Tips Memilih Baby Walker yang Aman untuk Si Kecil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Si Kecil sudah semakin besar dan mulai belajar berjalan? Melihat Si Kecil yang sudah mampu melangkah dan belajar berjalan memang momen yang tak tergantikan dan luar biasa membahagiakan. Ada beberapa cara yang bisa membantu memudahkan Si Kecil saat belajar berjalan, salah satunya adalah penggunaan baby walker.

Penggunaan baby walker memang dapat memacu gerak motorik kasar dalam perkembangan bayi sehingga ia bisa lebih cepat berjalan. Selain itu, baby walker juga membantu Si Kecil agar lebih percaya diri mengeksplorasi langkah-langkahnya sebelum sepenuhnya berjalan mandiri.

Namun, jika Moms ingin menggunakan baby walker untuk membantu Si Kecil berjalan, Moms perlu memilih baby walker yang aman agar Si Kecil terhindar dari kecelakaan saat penggunaannya. Lalu, baby walker seperti apa yang cocok untuk digunakan Si Kecil? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Pilih Tipe Push Baby Walker

Baby walker memiliki dua tipe, yaitu tipe sit-in baby walker dan tipe push baby walker. Sit-in baby walker adalah alat bantu belajar berjalan yang paling umum digunakan. Pada sit-in baby walker, bayi duduk di dalamnya, kemudian dengan bantuan beberapa roda di bawahnya Si Kecil pun bergerak mendorong baby walker dengan kakinya. Namun, penggunaan sit-in baby walker sebenarnya tidak begitu dianjurkan karena tidak benar-benar melatih otot Si Kecil untuk belajar berjalan. Kemampuannya untuk menyeimbangkan diri pun tidak begitu terlatih karena bayi hanya duduk dan bersandar di dalam sit-in baby walker tersebut.

Selain itu, sit-in baby walker juga cenderung tidak aman untuk digunakan Si Kecil. Ada berbagai kecelakaan atau cedera yang bisa terjadi karena penggunaan sit-in baby walker, seperti menabrak dinding atau furnitur kemudian jari bayi ikut terjepit, jatuh terguling, atau bayi meraih kabel listrik atau benda berbahaya di sekitarnya.

Nah, untuk pilihan baby walker yang lebih aman, sebaiknya Moms menggunakan push baby walker, yaitu tipe baby walker di mana bayi berdiri di belakang dan mendorongnya untuk belajar berjalan. Dilihat dari segi keamanan dan kemampuannya dalam membantu bayi berjalan, push baby walker adalah pilihan yang lebih baik. Penggunaan push baby walker juga dianggap lebih efektif merangsang kemampuan Si Kecil agar lebih cepat berjalan karena otot-otot kaki dan keseimbangannya saat berjalan jadi benar-benar terlatih. Namun, meski lebih aman dalam pemakaiannya, Moms tetap harus memberikan pengawasan agar Si Kecil tidak terjatuh atau terbentur.

Pilih Baby Walker dengan Perlengkapan Keamanan

Bentuk desain dan kelengkapan yang ada pada baby walker itu bisa berbeda-beda. Untuk memastikan baby walker yang akan digunakan Si Kecil aman, pastikan baby walker tersebut memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Kokoh dan stabil sehinga Si Kecil bisa bertumpu tanpa terjungkal
  2. Memiliki roda yang dilengkapi dengan karet pengaman agar tidak tergelincir
  3. Memiliki pengatur kecepatan roda atau peredam kecepatan untuk mencegah Si Kecil menggunakan baby walker terlalu cepat

Pastikan Semua Bagian Aman

Pastikan tidak ada bagian-bagian kecil yang mudah terlepas. Pastikan juga bahan-bahan yang ada pada baby walker tersebut tidak mudah pecah, karena bagian yang lepas atau pecah rawan tertelan oleh Si Kecil yang mulai suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Selain itu, pastikan juga agar pengawasan Moms tidak lepas selama Si Kecil menggunakan baby walker ini. Tuntun Si Kecil belajar berjalan agar Si Kecil terjauh dari kecelakaan dan berikan ia semangat agar bonding antara Moms dan Si Kecil pun terjalin baik.

Itulah beberapa tips agar Moms bisa memilih baby walker yang aman untuk Si Kecil. Saat Si Kecil belajar berjalan, jangan lupa untuk memakaikan popok anti bocor sekaligus popok anti iritasi agar gerak bebasnya tidak terganggu. Moms bisa memilih popok perekat atau popok celana dari Sweety yang melekat pas pada tubuh Si Kecil sehingga nyaman digunakan saat Si Kecil belajar berjalan dengan baby walker-nya.

Untuk bayi laki-laki, Moms bisa memakaikan popok Sweety Silver Pants for Boys dengan desain seru DC Justice League. Nah untuk bayi perempuan, Moms bisa memakaikan Si Kecil popok Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty. Ada lima karakter seru yang berbeda di setiap kemasannya. Sweety Silver Pants for Boys & Girls ini memiliki Diamond Layer Technology yang mampu mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi dan mendistribusikan & menyerap cairan ekstra cepat sehingga aman bagi si Kecil. #SudahPakaiSweety #SweetyBoysAndGirls


Bagikan

Komentar (6)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Hana Khairunnisa Nuna
Hana Khairunnisa Nuna
Yaps betul pastikan baby walker nyaman untuk bayi kita
0
Irene Ria Wikantari
Irene Ria Wikantari
Artikel yang sangat bermanfaat
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
mksh infony
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Artikel yang bermanfaat
0
Penny setyowardhani
Penny setyowardhani
Artikel yg sangat bermanfaat sekali. #SudahPakaiSweety
0

Article Terkait

Biasakan Ajak Si Kecil Ngobrol

Mulai sekarang, biasakan ajak si kecil ngobrol ya, Bun. Sebab, si kecil belajar berbicara dengan cara memperhatikan lingkungan sekitarnya. Apabila ora...

Moms, Lakukan Cara Ini agar Si Kecil Tidur Lebih N...

Moms, Si Kecil susah tidur nyenyak? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak, seperti suara berisik, timbul ruam atau bay...

Moms, Lakukan Hal Berikut Sebelum dan Sesudah Si K...

Memberikan imunisasi bagi Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Sejak lahir, Si Kecil dianjurkan mendapat imunisasi rutin sesuai dengan...