Moms, Lakukan Hal Berikut Sebelum dan Sesudah Si Kecil Imunisasi

Memberikan imunisasi bagi Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Sejak lahir, Si Kecil dianjurkan mendapat imunisasi rutin sesuai dengan program kesehatan Pemerintah Indonesia agar Si Kecil tidak mudah tertular penyakit. Namun, banyak Moms yang khawatir jika Si Kecil diimunisasi akan menimbulkan demam, rewel, ataupun keluhan lainnya pasca imunisasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Moms mempersiapkan hal-hal berikut sebelum dan sesudah Si Kecil imunisasi.

Sebelum imunisasi

  1. Cek jadwal imunisasi Si Kecil

Moms, bayi usia 1 tahun diwajibkan untuk melakukan imunisasi DPT-HB-Hib dan Campak/MR. Masing-masing jenis imunisasi tersebut memiliki jadwal pemberiannya dan akan lebih baik jika Moms bisa mengikuti jadwal tersebut agar imunisasi lebih optimal. Setelah mengetahui jadwal imunisasi, Moms bisa membuat janji dengan dokter atau bidan untuk melakukan imunisasi. Hal ini berguna agar Si Kecil tidak bosan menunggu dan mencegah ia rewel sebelum imunisasi dimulai.

  1. Bawa buku catatan imunisasi Si Kecil

Saat Si Kecil melakukan imunisasi pertama kali, Moms akan diberikan kartu imunisasi. Kartu tersebut berfungsi untuk mencatat jenis imunisasi apa saja yang sudah diberikan dan jenis imunisasi berikutnya. Dengan adanya kartu ini, baik Moms maupun dokter/ bidan bisa mengetahui riwayat imunisasi Si Kecil.

  1. Cek kondisi kesehatan Si Kecil

Sebelum melakukan imunisasi, Moms harus memastikan kondisi kesehatan Si Kecil terutama suhu badannya. Jika Si Kecil sedang demam atau baru sembuh dari sakit, Moms bisa menunda pemberian imunisasi. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah keluhan pasca imunisasi seperti demam atau rewel. Jika Si Kecil dalam keadaan optimal maka keluhan pasca imunisasi bisa dihindari. Berikan Si Kecil asupan nutrisi yang cukup dan hindari aktivitas yang membuat Si Kecil kelelahan sebelum imunisasi diberikan.

  1. Pilih pakaian yang nyaman dan memudahkan Si Kecil saat imunisasi

Lokasi penyuntikan pada bayi 1 tahun ke atas umumnya dilakukan di lengan atas. Untuk menghindari Si Kecil rewel karena proses membuka dan memasang pakaian yang sulit, Moms bisa memakaikan Si Kecil pakaian yang longgar dan berlengan pendek. Jenis pakaian ini selain nyaman dikenakan juga memudahkan Moms serta dokter/ bidan melakukan imunisasi. Jangan lupa untuk memakaikan Si Kecil popok celana favoritnya agar ia merasa nyaman selama proses imunisasi.

  1. Bersikap tenang

Saat menemani Si Kecil imunisasi, Moms harus bersikap tenang dan jangan memperlihatkan rasa khawatir pada Si Kecil. Jika Moms panik, hal ini justru memicu Si Kecil menjadi rewel dan tidak mau melakukan imunisasi.

Setelah Si Kecil selesai imunisasi, pastikan hal-hal berikut ini telah dilakukan oleh Moms.

Sesudah imunisasi

  1. Pastikan jenis imunisasi Si Kecil sudah dicatat di kartu imunisasi

Sebelum meninggalkan tempat imunisasi, pastikan petugas imunisasi sudah menuliskan jenis imunisasi yang dilakukan. Selain berguna untuk melihat riwayat imunisasi, catatan ini bisa berguna untuk keperluan Si Kecil di kemudian hari seperti mendaftar sekolah.

  1. Berikan Si Kecil parasetamol jika demam

Demam merupakan reaksi normal yang timbul setelah imunisasi meskipun saat ini sudah ada pilihan imunisasi yang tidak menimbulkan demam. Demam atau tidaknya Si Kecil sebenarnya bergantung pada daya tahan tubuhnya. Jika Si Kecil demam, Moms bisa mengantisipasinya dengan memberikan parasetamol. Perhatikan juga efek samping yang terjadi seperti mual atau susah tidur, jika berlangsung lebih 2 hari, segera bawa Si Kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Berikan waktu Si Kecil untuk istirahat

Setelah imunisasi, Si Kecil mungkin akan merasa lelah dan mengantuk. Gejala ini tidak perlu Moms khawatirkan karena ini berarti vaksin sudah mulai bekerja. Biarkan Si Kecil istirahat dan tidur lebih lama dari biasanya. Agar tidurnya semakin nyaman dan tidak terganggu, Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants for Boys untuk bayi laki-laki dengan karakter superhero Justice League serta popok celana Sweety Silver Pants for Girls untuk bayi perempuan dengan karakter imut Hello Kitty. Dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun.

Imunisasi bagi Si Kecil penting dilakukan agar ia mendapat perlindungan terbaik dari penyakit berbahaya di kemudian hari. Nah, dengan tips sebelum dan sesudah imunisasi di atas, Moms bisa lebih tenang ketika Si Kecil harus imunisasi. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (2)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Charina Jasmine
Charina Jasmine
thx tips ny momz...membuat ibu lbh siap untuk memberikan kenyamanan pada bayi stl d imun
0
Hana Khairunnisa Nuna
Hana Khairunnisa Nuna
Selalu nyaman dong pakai #sweetyboysandgirls
0

Article Terkait

Ajak Si Kecil Liburan Seru di Lima Destinasi Wisat...

Akhir tahun sebentar lagi tiba! Akan lebih menyenangkan jika momen-momen menjelang akhir tahun ini diisi dengan liburan yang seru bersama keluarga. Tr...

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Si kecil mulai rewel tanpa tau penyebabnya? Jangan cemas, Bun, siapa tau dia sedang mengalami masa tumbuh gigi loh! Memang, tidak semua bayi mengalami...

Biasakan Ajak Si Kecil Ngobrol

Mulai sekarang, biasakan ajak si kecil ngobrol ya, Bun. Sebab, si kecil belajar berbicara dengan cara memperhatikan lingkungan sekitarnya. Apabila ora...