain adalah aktivitas yang bisa membantu proses pertumbuhannya. Dalam proses berma...

Latih Motorik Si Kecil dengan Mengajaknya Meniru G...

Di usia satu tahun, tingkah Si Kecil semakin lincah dan menggemaskan. Di usianya yang masih batita ini, Si Kecil juga mulai pandai menirukan gerakan-g...

Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil...

Si Kecil sudah semakin besar dan mulai belajar berjalan? Melihat Si Kecil yang sudah mampu melangkah dan belajar berjalan memang momen yang tak tergan...