Jenis Alat Musik yang Sudah Bisa Dikenalkan pada Bayi Usia 3 Tahun

Musik adalah salah satu hal yang disenangi Si Kecil. Musik juga sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kesehariannya. Misalnya, Si Kecil suka memukul-mukul benda bagaikan sedang memainkan drum. Ia juga biasanya senang memencet tombol-tombol pada mainan yang berbunyi. Bahkan, tak jarang ia spontan menggoyang-goyangkan tubuhnya saat mendengarkan musik yang ia suka.

Musik memang diyakini dapat membawa segudang manfaat. Saat ini pun banyak orangtua yang mulai memperkenalkan anaknya pada alat musik semenjak dini. Memperkenalkan alat musik pada Si Kecil ternyata mempunyai dampak positif lho, Moms. Dengan memainkan alat musik, tumbuh kembang Si Kecil bisa berkembang jadi lebih optimal. Meski begitu, tidak semua alat musik bisa dimainkan oleh bayi usia tiga tahun. Namun, Moms bisa mulai memperkenalkan alat musik yang simpel, aman dan menyenangkan, seperti alat musik berikut ini:

Keyboard untuk Mengeksplorasi Suara

Keyboard adalah salah satu alat musik yang mudah dimainkan oleh Si Kecil. Dengan memainkan keyboard, Si Kecil juga dapat mengeksplorasi beragam jenis suara, mulai dari piano, gitar, hingga drum. Si kecil yang dilatih untuk bermain alat musik keyboard juga akan memiliki kemampuan motorik yang baik. Selain itu, mengenalkan keyboard sejak awal akan memudahkan Si Kecil jika ia ingin mencoba memainkan alat musik piano saat ia dewasa nanti.

Drum Mini untuk Membuat Si Kecil Aktif

Drum mainan yang berukuran mini biasanya jadi salah satu favorit Si Kecil, nih. Saat memainkan drum mainan ini, Si Kecil menggunakan seluruh anggota tubuh, sehingga membantunya bergerak aktif. Karena tubuhnya aktif, maka kemampuan motorik Si Kecil pun jadi ikut terlatih. Dengan memainkan alat perkusi ini, Si Kecil juga dapat mempelajari irama dasar musik. Pemahaman irama saat Si Kecil belajar memainkan alat musik akan membantunya memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengerjakan pembagian, pecahan, dan mengenali pola dalam pelajaran matematika yang akan ia pelajari di kemudian hari.

Harmonika untuk Melatih Pernapasan

Ketika Si Kecil bermain harmonika, ia akan meniup, mengisap, dan menggerakkan harmonika ke kanan dan ke kiri. Selain menyenangkan, kegiatan meniup dan mengisap harmonika ini seperti senam paru-paru, sehingga sangat baik untuk pernapasan dan kesehatan paru-paru Si Kecil. Alat musik ini pun kecil dan ringan, sehingga mudah untuk dimainkan Si Kecil.

Tamborin untuk Melatih Motorik Kasar

Tamborin adalah salah satu alat yang sangat mudah dimainkan oleh Si Kecil. Ia hanya perlu menggoyangkan tamborin dengan tangan mungilnya, maka alat tersebut akan menghasilkan bunyi. Sama seperti saat memainkan alat musik perkusi lainnya, memainkan tamborin juga dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar Si Kecil yang penting untuk diasah di usianya yang masih balita. Agar lebih seru, Moms bisa ikut menyanyikan lagu yang riang saat Si Kecil memainkan tamborin.

Nah, itulah beberapa mainan alat musik untuk bayi yang cocok untuk Si Kecil. Tentunya Moms perlu memilih alat-alat musik yang memang khusus untuk dimainkan oleh bayi agar aman dan mudah digunakan Si Kecil. Agar Si Kecil fokus dan nyaman saat memainkan alat musik, pastikan Si Kecil menggunakan popok anti iritasi dan popok anti bocor yang lembut bagi kulit Si Kecil. Moms bisa memberikan kenyamanan untuk si Kecil dengan memakaikan popok anti iritasi yang berdaya serap tinggi dan lembut agar Si Kecil tetap bebas beraktivitas, seperti popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls.

Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants Boys untuk bayi laki-laki dengan karakter superhero Justice League serta popok celana Sweety Silver Pants Girls untuk bayi perempuan dengan karakter Hello Kitty yang lucu. Dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, bermain alat musik bersama Si Kecil dan selalu dukung tumbuh kembangnya dengan kenyamanan dari Sweety Silver Pants! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (0)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Article Terkait

Ini Dia, Tiga Gejala Umum Si Kecil Alergi Makanan

Rasanya pusing dan cemas ya Bunda, kalau si kecil salah makan yang menyebabkan alergi. Tidak ada yang mau dong kalau si  buah hati sampai sampai...

Moms, Ajarkan Si Kecil Bersosialisasi dengan Menga...

Moms, dalam dirinya, Si Kecil punya potensi untuk mengembangkan sembilan kecerdasan majemuk. Sembilan kecerdasan majemuk ini antara lain kemampuan bah...

Cara Mengatasi Demam pada Si Kecil

Bunda, jangan langsung panic ketika si kecil terserang demam. Sebab, demam memang hal yang biasa terjadi pada bayi atau balita. Sebaiknya, jangan lang...