Latih Motorik Si Kecil dengan Mengajaknya Meniru Gerakan Hewan

Di usia satu tahun, tingkah Si Kecil semakin lincah dan menggemaskan. Di usianya yang masih batita ini, Si Kecil juga mulai pandai menirukan gerakan-gerakan yang ia lihat, baik gestur yang dilakukan orang-orang terdekatnya atau gerakan-gerakan yang ia lihat melalui video. Karena ia sudah pandai meniru, ada baiknya Moms memanfaatkan momen ini untuk melatih kemampuan motorik kasarnya melalui permainan meniru gerakan. Untuk melatih motorik kasar Si Kecil, Moms perlu melatih Si Kecil dengan gerakan fisik yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, baik sebagian atau seluruh anggota tubuh.

Agar permainan meniru gerakan ini terasa menyenangkan, ajarkanlah Si Kecil untuk meniru gerakan-gerakan simpel yang lucu, seperti menirukan gerakan-gerakan hewan. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk melatih perkembangan motorik Si Kecil dengan menirukan gerakan-gerakan hewan:

  1. Persiapkan peralatan pendukung

Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk mengenal hewan dan meniru gerakan-gerakan lucunya dengan bantuan beberapa media, seperti gambar atau video hewan, juga boneka-boneka hewan. Dengan menggunakan alat bantu tersebut, Si Kecil akan lebih mudah untuk mengikuti arahan yang diberikan Moms saat mengajaknya menirukan gerakan-gerakan hewan yang lucu. Selain itu, penggunaan video, gambar, dan boneka juga akan melatih imajinasi yang dimiliki Si Kecil.

  1. Mulai perkenalkan Si Kecil dengan nama-nama Hewan

Saat melihat video, gambar, atau memainkan boneka hewan, Moms bisa mulai memperkenalkan nama-nama hewan tersebut. Sebaiknya Moms perkenalkan hewan yang memiliki gerakan khas yang mudah dilakukan Si Kecil, seperti kupu-kupu, burung, kepiting, atau katak.

  1. Ajarkan Gerakan Secara Berulang

Setelah Si Kecil memahami nama-nama hewan yang Moms ajarkan, mulailah untuk mengajak Si Kecil untuk meniru gerakan hewan tersebut. Misalnya, Moms bisa ajarkan Si Kecil untuk mengepak-ngepakkan tangan kanan dan kirinya seperti yang dilakukan kupu-kupu dan burung saat terbang dengan sayapnya. Gerakan ini akan melatih koordinasi tangan juga akan menguatkan otot-otot tangan Si Kecil.

Selain itu, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk berjalan ke arah samping seperti kepiting. Agar lebih seru, cobalah tumpangkan kedua kaki Si Kecil pada kaki Moms, kemudian ajak ia berkeliling rumah dengan langkah ke samping. Moms bisa melakukan gerakan kepiting bersama Si Kecil sambil menghitung langkah atau sambil diiringi musik bernada riang yang menyenangkan. 

Selanjutnya, Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk melakukan gerakan melompat ringan seperti katak. Melompat merupakan keterampilan gerak yang fundamental dan sangat menyenangkan bagi Si Kecil. Namun, karena usia Si Kecil masih satu tahun, gerakan ini cukup sulit ia lakukan. Oleh karena itu, tak perlu mengajarkan ia untuk melompat dengan sempurna, cukup ajarkan gerakan jongkok-berdiri berulang kali. Sebaiknya lakukan aktivitas ini di atas matras agar tubuh Si Kecil tidak cedera jika ia terjatuh. Kegiatan fisik ini akan melatih koordinasi, kekuatan, dan keberanian Si Kecil sebagai fondasi aktivitas fisiknya dalam jangka panjang.

Agar lebih menyenangkan, Si Kecil bisa melakukan aktivitas motorik ini sambil menggunakan kostum hewan yang lucu. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan Si Kecil saat bergerak aktif, jangan lupa untuk memakaikan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang daya serap tinggi dan lembut, seperti popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls. Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants Boys untuk bayi laki-laki dengan karakter superhero Justice League serta popok celana Sweety Silver Pants Girls untuk bayi perempuan dengan karakter Hello Kitty yang lucu.

Popok bayi perempuan dan popok bayi laki-laki ini dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, ajarkan gerakan hewan yang lucu pada Si Kecil dan dukung aktivitas tumbuh kembangnya dengan memakaikan popok yang nyaman dari Sweety. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (25)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanksinfonya
0
Liana Anggraeni
Liana Anggraeni
Terimakasih infonya
0
Indi Lindia
Indi Lindia
Trimakasih infonya bun
0
Suci Suciarti
Suci Suciarti
Terimakasih infonya
0
Nur Azizah
Nur Azizah
Terimakasih infonya bund
0

Article Terkait

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Si kecil mulai rewel tanpa tau penyebabnya? Jangan cemas, Bun, siapa tau dia sedang mengalami masa tumbuh gigi loh! Memang, tidak semua bayi mengalami...

Moms, Lakukan Cara Ini agar Si Kecil Tidur Lebih N...

Moms, Si Kecil susah tidur nyenyak? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak, seperti suara berisik, timbul ruam atau bay...

Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil...

Si Kecil sudah semakin besar dan mulai belajar berjalan? Melihat Si Kecil yang sudah mampu melangkah dan belajar berjalan memang momen yang tak tergan...