Kenali Mainan yang Cocok untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan Usia Satu Tahun

Bermain adalah kegiatan yang sangat penting bagi Si Kecil karena bermain adalah aktivitas yang bisa membantu proses pertumbuhannya. Dalam proses bermain, jenis mainan yang digunakan Si Kecil juga tak kalah penting sebagai media yang membantu perkembangan bayi. Mainan bisa menjadi media bagi Si Kecil untuk mempelajari berbagai hal, untuk meningkatkan perkembangan motoriknya, juga untuk melatih kreativitas dan imajinasinya.

Agar mainan yang digunakan Si Kecil bisa mengembangkan potensinya dengan maksimal, Moms perlu memilihkan mainan yang sesuai dengan usianya karena hal tersebut menyangkut kesiapan motorik dan kognitif Si Kecil.

Selain memerhatikan faktor usia Si Kecil, Moms juga perlu memilihkan mainan yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Perkembangan otak pada bayi laki-laki dan perempuan itu berbeda, bahkan sejak sebelum mereka lahir. Itulah sebabnya, mengapa bayi laki-laki dan perempuan cenderung memilih jenis mainan yang berbeda.

Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jenis mainan yang cocok untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan pada usia satu tahun.

Mainan yang Cocok untuk Bayi Laki-laki

  1. Mainan Kendaraan

Mainan jenis ini dapat membantu perkembangan fisik Si Kecil karena ia menggunakan tangan dan kakinya saat menggerakan mainan tersebut. Selain itu, mainan bayi satu tahun ini pun bisa Si Kecil mainkan untuk berpetualang dan berkeliling rumah dengan menyenangkan.

  1. Mainan Drum Kecil

Mainan ini akan membantu Si Kecil melatih keterampilan motorik dan otot-otot lengannya. Agar lebih menyenangkan, coba iringi tabuhan Si Kecil dengan musik yang sesuai. Selain mengasah keterampilan motorik, kreativitas musikal Si Kecil juga ikut terlatih.

  1. Mainan Balok Susun

Mainan balok susun akan mendorong kreativitas Si Kecil untuk membuat bentuk sesuai dengan imajinasinya. Selain itu, Si Kecil akan belajar menyambungkan balok-balok yang ada. Jangan lupa untuk memastikan balok susun yang Moms beli memang khusus untuk bayi usia satu tahun.

Mainan yang Cocok untuk Bayi Perempuan

  1. Boneka Binatang

Mainan ini biasanya dimainkan sambil duduk dan tidak terlalu melatih gerak motorik kaki. Namun, bermain boneka dengan bentuk-bentuk hewan yang lucu akan menghidupkan imajinasi Si Kecil. Boneka juga bisa digunakan sebagai media yang membantu Moms saat berdongeng pada Si Kecil.

  1. Mainan Piano Kecil

Mengajak Si Kecil memainkan piano mainan adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melatih kreativitas dan kecerdasan musikal Si Kecil. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan manfaat musik yang baik untuk perkembangan otak bayi.

  1. Kertas dan Krayon

Corat-coret menggunakan kertas dan krayon berwarna-warni memang bisa dilakukan oleh bayi laki-laki maupun perempuan. Namun, biasanya bayi perempuan lebih senang bermain dengan warna. Moms hanya perlu menyiapkan kertas kosong dan krayon yang berbahan aman bagi Si Kecil, lalu biarkan ia berkreasi dan berimajinasi melalui coretan-coretannya dengan bebas. Dengan menggambar, Si Kecil pun akan semakin terlatih dalam mengenali warna dan pola.

Nah, stimulasi dari mainan-mainan bayi tersebut akan semakin efektif jika Moms menemani Si Kecil bermain bersama. Selain itu, selalu prioritaskan keamanan dari mainan yang Moms pilih untuk Si Kecil. Perhatikan setiap bahan yang terkandung dan pastikan agar mainan tersebut tidak beracun atau menimbulkan alergi.

Selain memilih mainan yang cocok untuk Si Kecil, sebaiknya Moms juga memakaikan popok celana yang tepat dan sesuai dengan jenis kelaminnya seperti khusus popok bayi laki-laki dan khusus popok bayi perempuan karena anatomi tubuh bayi laki-laki dan perempuan itu berbeda. Untuk itu, Moms bisa memakaikan Sweety Silver Pants for Boys dengan desain Justice League yang seru untuk popok bayi laki-laki. Untuk popok bayi perempuan, Moms bisa memakaikan Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty yang lucu. Popok perekat dari Sweety ini memiliki teknologi Diamond Layer pada popok celana tersebut mampu membuat cairan terserap sempurna sehingga kulit Si Kecil pun akan bebas dari iritasi. Sehingga popok anti bocor dan popok anti iritasi Sweety Silver Pants for Boys dan Silver Pants for Girls menjadi kesayangan Moms dan Si Kecil. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (11)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Husnul khotimah
Husnul khotimah
Boneka hewan
0
Fery Astuti
Fery Astuti
Bagus buat referensi
0
YUNI ANANDA HARAHAP
YUNI ANANDA HARAHAP
Info penting ni
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
informasi yang menarik
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety
0

Article Terkait

Moms, Lakukan Hal Berikut Sebelum dan Sesudah Si K...

Memberikan imunisasi bagi Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Sejak lahir, Si Kecil dianjurkan mendapat imunisasi rutin sesuai dengan...

Yuk, Kenali Jenis Imunisasi yang Penting untuk Bayi Berusia Satu Tahun!

Yuk, Kenali Jenis Imunisasi yang Penting untuk Bay...

Usia Si Kecil yang sudah menginjak tahun pertama merupakan fase di mana ia mulai sering bereksplorasi dan bermain di luar rumah. Tentu fase ini adalah...

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Si kecil mulai rewel tanpa tau penyebabnya? Jangan cemas, Bun, siapa tau dia sedang mengalami masa tumbuh gigi loh! Memang, tidak semua bayi mengalami...