Moms, Lakukan Cara Ini agar Si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Moms, Si Kecil susah tidur nyenyak? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak, seperti suara berisik, timbul ruam atau bayi kelelahan setelah seharian beraktivitas. Jika hal ini dibiarkan terus bisa mengganggu pertumbuhan Si Kecil, kekebalan tubuh menurun serta berpengaruh juga terhadap tumbuh kembang otak.

Untuk mengatasi Si Kecil yang susah tidur nyenyak, Moms bisa melakukan pemijatan pada bayi. Tips menidurkan bayi dengan pijatan dari Moms akan bermanfaat pada perkembangan fisik, psikis dan mental Si Kecil. Selain membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak, tubuh bayi juga menjadi rileks, melancarkan sirkulasi darah dan mampu mengurangi rasa sakit ketika gigi Si Kecil tumbuh.

Cara memijat bayi 1 tahun yang benar

Melakukan pijatan pada bayi tidak boleh sembarangan. Jika salah melakukan pemijatan bisa berakibat fatal untuk Si Kecil seperti salah urat hingga pendarahan pada otak. Oleh karena itulah Moms wajib mengetahui teknik yang pemijatan yang benar serta mengetahui bagian tubuh bayi mana yang boleh dan tidak boleh dipijat.

Pemijatan pada area kaki

Saat Si Kecil berusia 1 tahun, ia sedang aktif bergerak karena pada usia inilah Si Kecil mulai belajar berjalan. Aktivitas belajar berjalan ini umumnya dimulai dari merangkak, merambat perlahan-lahan hingga ia bisa berjalan sendiri. Aktivitas belajar berjalan ini akan membebani kaki Si Kecil sehingga wajar Si Kecil sering menangis saat tidur karena kelelahan.

Saat Si Kecil kelelahan karena aktivitas belajar berjalan, Moms bisa melakukan pemijatan dimulai dari pangkal paha hingga ke pergelangan kaki. Lakukan gerakan memutar pada area pergelangan kaki bayi. Jangan lupa pijat perlahan pada jari kaki Si Kecil satu per satu. Pijat dengan lembut, hindari menekan-nekan kaki Si Kecil. Untuk memberi suasana nyaman dan hangat saat pemijatan, Moms bisa menggunakan baby oil pada area yang akan dipijat.

Pemijatan pada area lengan

Pemijatan pada area lengan bayi hampir mirip tekniknya dengan pemijatan pada area kaki. Moms bisa memulai dari lengan atas kemudian turun ke arah pergelangan tangan. Lakukan gerakan memutar lembut pada pergelangan tangan sebanyak 3-4 kali. Jangan lupa pijat lembut pada area jari-jari tangan Si Kecil.

Pemijatan pada area dada

Tahukah Moms ada teknik pijatan ‘I Love You’ khusus untuk area dada bayi? Teknik ini dimulai dengan melakukan pijatan dada bayi dari bawah lekukan leher kemudian ke atas perut membentuk huruf ‘I’. Pijat bagian perut bayi membentuk tanda hati dimulai dari atas perut hingga telapak tangan bayi bertemu di bawah perut. Dilanjutkan dengan pijatan dari kanan bawah perut bayi menuju ke kanan atas perut bayi hingga ke rusuk bawah kanan. Lanjutkan pijatan mendatar di bawah area lambung hingga ke area mendekati pinggang kiri hingga turun ke bawah kiri seperti membuat gerakan huruf ‘U’.

Untuk area lain seperti kepala dan tulang belakang bayi sebaiknya dihindari dulu untuk pemijatan. Kedua area ini masih sangat rentan karena tulang bayi 1 tahun masih berkembang. Dikhawatirkan pijatan yang berlebih bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan bayi 1 tahun.

Moms, bisa melakukan pemijatan pada malam hari sebelum Si Kecil tidur agar ia bisa tidur lebih nyenyak. Pastikan juga Si Kecil sudah makan atau menyusu minimal satu jam sebelum dilakukan pemijatan. Agar tidur Si Kecil lebih nyenyak setelah pemijatan, tips menidurkan bayi berikutnya adalah Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana seperti Sweety Gold Pants, popok bayi premium super lembut dengan lapisan bertekstur berlian yang mampu menyerap cairan secara sempurna sehingga popok anti bocor. Sweety Gold Pants dilengkapi dengan teknologi popok anti iritasi Moms, karena memiliki natural aloe vera moisturizer untuk melindungi bayi dari kekeringan dan mencegah iritasi. Popok perekat Sweety Gold Pants, teman nyaman 24 jam Si Kecil. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (9)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Gustian ajeng endryan
Gustian ajeng endryan
Pijat bikin bobo malamnya makin nyenyak...
0
Irene Ria Wikantari
Irene Ria Wikantari
Artikel yang sangat bermanfaat
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
bsa di oraktekkan seruap hari sehabis mandi..ini beneran bikin ikatan ibu dan anak bisa makin erat momz
1
Charina Jasmine
Charina Jasmine
bisa di praktekkan setiap hari maksud sy
Charina Jasmine
Charina Jasmine
sebagai bidan..dulu waktu masih bekerja di rs,,selain menolong persalinan, sy jg sering mijit bayi..tp stl puny baby...sy sudh resign...dan selalu mempraktikkan pijit bayi untuk anak sendiri..dan cara mijitny sama kyk artikel ini
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
dx fa sering dipijit mama semdiri..jd banyak plus nya..
0

Article Terkait

Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil...

Si Kecil sudah semakin besar dan mulai belajar berjalan? Melihat Si Kecil yang sudah mampu melangkah dan belajar berjalan memang momen yang tak tergan...

Moms, Lakukan Hal Berikut Sebelum dan Sesudah Si K...

Memberikan imunisasi bagi Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Sejak lahir, Si Kecil dianjurkan mendapat imunisasi rutin sesuai dengan...

3 Cara Mendukung Kepintaran Si Kecil di Usianya u...

Usia Si Kecil yang pertama bisa jadi salah satu momen terpenting dalam hidupnya. Usia satu tahun juga masih termasuk ke dalam periode emas yang merupa...