5 Trik Olahraga Aman dan Nyaman untuk Bayi Dua tahun

Bayi yang sehat tentunya harapan dari semua orang tua. Selain memberikan asupan nutrisi yang sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi adalah dengan mengajaknya berolahraga agar tubuhnya selalu aktif bergerak. Olahraga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otot bayi, meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuhnya, mengasah kemampuan motoriknya, serta menjauhkan Si Kecil dari obesitas. Selain baik untuk kesehatannya, olahraga pun baik untuk kecerdasan bayi karena bayi yang sering berolahraga jadi lebih terbiasa mengikuti arahan dan lebih mampu berkonsentrasi.

Tubuh bayi berusia dua tahun yang mungil tentu belum siap untuk diajak berolahraga dengan gerakan yang rumit. Karena kemampuan motoriknya yang belum terbentuk dengan sempurna, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat mengajak Si Kecil berolahraga. Yuk, simak tips berikut ini agar Si Kecil bisa berolahraga dengan aman dan nyaman!

  1. Ajarkan Gerakan yang Sederhana

Yang perlu diajarkan pada anak-anak di usia balita adalah gerakan-gerakan dasar untuk menunjang kemampuan motoriknya agar semakin terbiasa untuk berolahraga di kemudian hari. Prinsip olahraga untuk balita tidak seperti pada usia remaja atau dewasa. Olahraga bagi balita lebih ditekankan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dan belajar hal-hal baru.

Untuk bayi usia dua tahun, Moms bisa mengajaknya untuk melakukan olahraga-olahraga sederhana, seperti senam bayi atau mengajak Si Kecil berolahraga dengan berjalan-jalan dan mengeksplorasi tempat baru. Jika Si Kecil diajak untuk berolahraga senam, jangan ajarkan gerakan yang rumit. Ajarkan Si Kecil gerakan yang mudah dan menyenangkan, seperti meregangkan tangan dan melompat-lompat dengan irama musik yang ceria. Lalu, jika Si Kecil diajak berjalan-jalan, sisipkan aktivitas melompat dan berlari dalam jarak dekat. Gerakan-gerakan tersebut dapat meningkatkan kekuatan otot, membakar kalori, serta membuat jantung dan paru-paru Si Kecil jadi lebih kuat.

  1. Pakaikan Pelindung

Apa pun olahraga yang dilakukan Si Kecil, jangan lupa untuk lengkapi Si Kecil dengan pelindung. Misalnya, gunakan matras saat Si Kecil melakukan senam agar ia terlindung dari risiko cedera jika ia terjatuh. Selain itu, jika Si Kecil berolahraga dengan berjalan-jalan di luar, pakaikan sepatu yang nyaman agar kakinya tidak lecet dengan alas sepatu yang bergerigi agar tidak mudah terpeleset.

  1. Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Saat berolahraga, jangan berikan pakaian yang berlebihan pada Si Kecil karena cenderung akan membuat Si Kecil susah bergerak. Selain itu, sebaiknya Moms memberikan pakaian dengan bahan yang sejuk, nyaman digunakan, dan bisa menyerap keringat.

  1. Selalu Lakukan Pengawasan

Ketika Si Kecil berolahaga, jangan sampai ia lolos dari pengawasan Moms agar ia tidak terjatuh atau mengalami cedera. Misalnya, saat Si Kecil berjalan-jalan dan berlari di luar, jangan sampai ia berjalan pada tempat berlubang atau memanjat pada tempat yang berbahaya.

Usahakan untuk selalu terlibat dengan Si Kecil saat ia berolahraga. Selain untuk menjaganya agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal berbahaya, terlibat aktif saat Si Kecil berolahraga juga akan membuat olahraga terasa semakin menyenangkan bagi Si Kecil.

  1. Pakaikan Popok yang Membantu Bayi Aktif Bergerak

Saat berolahraga, banyak gerakan yang dilakukan Si Kecil. Jika bahan popok bayi yang digunakan Si Kecil kasar dan tidak nyaman, maka kulit Si Kecil cenderung akan banyak mengalami gesekan sehingga berisiko menimbulkan iritasi. Tak hanya itu, saat berolahraga, kulit Si Kecil di area popok bisa lebih lembap karena keringat. Jika dibiarkan, kondisi kulit yang lembap dan iritasi bisa membuat Si Kecil terkena ruam popok.

Oleh karena itu, pakaikan popok anti iritasi berbahan lembut agar Si Kecil bebas bergerak tanpa takut membuat kulitnya tergesek dan iritasi. Moms bisa memilih popok perekat atau popok celana dari Sweety yang berbahan lembut dan melekat pas pada tubuh Si Kecil sehingga nyaman digunakan saat Si Kecil berolahraga.

Untuk bayi laki-laki, Moms bisa memakaikan popok Sweety Silver Pants for Boys dengan desain seru DC Justice League yang pasti akan disukai Si Kecil. Nah untuk bayi perempuan, Moms bisa memakaikan Si Kecil popok Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty. Ada lima karakter seru yang berbeda di setiap kemasannya. Popok bayi laki-laki dan popok bayi perempuan Sweety ini memiliki Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan ekstra cepat sehingga mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi. Popok anti bocor yang bisa menyerap cairan dengan sempurna akan membuat kulit bayi tetap kering sehingga tidak akan memberikan ruang bagi bakteri dan jamur penyebab ruam untuk tumbuh. Jadi Si Kecil bisa berolahraga dengan bebas tanpa khawatir dengan ancaman ruam popok.

Nah, itulah tips yang bisa Moms terapkan agar Si Kecil bisa berolahraga dengan aman dan nyaman. Jangan lupa untuk membuat suasana olahraga jadi menyenangkan dan dukung gerak aktif Si Kecil dengan popok Sweety! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (5)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Hana Khairunnisa Nuna
Hana Khairunnisa Nuna
Wahh terimasih sweety.. ternyata olah raga pada bayi sangat penting yaaa
0
Penny setyowardhani
Penny setyowardhani
Wahh.. pasti seruu nih mengajak si kecil berolahraga.. agar badan sehat dan kuat. Sangat bermanfaat sekali artikelnya.. #SudahPakaiSweety #SweetyBoysandGirls
0
Irene Ria Wikantari
Irene Ria Wikantari
Artikel yang sangat bermanfaat
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
thx infony
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
Nice info
0

Article Terkait

Si Kecil Suka Corat-Coret Dinding? Jangan Dilarang...

Golden age atau fase emas merupakan masa di mana fisik dan otak balita berada pada perkembangan terbaiknya. Perkembangan bayi pada fase golden age ini...

Apa Saja Bahan Utama Pembuatan MPASI?

Si kecil tentu saja tidak selamanya akan diberi ASI (Air Susu Ibu). Ada beberapa makanan yang pada akhirnya harus dikenalkan satu per satu pada si kec...

5 Tips Memilih Sepatu yang Nyaman dan Aman untuk S...

Moms, memilih sepatu untuk Si Kecil tidak boleh sembarangan loh, terlebih karena Si Kecil baru bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Diperlu...