5 Cara yang Dapat Moms Lakukan untuk Memperkenalkan Berbagai Nama Bulan dalam Kalender

Melihat Si Kecil tumbuh dengan cerdas dan sehat tentunya membuat Moms merasa senang. Apalagi ketika melihat tingkah menggemaskannya ketika sedang mencoba hal-hal baru. Memasuki usia 3 tahun, rasa ingin tahu dan daya eksplorasi Si Kecil menjadi semakin tinggi. Ia juga sudah mulai mampu diperkenalkan dengan hal-hal yang beruntun dan terstruktur, seperti bilangan atau susunan kalimat yang relatif panjang.

Pada tingkatan usia ini, tidak ada salahnya jika Moms mulai memperkenalkan Si Kecil dengan nama-nama dan urutan bulan di kalender. Hal ini penting dilakukan untuk membantu kemampuan Si Kecil dalam memahami hal yang terstruktur dan memiliki urutan tetap, serta meningkatkan pengetahuan yang dimiliki oleh Si Kecil. Memperkenalkan nama-nama bulan kepada Si Kecil tentu saja memiliki kesulitannya sendiri, seperti nama-nama bulan yang sedikit sulit untuk diucapkan dan diingat oleh Si Kecil. Namun, Moms tidak perlu khawatir. Dengan cara yang tepat, mempelajari dan menghapal nama-nama bulan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi Si Kecil. Simak 5 cara berikut untuk memperkenalkan nama-nama bulan pada Si Kecil.

  1. Perkenalkan dengan Cara Bernyanyi

Lagu dan musik selalu menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk Si Kecil. Moms dapat memperkenalkan nama-nama bulan dengan cara mengajak Si Kecil menghapalnya sambil bernyanyi. Moms bisa memilihkan beberapa irama lagu anak populer untuk mengiringi kegiatan ini. Keuntungan menggunakan cara ini adalah Moms dan Si Kecil dapat melakukannya sambil bermain, sebelum tidur, atau ketika sedang bercengkerama di waktu luang. Dengan begitu, menghapal nama-nama bulan tidak akan terasa menjadi beban bagi Si Kecil.

  1. Perkenalkan Melalui Cerita

Cerita atau dongeng dapat menjadi media yang tepat untuk membantu memperkenalkan nama-nama bulan pada Si Kecil. Moms dapat memperkenalkan nama-nama bulan dengan menyisipkannya sebagai latar dalam berbagai cerita yang Moms sampaikan pada Si Kecil. Alternatif lain yang bisa Moms gunakan adalah dengan menjadikan nama-nama bulan sebagai tokoh dalam cerita yang Moms sampaikan. Jika hal ini dilakukan dengan konsisten, Si Kecil dapat lebih mudah mengingat nama-nama bulan karena terasa familier dan sering mendengarnya.

  1. Perkenalkan Menggunakan Permainan Kartu

Bermain tebak kartu dapat menjadi metode yang seru untuk memperkenalkan nama-nama bulan. Moms dapat membuat 12 kartu dengan berbagai warna berbeda untuk kemudian diperkenalkan kepada Si Kecil. Moms bisa mulai memperkenalkannya dengan cara mengulang-ulang nama bulan sesuai dengan urutannya. Setelah Si Kecil terlihat mampu mengingat nama-nama bulan, Moms bisa mulai mencoba memberikan kartu secara acak untuk melihat kemampuan Si Kecil menyusunnya. Dengan beberapa kali pengulangan yang konsisten, cara ini dapat membantu Si Kecil menghapal berbagai nama bulan dengan lebih cepat.

  1. Perkenalkan Menggunakan Permainan Interaktif

Alternatif lain untuk memperkenalkan berbagai nama bulan adalah dengan menggunakan permainan interaktif. Moms dapat menggunakan berbagai mainan yang memang dirancang sedemikian rupa untuk membantu Moms memperkenalkan nama bulan. Contohnya adalah kalender interaktif yang jika disentuh dapat mengeluarkan bunyi atau suara yang menyebutkan nama-nama bulan. Dengan cara ini, selain Moms dapat memperkenalkan nama-nama bulan, Moms juga dapat melatih kemampuan sensorik dan auditori Si Kecil. Penggunaan mainan interaktif yang tepat dapat membuat Si Kecil menyukai proses pengenalan nama-nama bulan dan cenderung lebih cepat mengingatnya.

  1. Perkenalkan Si Kecil dengan Bulan-bulan yang Penting Untuknya

Cara lain agar Si Kecil lebih cepat menghapal nama-nama bulan adalah dengan mengaitkannya dengan kehidupannya sehari-hari. Moms bisa mulai memperkenalkan nama-nama bulan dari bulan ulang tahun Si Kecil dan bulan ulang tahun orang-orang di sekitar Si Kecil, seperti bulan kelahiran Moms atau kakek dan neneknya. Cara ini dapat membantu Si Kecil mengingat nama-nama bulan dengan lebih mudah karena menemukan asosiasi yang mudah ia pahami.

Nah, memperkenalkan nama-nama bulan dalam kalender dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Si Kecil merasa nyaman. Untuk itu, pastikan Si Kecil menggunakan popok celana yang nyaman seperti popok celana Sweety Silver Pants for Boys dengan desain karakter superhero Justice League dan Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty. Popok anti bocor dan popok anti iritasi ini dapat menjadi pilihan Moms untuk memastikan agar Si Kecil senantiasa merasa nyaman saat belajar mengenal bulan.

Popok celana Sweety Silver Pants for Boys and Girls juga mampu menyerap cairan dalam waktu satu detik dan memiliki bahan lapisan selembut kain yang membuat popok ini nyaman digunakan kapan pun oleh Si Kecil, termasuk saat bermain sambil belajar bersama Moms. Belajar mengenal nama-nama bulan dalam kalender menjadi semakin menyenangkan karena Si Kecil #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (42)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ade Fatmawati
Ade Fatmawati
Up
0
sinta mulyanti
sinta mulyanti
Ilmu baru
0
noviana
noviana
Dapet ilmu lg
0
Widya Christiani
Widya Christiani
Wah terimakasih info dan tips nya
0
Trie'luphamupholephell Cieboedakngyel Khanclalucetyapadanyua
Trie'luphamupholephell Cieboedakngyel Khanclalucetyapadanyua
Bermanfaat
0

Article Terkait

5 Rekomendasi Restoran dengan Playground Seru dan...

Moms, sedang mencari rekomendasi restoran dengan playground seru dan pilihan makanan yang pas untuk Moms serta Si Kecil? Restoran dengan playground se...

Penting Dilakukan, Ajarkan Si Kecil Cinta Lingkung...

Kehidupan kita tak bisa lepas dari lingkungan alam, maka mengajarkan nilai-nilai cinta lingkungan jadi hal yang penting untuk ditanamkan pada Si Kecil...

Jenis Alat Musik yang Sudah Bisa Dikenalkan pada B...

Musik adalah salah satu hal yang disenangi Si Kecil. Musik juga sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kesehariannya. Misalnya, Si Kecil suka...