Yuk, Kenali Jenis Imunisasi yang Penting untuk Bayi Berusia Satu Tahun!

Usia Si Kecil yang sudah menginjak tahun pertama merupakan fase di mana ia mulai sering bereksplorasi dan bermain di luar rumah. Tentu fase ini adalah fase yang menyenangkan, namun seiring dengan seringnya eksplorasi yang dilakukan Si Kecil di luar rumah, maka semakin mudah bagi Si Kecil untuk terpapar virus dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk memberikan imunisasi atau vaksin pada Si Kecil agar sistem imun bayi jadi lebih kuat dalam melawan penyakit. Jika Si Kecil tidak mendapatkan imunisasi, ia cenderung akan mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Imunisasi untuk bayi memiliki beragam jenis dan pemberiannya disesuaikan dengan usia Si Kecil. Lalu, imunisasi apa saja yang penting untuk diberikan pada Si Kecil yang berusia satu tahun? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

  1. Imunisasi Polio

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang ada pada saluran pencernaan dan tenggorokan. Pada kondisi tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan. Untuk mencegah Si Kecil terkena penyakit polio, Moms bisa memberikan imunisasi polio tetes atau imunisasi polio suntik. Imunisasi polio sendiri diberikan pada Si Kecil secara berkala. Jika Si Kecil berusia satu tahun, vaksin polio ini bisa diberikan ketika Si Kecil berusia 18 bulan.

  1. Imunisasi DPT

Imunisasi DPT dapat melindungi Si Kecil dari penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Untuk bayi satu tahun, imunisasi DPT ini disarankan untuk diberikan pada Si Kecil saat ia menginjak rentang usia 15-18 bulan.

  1. Imunisasi HIB

Imunisasi HIB merupakan imunisasi yang dapat mencegah infeksi virus Haemophilus influenzae tipe b yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti meningitis, pneumonia, dan epiglottitis. Imunisasi ini sebaiknya diberikan ketika Si Kecil berusia dua, empat, dan enam bulan. Namun, saat usia Si Kecil memasuki 12-15 bulan, imunisasi HIB harus kembali diberikan pada si Kecil dengan dosis yang berbeda. Fungsinya yaitu untuk memperkuat imunisasi HIB yang pernah diberikan sebelumnya.

  1. Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B sebenarnya perlu diberikan saat ia baru lahir. Namun, apabila Si Kecil belum pernah mendapatkan imunisasi ini, Moms tak perlu khawatir karena imunisasi ini masih bisa diberikan pada Si Kecil yang sudah berusia satu hingga dua tahun.

  1. Imunisasi Varisela

Imunisasi varisela ini berfungsi untuk mencegah Si Kecil dari penyakit cacar air yang menyebabkan demam serta ruam berbintik yang berisi cairan pada kulit. Moms bisa memberikan imunisasi varisela pada Si Kecil setelah ia berusia 12 bulan.

  1. Imunisasi Influenza

Penyakit Influenza merupakan penyakit yang mudah ditularkan melalui udara atau kontak langsung dengan penderitanya. Mengingat di usia satu tahun Si Kecil sudah mulai sering berinteraksi di luar dengan teman sebayanya, bukan tidak mungkin ia bisa tertular penyakit ini saat bermain. Untuk mencegahnya, Moms dapat memberikan vaksin influenza setiap satu tahun sekali.

Itulah jenis-jenis vaksin yang dapat memberikan perlindungan pada Si Kecil dari berbagai penyakit. Selain penyakit-penyakit di atas, ada satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh bayi berusia satu tahun, yaitu ruam popok. Ruam popok adalah kondisi kulit bayi di area popok yang terlihat kemerahan, terasa gatal, dan berbintik yang bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang berkembang di area popok bayi. Biasanya ruam popok ini terjadi karena kulit bayi yang tertutup popok dalam kondisi lembap sehingga membuat bakteri dan jamur berkembang dengan mudah. Ruam popok juga bisa terjadi jika Si Kecil menggunakan popok berbahan kasar yang menimbulkan banyaknya gesekan pada kulit bayi hingga menimbulkan iritasi.

Untuk mencegah penyakit ruam popok pada bayi, sebaiknya Moms memakaikan Si Kecil popok celana atau popok perekat yang bisa menyerap cairan dengan sempurna agar kulit bayi di area yang tertutup popok tidak lembap. Untuk bayi laki-laki, Moms bisa memakaikan popok Sweety Silver Pants for Boys dengan desain seru DC Justice League. Nah untuk bayi perempuan, Moms bisa memakaikan Si Kecil popok Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty. Ada lima karakter seru yang berbeda di setiap kemasannya. Sweety Silver Pants for Boys & Girls ini memiliki Diamond Layer Technology yang mampu mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi dan mendistribusikan & menyerap cairan ekstra cepat sehingga aman bagi si Kecil. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (15)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nur Azizah
Nur Azizah
Thanks infonya sweety . Bermanfaat sekali
0
IMAH FA
IMAH FA
Setuju Makasih
0
Rizky mey
Rizky mey
Bener bgt imunisasi memang penting sekali bun
0
Fery Astuti
Fery Astuti
Thx u
0
ariani jefry
ariani jefry
Terima kasih informasinya ....bermanfaat sekali
0

Article Terkait

Moms, Lakukan Cara Ini agar Si Kecil Tidur Lebih N...

Moms, Si Kecil susah tidur nyenyak? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak, seperti suara berisik, timbul ruam atau bay...

Si Kecil Suka Bernyanyi? Yuk, Kenali Manfaatnya un...

Moms, memasuki usia 1 tahun Si Kecil sudah mulai banyak memperlihatkan tanda-tanda kecerdasannya. Berbicara mengenai kecerdasan tidaklah sebatas kecer...

Yuk, Cek Tanda-Tanda Gigi Si Kecil Akan Tumbuh!

Si kecil mulai rewel tanpa tau penyebabnya? Jangan cemas, Bun, siapa tau dia sedang mengalami masa tumbuh gigi loh! Memang, tidak semua bayi mengalami...