Sudah Waktunya Si Kecil Lepas ASI? Moms, Perhatikan Cara Menyapih Si Kecil yang Tepat

Moms, pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil dianjurkan dari semenjak ia lahir hingga berusia enam bulan tanpa memberikan asupan makanan tambahan. Setelah enam bulan, Moms bisa mulai memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) seperti buah pisang, bubur alpukat dan nasi tim. Pemberian MPASI ini biasanya masih bersamaan dengan pemberian ASI hingga Si Kecil berusia 2 tahun. Setelah Si Kecil berusia 2 tahun ke atas maka dianjurkan untuk mulai menyapih Si Kecil. Kegiatan menyapih memang harus Moms lakukan pada Si Kecil saat ia berusia 2 tahun karena jika masih minum ASI akan berisiko merusak gigi Si Kecil. Lantas hal apa yang harus Moms lakukan agar proses menyapih berjalan dengan tepat dan nyaman bagi Moms dan Si Kecil?

Proses menyapih sendiri merupakan masa emosional bagi Moms dan Si Kecil karena Si Kecil harus terbiasa tidak minum ASI dan ada rasa tidak tega pada diri Moms untuk melakukan proses ini. Agar proses menyapih bisa berjalan lancar, Moms bisa melakukan cara menyapih yang tepat seperti di bawah ini.

Beritahu Si Kecil bahwa ia akan disapih

Daripada mengarang berbagai alasan mengapa Si Kecil tidak boleh menyusu lagi, akan lebih baik Moms memberitahu Si Kecil mengapa ia harus berhenti menyusu dari Moms dan mulai belajar minum susu dari gelas. Beri Si Kecil pengertian sedikit demi sedikit sambil memulai proses menyapih perlahan-lahan. Selain membiasakan Si Kecil untuk tidak menyusu ASI dari Moms, hal ini juga berguna untuk mengurangi produksi ASI Moms secara bertahap sekaligus menghindari bengkak dan nyeri pada payudara Moms.

Mengalihkan perhatian Si Kecil saat ia meminta menyusu dari Moms

Di masa awal-awal menyapih, Si Kecil pasti masih kesulitan untuk tidak minum ASI dan ia akan merengek untuk menyusu pada Moms. Ketika Si Kecil ingin menyusu, Moms bisa memberikan susu di dalam cangkir atau gelas lucu favorit Si Kecil sehingga ia mulai terbiasa minum susu di gelas tersebut. Minum susu dari gelas juga akan menghilangkan kebiasaan Si Kecil untuk mengemut yang bisa merusak pertumbuhan gigi Si Kecil. Siapkan juga berbagai kreasi makanan lezat yang akan menarik perhatian Si Kecil untuk makan. Setelah Si Kecil merasa kenyang maka ia tidak akan minta menyusu dari Moms.

Hindari menggoleskan sesuatu yang pahit

Orang jaman dulu memiliki cara sendiri untuk menyapih Si Kecil seperti mengoleskan sesuatu yang pahit pada puting Moms. Cara ini sebaiknya tidak Moms lakukan karena tidak nyaman, mengoleskan sesuatu yang pahit justru bisa mengakibatkan Si Kecil trauma sehingga hubungan Moms dan Si Kecil justru malah makin merenggang. Terapkanlah teknik gentle weaning atau menyapih dengan kasih sayang agar ikatan Moms dan Si Kecil tetap terjaga baik dan semakin dekat.

Tingkatkan quality time Moms bersama Si Kecil

Pada masa-masa awal menyapih, Si Kecil pasti akan merasa ia tidak disayangi lagi oleh Moms. Di waktu inilah, Moms harus meluangkan waktunya lebih untuk quality time bersama Si Kecil. Ajak Si Kecil bermain mainan kesukaannya atau bermain di taman bersama teman-teman sebayanya. Dengan begitu Si Kecil akan tetap bisa merasakan kasih sayang Moms meskipun ia tidak lagi menyusu dari Moms.

Agar quality time Moms dan Si Kecil berjalan menyenangkan, jangan lupa untuk selalu memakai popok celana berdaya serap tinggi dan lembut agar Si Kecil bebas beraktivitas seperti popok celana Sweety Silver Pants, popok anti bocor favorit Moms dan Si Kecil. Sweety Silver Pants memiliki teknologi ekstra elastis dan lembut sehingga lebih pas di badan dan anti bocor.

Moms, jadikan momen menyapih Si Kecil sebagai suatu proses yang menyenangkan bagi Moms dan Si Kecil bersama popok celana favorit Sweety Silver Pants. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (11)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Jubaedah
Jubaedah
Thanks mom
0
Meril Pipit
Meril Pipit
Thanks sweety. Bermanfaat bgt infonya
0
IFANA FIDAROENI
IFANA FIDAROENI
Thanks
0
Gustian ajeng endryan
Gustian ajeng endryan
Ilmu baru....utk yg bersiap menyapih spt sy...thx infonya
1
IFANA FIDAROENI
IFANA FIDAROENI
Setuju
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety info parentingnya, berguna sekali
0

Article Terkait

5 Trik Olahraga Aman dan Nyaman untuk Bayi Dua tah...

Bayi yang sehat tentunya harapan dari semua orang tua. Selain memberikan asupan nutrisi yang sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga...

Coba Permainan Indoor yang Melatih Motorik Si Keci...

Moms tentunya sudah memahami tentang pentingnya memberikan stimulasi pada Si Kecil untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu stimulasi yang pe...

Cara Kreatif Menata Kamar Tidur yang Cocok untuk B...

Bayi berusia dua tahun biasanya sudah memiliki kamar tidur sendiri. Tentunya suasana dalam kamar tidur Si Kecil perlu diperhatikan karena ruangan ini...