Si Kecil Suka Bernyanyi? Yuk, Kenali Manfaatnya untuk Kecerdasan Berbahasa Si Kecil

Moms, memasuki usia 1 tahun Si Kecil sudah mulai banyak memperlihatkan tanda-tanda kecerdasannya. Berbicara mengenai kecerdasan tidaklah sebatas kecerdasan logika-matematika saja, melainkan masih ada lagi jenis kecerdasan lainnya yaitu kecerdasan bahasa, kecerdasan visual spasial, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan fisik kinestetik, dan kecerdasan alam (naturalis). Salah satu tanda kecerdasan anak yang paling terlihat saat Si Kecil berusia 1 tahun adalah kecerdasan bahasa yang bisa dilihat dari aktivitas Si Kecil yang mulai suka bernyanyi. Melalui aktivitas bernyanyi, ternyata memiliki banyak manfaat untuk perkembangan Si Kecil loh, Moms.

Bernyanyi memperbanyak kosakata Si Kecil

Memasuki usia 7-12 bulan, Si Kecil sudah bisa mulai mengucapkan kata-kata pertamanya seperti “mama” dan “papa” meskipun dengan intonasi dan lafal yang belum terlalu jelas. Pada bulan-bulan berikutnya kosakata Si Kecil akan semakin bertambah apalagi jika Moms memberikan stimulasi bahasa yang tepat seperti sering membaca buku dongeng, mendengarkan musik dan bernyanyi khususnya musik untuk anak-anak. Hanya dengan mendengarkan musik, jutaan sel syaraf yang membentuk jaringan dalam otak akan menjadi aktif sehingga karena alasan inilah mendengarkan musik dan bernyanyi adalah stimulasi bahasa yang tepat untuk mendorong perkembangan bahasa Si Kecil.

Memiliki kemampuan spasial dan matematika yang lebih unggul

Selain memperkaya kosakata yang dimiliki Si Kecil, melalui kegiatan bernyanyi ternyata bisa meningkatkan kemampuan spasial (kemampuan abstrak yang berhubungan dengan ruang) dan matematika. Semakin Si Kecil suka bernyanyi akan semakin memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan otak bayi, sehingga banyak ditemukan kasus dimana bayi yang suka bernyanyi cenderung lebih cepat menghitung dan mengolah angka. Hal ini tentunya berkaitan dengan jutaan sel syaraf yang aktif terbentuk saat Si Kecil mendengarkan musik atau bernyayi. 

Kemampuan bersosialisasi Si Kecil meningkat

Pada dasarnya bahasa merupakan salah satu kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, sehingga bisa dikatakan jika Si Kecil memiliki kecerdasan bahasa yang baik maka secara tidak langsung akan memberikan efek positif pada kemampuan sosialisasi Si Kecil dengan lingkungan. Jika Si Kecil senang bernyanyi di depan umum walaupun masih banyak kosakata yang belum terdengar jelas, Moms harus tetap mendukung aksi Si Kecil karena hal itu pertanda Si Kecil percaya diri dan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.

Untuk mendukung perkembangan kecerdasan bahasa Si Kecil sekaligus mendukung aktivitas bernyanyinya, Moms jangan ragu untuk ikut bernyanyi bersama Si Kecil. Jangan khawatir jika suara Moms tidak merdu karena hal yang terpenting adalah kebersamaan Moms dan Si Kecil. Bernyanyi bersama juga bisa mempererat hubungan (bonding) dengan Si Kecil loh, Moms. Agar kegiatan Moms dan Si Kecil bernyanyi bersama semakin nyaman, pastikan Si Kecil sudah pakai Sweety Silver Pants, popok celana favorit Si Kecil. . Inovasi 360 Leak Guard Protection mengurangi resiko kebocoran saat Si Kecil sedang aktif beraktivitas sehingga popok anti bocor saat Si Kecil asyik bernyanyi. Tidak hanya anti bocor, Sweety Silver Pants juga memiliki pelembab alami natural aloe vera untuk mencegah kulit Si Kecil iritasi dan menjaga kulitnya tetap lembut.

Moms, yuk bernyanyi bersama Si Kecil untuk mendukung perkembangan kecerdasan bahasa Si Kecil. Tentunya bersama popok celana sekaligus popok anti iritasi favorit Si Kecil, Sweety Silver Pants. #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (19)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Fitria Febri
Fitria Febri
Sgt bermanfaat sekali :)
0
Fitria Febri
Fitria Febri
Thaks infoya:)
0
Nur Azizah
Nur Azizah
Thanks infonya sweety . Bermanfaat sekali
0
Jubaedah
Jubaedah
Keponakan saya senang skli bersholawat
0
Riska agustiani
Riska agustiani
Thanks a lot bermanfaat babget
0

Article Terkait

Biasakan Ajak Si Kecil Ngobrol

Biasakan Ajak Si Kecil Ngobrol

Mulai sekarang, biasakan ajak si kecil ngobrol ya, Bun. Sebab, si kecil belajar berbicara dengan cara memperhatikan lingkungan sekitarnya. Apabila ora...

Latih Motorik Si Kecil dengan Mengajaknya Meniru G...

Di usia satu tahun, tingkah Si Kecil semakin lincah dan menggemaskan. Di usianya yang masih batita ini, Si Kecil juga mulai pandai menirukan gerakan-g...

Moms, Lakukan Cara Ini agar Si Kecil Tidur Lebih N...

Moms, Si Kecil susah tidur nyenyak? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak, seperti suara berisik, timbul ruam atau bay...