Rekomendasi Mainan Edukatif yang Bisa Melatih Kecerdasan Bayi 1 Tahun

Moms, tidak terasa seiring berjalannya waktu, Si Kecil telah berusia satu tahun dan tumbuh ceria. Menginjak usia satu tahun, ada baiknya Moms mulai merancang kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan Si Kecil, seperti mengajak bermain menggunakan mainan edukatif yang sesuai dengan usianya. Bermain merupakan kegiatan menyenangkan yang bersifat naluriah dan penting bagi Si Kecil untuk melatih serta membantu perkembangan fisik dan mentalnya. Selain itu, bermain juga dapat membantu mengembangkan imajinasi, kreativitas, kemampuan dalam memecahkan masalah, meningkatkan keterampilan sosial dan melatih kecerdasan Si Kecil. Namun, Moms perlu memilihkan mainan yang sesuai dengan umur Si Kecil karena pada setiap tahapan umur, Si Kecil akan selalu mempelajari hal yang baru. Jika Moms merasa bingung dalam memilih mainan untuk Si Kecil, berikut rekomendasi mainan edukatif yang bisa melatih kecerdasan Si Kecil berusia satu tahun.

Mainan yang dapat digerakkan dengan kaki

Mainan seperti mobil dorong, sepeda dorong, baby walker dan kereta dorong (stroller) merupakan beberapa mainan edukatif yang dapat dinaiki dan digerakkan oleh kaki Si Kecil. Mainan edukatif ini juga mampu mengembangkan kemampuan motorik Si Kecil. Permainan ini akan mengedukasi Si Kecil untuk membuat kakinya bergerak dan jika kegiatan ini rutin dimainkan, tanpa disadari akan membantu perkembangan fisik Si Kecil khususnya pada bagian kedua kakinya. Apalagi bila Si Kecil belum lancar berjalan, mainan ini dapat melatihnya untuk belajar berjalan. Saat bermain bersama, Moms juga bisa sekaligus memberikan pelajaran mengenai rambu-rambu lalu lintas untuk meningkatkan dan melatih memori Si Kecil. Apalagi bila mainan tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti musik, tombol bersuara, dan telepon mainan, Si Kecil akan semakin aktif dan menggunakannya untuk melatih kreativitas dan imajinasinya.

Mainan bertema binatang

Mainan dengan tema binatang seperti buku kain, boneka jari, dan puzzle merupakan berbagai pilihan yang bisa Moms gunakan untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Hal ini dikarenakan dapat membantu Si Kecil berlatih mengenal sekaligus mengingat berbagai nama, jenis binatang hingga suara yang dihasilkan binatang melalui mainan tersebut. Ajak Si Kecil bermain bersama untuk mengasah kemampuan motorik sekaligus daya ingatnya, seperti membacakan dongeng dengan bantuan mainan bertema binatang sebagai alat peraganya.

Mainan yang mengenalkan warna, bentuk, dan huruf

Untuk mengajarkan Si Kecil dalam mengenal warna, bentuk, dan huruf, Moms bisa melakukannya dengan permainan, seperti mini bowling, flash card, dan balok susun . Melalui mainan ini, Moms dapat mengajak Si Kecil untuk memisahkan mainan sesuai dengan warna atau bentuknya dan membuat Si Kecil mengingatnya, sehingga kemampuan kognitif dirinya akan berkembang. Permainan ini sangat baik untuk Si Kecil karena mengajarkan proses berpikir seperti mengingat, pemecahan masalah hingga pengambilan keputusan secara tepat.

Beberapa rekomendasi mainan edukatif di atas bisa Moms pilih sebagai alternatif permainan Si Kecil di rumah untuk merangsang tumbuh kembangnya. Saat menemani Si Kecil bermain, Moms dapat ikut serta membantunya belajar melalui media permainan. Moms juga bisa mengajak Si Kecil bermain bersama teman-teman sebayanya, hal ini penting untuk mengasah kemampuan interaksi sosialnya dengan berbagi mainan bersama.

Waktu bermain akan membuat Si Kecil aktif bergerak, sehingga Moms perlu memperhatikan kebutuhan Si Kecil agar tetap nyaman dan bebas bergerak. Salah satunya dengan memakaikan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang daya serapnya tinggi dan lembut, seperti popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls yang memiliki karakter keren superhero Justice League untuk bayi laki-laki dan karakter lucu Hello Kitty untuk bayi perempuan.

Popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna. Bahkan, popok perekat ini mampu mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi hingga 50%, sehingga menjaga permukaan kulit Si Kecil tetap kering. Popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls juga sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist, sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, mulai dukung aktivitas tumbuh kembangnya saat bermain bersama popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (49)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ayusti Reza
Ayusti Reza
Akan dicoba
0
Rika Mayasari
Rika Mayasari
Informasinya bermanfaat
0
Novi Suwati
Novi Suwati
Bermanfaat
0
Novi Suwati
Novi Suwati
Bagus banget
0
Novi Suwati
Novi Suwati
bermanfaat sekali
0

Article Terkait

Latih Motorik Si Kecil dengan Mengajaknya Meniru Gerakan Hewan

Latih Motorik Si Kecil dengan Mengajaknya Meniru G...

Di usia satu tahun, tingkah Si Kecil semakin lincah dan menggemaskan. Di usianya yang masih batita ini, Si Kecil juga mulai pandai menirukan gerakan-g...

Kenali Mainan yang Cocok untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan Usia Satu Tahun

Kenali Mainan yang Cocok untuk Bayi Laki-laki dan...

Bermain adalah kegiatan yang sangat penting bagi Si Kecil karena bermain adalah aktivitas yang bisa membantu proses pertumbuhannya. Dalam proses berma...

3 Kata Positif yang Perlu Diajarkan pada Batita yang Mulai Belajar Bicara

3 Kata Positif yang Perlu Diajarkan pada Batita ya...

Usia satu tahun adalah usia yang spesial bagi Si Kecil karena pada usia ini, Si Kecil sudah mulai belajar bicara. Biasanya, ia telah mulai bisa menguc...