Jangan Dibentak, Lakukan Hal Ini untuk Menenangkan Tantrum Si Kecil Saat Berlibur

Moms sedang berencana mengajak Si Kecil pergi untuk liburan keluarga? Wah, pasti akan menjadi pengalaman yang seru ya bagi Moms dan Si Kecil. Pasti Moms juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan liburan nanti menjadi perjalanan yang menyenangkan bagi keluarga. Namun, bagaimana ya Moms bila saat liburan nanti Si Kecil mengalami tantrum dengan menangis hingga menjerit-jerit? Jangan biarkan tantrum Si Kecil menghalangi keceriaan liburan keluarga, kenali penyebab dan cara menenangkannya pada uraian di bawah ini ya, Moms!

Penyebab Si Kecil Melakukan Tantrum

Sebenarnya, tantrum adalah perilaku normal dan umum terjadi pada balita. Tantrum terjadi karena Si Kecil terhalang dalam mendapatkan keinginannya, tetapi sulit untuk mengungkapkannya. Si Kecil ingin orang di sekitarnya memahami keinginannya. Bila tidak dipahami, Si Kecil merasa tertekan dan melakukan berbagai ekspresi untuk melepaskan stres.

Saat liburan, Si Kecil sangat mungkin merasa bosan di perjalanan, baik saat menggunakan mobil, pesawat, kapal, bus, dan kereta, terutama bila perjalanan tersebut membutuhkan waktu yang lama. Karena Si Kecil belum mampu mengungkapkan secara verbal bahwa ia bosan, Si Kecil mengungkapkannya melalui tantrum dan menuntut orang di sekitarnya untuk memahaminya.

Cara Menenangkan Si Kecil Saat Tantrum

Saat anak mengalami tantrum, ingatlah bahwa Moms adalah orang yang berperan untuk mengendalikan situasi. Usahakan untuk tetap tenang menghadapi Si Kecil yang mengalami tantrum dan jangan membentaknya. Bicaralah kepada Si Kecil dengan tenang dan tunjukkan bahwa Moms mencintai Si Kecil. Moms dapat menggali penyebab tantrumnya dengan bertanya menggunakan bahasa dan gerakan sederhana yang mudah dipahami Si Kecil. Pelukan Moms juga dapat membuat Si Kecil merasa lebih tenang.

Jika penyebab tantrum Si Kecil adalah rasa bosan dalam perjalanan, Moms bisa menyiapkan alat bantu untuk mengatasi kebosanan Si Kecil, seperti membawa beberapa mainan favoritnya untuk mengatasi tantrum akibat kebosanan. Moms juga bisa siapkan lagu favorit Si Kecil di dalam gadget atau siapkan buku cerita bergambar untuk dibacakan kepada Si Kecil.

Bila Moms dan keluarga mengunjungi beberapa tempat saat liburan, mungkin ada tempat tertentu yang sangat disukai Si Kecil, misalnya di kebun binatang. Mungkin ada satu jenis hewan di kebun binatang tersebut yang sangat disukai Si Kecil sehingga ia tidak mau diajak pergi dari sana. Sebaiknya jangan memaksa Si Kecil untuk beranjak pergi. Bila dipaksa, Si Kecil bisa mulai marah dan mengamuk. Moms sebaiknya mengalihkan perhatian Si Kecil dari aktivitas, tempat, atau objek yang sulit ia lepaskan. Coba berikan mainan atau makanan kesukaannya atau tawarkan aktivitas menarik lain yang bisa Si Kecil lakukan.

Saat berlibur mengunjungi tempat baru, mungkin juga ada beberapa hal yang membuat Si Kecil sulit beradaptasi dan membuatnya kurang nyaman, misalnya cuaca yang terlalu dingin atau panas. Hal ini juga dapat menyebabkan Si Kecil tidak nyaman dan melakukan tantrum. Untuk mencegahnya, Moms dapat menyiapkan pakaian yang nyaman, sesuai dengan cuaca tempat liburan yang dituju. Moms juga dapat menyiapkan pakaian ganti beserta popok celana yang cukup jika ternyata Si Kecil mengalami tantrum karena tidak nyaman dengan apa yang ia kenakan.

Pastikan juga Si Kecil menggunakan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang membuatnya dapat bergerak dengan bebas. Popok bayi Sweety Silver Pants for Boys dengan desain karakter super hero Justice League dan Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty merupakan popok bayi laki-laki dan popok bayi perempuan yang dapat menjadi pilihan Moms untuk memastikan kenyamanan Si Kecil selama liburan.

Popok bayi Sweety Silver Pants for Boys and Girls ini merupakan popok celana dengan cara pemakaian yang mudah, cocok untuk digunakan saat Si Kecil berlibur. Karet pinggang dan lingkar paha yang lembut membuat Sweety Silver Pants for Boys and Girls menjadi pilihan popok anti iritasi yang tepat dibawa saat liburan. Inovasi Diamond Layer Technology di dalamnya pun mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna, memiliki bahan yang lembut dan bersirkulasi udara yang mencegah kelembapan pada kulit bayi, serta teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman untuk kulit bayi sesensitif apa pun.

Oh ya, Moms juga sebaiknya menghindari memberikan sogokan pada Si Kecil agar berhenti melakukan tantrum. Sogokan hanya akan mengajari Si Kecil bahwa cara tercepat mendapatkan keinginannya adalah dengan melakukan tantrum. Bila Moms dan Si Kecil berlibur dengan keluarga besar, berikan juga pemahaman kepada keluarga tentang tantrum Si Kecil dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Selamat menikmati liburan yang menyenangkan dengan Si Kecil, Moms! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (5)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Hana Khairunnisa Nuna
Hana Khairunnisa Nuna
Udh di peragain nih ini artikel.. jd anak ku kalau lagi taturm. Bisa lega dengan nunjukin mainan warna warni nua
0
Penny setyowardhani
Penny setyowardhani
Si kecil sering sekali tantrum apalagi jika keinginannya tdk dipenuhi. Artikel ini sangat bermanfaat sekali.. #SudahPakaiSweety #SweetyBoysandGirls
0
Irene Ria Wikantari
Irene Ria Wikantari
Artikel yang sangat bermanfaat
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
kadang kakak sy diemin dlu smp benerapa menit momz
0
Penny setyowardhani
Penny setyowardhani
Saat berpergian.. sering sekali si kecil mengalami tantrum. Alhamdulilah saya dan suami bisa mengatasinya. Setelah saya baca artikel ini saya juga mendapatkan banyak manfaatnya. Terima kasih sweety. #SudahPakaiSweetyh
0

Article Terkait

5 Tips Memilih Sepatu yang Nyaman dan Aman untuk S...

Moms, memilih sepatu untuk Si Kecil tidak boleh sembarangan loh, terlebih karena Si Kecil baru bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Diperlu...

Coba Permainan Indoor yang Melatih Motorik Si Keci...

Moms tentunya sudah memahami tentang pentingnya memberikan stimulasi pada Si Kecil untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu stimulasi yang pe...

Sudah Waktunya Si Kecil Lepas ASI? Moms, Perhatika...

Moms, pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil dianjurkan dari semenjak ia lahir hingga berusia enam bulan tanpa memberikan asupan makanan tambahan. Sete...