Coba Permainan Indoor yang Melatih Motorik Si Kecil Berikut Ini

Moms tentunya sudah memahami tentang pentingnya memberikan stimulasi pada Si Kecil untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu stimulasi yang penting untuk Moms berikan kepada Si Kecil adalah stimulasi motorik. Stimulasi ini dapat membantu Si Kecil untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengendalikan gerakan tubuhnya dengan lebih baik. Selain itu, stimulasi motorik yang rutin diberikan pada Si Kecil juga akan membuat fisik Si Kecil lebih sehat dan bugar.

 

Melatih kemampuan motorik Si Kecil sebenarnya dapat dilakukan di mana saja, termasuk di dalam ruangan, Moms hanya tinggal berkreasi untuk menciptakan atmosfer bermain yang seru bersama Si Kecil. Berikut daftar permainan indoor seru yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil.

 

Permainan Mengenal Anggota Tubuh Lewat Gerakan dan Nyanyian

Pada usia dua tahun, Si Kecil sudah bisa berbicara dengan baik. Dengan begitu, Moms dapat melakukan permainan mengenal anggota tubuh melalui gerakan dan nyanyian bersama Si Kecil. Untuk memulai permainan, Moms bisa mengajarkan gerakan dan nyanyian “kepala, pundak, lutut, kaki” pada Si Kecil. Jangan ragu untuk mengulang gerakan dan nyanyian berulang kali sampai Si Kecil hafal ya, Moms!

Lalu, berikan apresiasi pada Si Kecil, seperti pujian atau tepuk tangan yang meriah setiap kali ia berhasil mengikuti gerakan dari awal sampai akhir agar Si Kecil makin semangat dan percaya diri. Manfaat dari permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh Si Kecil sehingga kecerdasan motoriknya dapat berkembang dengan baik.

Permainan Petak Umpet

Permainan untuk balita yang satu ini dapat menjadi permainan favorit bagi Moms dan Si Kecil.  Selain dapat membangun kedekatan antara Moms dan Si Kecil, permainan ini juga dapat meningkatkan kemampuan motorik Si Kecil. Moms dapat memulai permainan ini dengan meminta Si Kecil untuk menutup mata dan menghitung dengan benar dari satu hingga sepuluh. Setelah itu, Moms dapat bersembunyi selama Si Kecil menyelesaikan hitungannya. Pilihlah tempat bersembunyi yang mudah dijangkau oleh Si Kecil. Jika perlu, Moms dapat mengeluarkan suara-suara untuk memandu Si Kecil menuju tempat persembunyian Moms. Permainan seru ini akan melatih koordinasi antara indra pendengaran, penglihatan, dan anggota gerak tubuh yang dimiliki Si Kecil. 

 

Permainan Lempar Tangkap Bola Warna-Warni

Permainan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan adalah lempar tangkap bola warna-warni. Selain bermanfaat untuk membantu Si Kecil mengenal berbagai macam warna, permainan ini juga membantu menstimulasi kekuatan otot tangan dan kaki Si Kecil. Moms dapat memulai permainan ini dengan melemparkan bola dengan lembut ke arah Si Kecil, kemudian mintalah Si Kecil untuk melemparkan kembali bola tersebut sambil menyebutkan warna bola tersebut kepada Moms. Lakukan permainan ini secara berulang dan jangan lupa untuk perhatikan keamanan Si Kecil selama permainan ini berlangsung.

 

Permainan Menyusun Balok Aneka Warna dan Ukuran

Seiring bertambahnya usia, rasa ingin tahu Si Kecil terus berkembang. Pada rentang usia dua tahun, Si Kecil seringkali memiliki ketertarikan terhadap benda-benda baru dengan bentuk yang menarik. Dengan begitu, Moms dapat menjadikan aktivitas menyusun balok aneka warna dan bentuk sebagai permainan yang menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan motorik dan sensorik Si Kecil.

Sebelumnya, Moms dapat mencontohkan terlebih dulu susunan balok yang baik. Setelah itu, biarkan Si Kecil berusaha membuat susunan sesuai dengan kemampuannya. Permainan ini dapat membantu Si Kecil mengoordinasikan mata dan tangan, serta memperkuat otot tangan dan kaki Si Kecil.

 

Permainan Menggambar dan Mewarnai

Menginjak usia dua tahun, Si Kecil mulai dapat Moms ajarkan untuk menggambar dan mewarnai objek dengan bentuk-bentuk sederhana, seperti lingkaran, persegi, dan bentuk lainnya. Berikan contoh terlebih dahulu kepada Si Kecil tentang cara menggambar dan mewarnai, setelah itu biarkan Si Kecil melakukannya sendiri. Tidak masalah jika Si Kecil belum mampu menggambar dan mewarnai dengan baik, Moms dapat mengoreksinya pelan-pelan. Poin penting dari latihan menggambar dan mewarnai adalah untuk melatih Si Kecil mengendalikan gerakan tangannya dengan baik, serta melatihnya mengenal aneka bentuk dan warna.

 

Permainan Boks Tumpah

Moms juga dapat mengajak Si Kecil untuk melakukan permainan boks tumpah. Permainan ini sederhana, Moms cukup menyiapkan boks plastik lebar, lalu penuhi boks tersebut dengan berbagai mainan. Pastikan mainan yang Moms masukkan ke dalam boks adalah mainan yang aman dan tidak terlalu kecil agar tidak tertelan. Isi wadah plastik dengan bermacam mainan lalu letakkan di lantai. Ajak Si Kecil duduk di playmat dan biarkan Si Kecil menumpahkan seluruh isi wadah plastik. Setelah itu, Moms dapat membantu Si Kecil mengisi kembali wadah tersebut dengan benda yang ditumpahkannya tadi. Permainan ini membuat Si Kecil melakukan gerakan menggenggam dan menaruh secara berulang-ulang sehingga otot tangan Si Kecil lebih terlatih, koordinasi antara mata dan tangan Si Kecil pun jadi terbentuk dengan baik. Aktivitas ini juga membantu mengenalkan Si Kecil pada bentuk, ukuran, berat, dan ragam benda.

Agar Si Kecil tetap merasa nyaman saat melakukan berbagai permainan motorik, Moms perlu memakaikan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang lembut dan nyaman di kulit Si Kecil. Pakaikan popok celana Sweety Silver Pants Boys dengan desain karakter superhero Justice League untuk bayi laki-laki atau Sweety Silver Pants Girls dengan karakter imut Hello Kitty untuk bayi perempuan. Selain desain karakter yang menggemaskan, popok bayi perempuan dan popok bayi laki-laki ini dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan ekstra cepat serta mengurangi sentuhan langsung dengan kulit hingga 50%. Dengan begitu, tidak perlu khawatir popoknya akan bermasalah jika Si Kecil bergerak aktif karena Si Kecil #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (24)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanksinfony
0
anita ambarsari
anita ambarsari
Bisa di praktekan lah d rumah
0
Nurwidiyana Markhumawati
Nurwidiyana Markhumawati
Wah menambah referensi kegiatan bermain dengan anak :)
0
Nur Azizah
Nur Azizah
Thanks infonya sweety . Bermanfaat sekali
0
Candra Kirana
Candra Kirana
Makasih atas informasi'nya
1
Rubiyanti
Rubiyanti
thank's for information

Article Terkait

5 Tips Memilih Sepatu yang Nyaman dan Aman untuk S...

Moms, memilih sepatu untuk Si Kecil tidak boleh sembarangan loh, terlebih karena Si Kecil baru bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Diperlu...

Tingkatkan Motorik Halus Si Kecil dengan Mengajakn...

Si Kecil sudah menginjak usia dua tahun, Moms? Seiring pertumbuhan usianya, Si Kecil biasanya jadi semakin aktif dan senang mengeksplorasi hal baru. P...

Si Kecil Suka Corat-Coret Dinding? Jangan Dilarang...

Golden age atau fase emas merupakan masa di mana fisik dan otak balita berada pada perkembangan terbaiknya. Perkembangan bayi pada fase golden age ini...