Moms, Ajarkan Si Kecil Bersosialisasi dengan Mengajaknya Ikut Berbelanja

Moms, dalam dirinya, Si Kecil punya potensi untuk mengembangkan sembilan kecerdasan majemuk. Sembilan kecerdasan majemuk ini antara lain kemampuan bahasa, logika, matematika, interpersonal, intrapersonal, visual spasial spiritual, musik, fisik, dan alam.

Berbagai cara dapat Moms lakukan untuk mengasah sembilan kecerdasan majemuk di masa perkembangan bayi. Tidak perlu merencanakan aktivitas yang sulit, Moms bisa mulai dengan mengajak Si Kecil ikut ambil bagian dalam kegiatan Moms sehari-hari, misalnya dengan mengajaknya berbelanja. Kegiatan berbelanja dapat melatih beberapa kecerdasan, khususnya kecerdasan interpersonal.

Kecerdasan interpersonal dapat juga diartikan sebagai kemampuan untuk bersosialisasi. Banyak kegiatan menarik yang bisa Moms lakukan saat berbelanja bersama Si Kecil untuk membantunya belajar bersosialisasi. Berikut ini contoh hal yang bisa Moms lakukan saat berbelanja dengan Si Kecil.

  1. Ajak Si Kecil mengobrol sambil berbelanja

Untuk melatih kecerdasan interpersonal Si Kecil di masa perkembangan balita, Moms bisa mulai dengan mengajaknya berinteraksi dengan Moms sebagai orang terdekat yang paling memahami kepribadian Si Kecil. Sambil berbelanja, ajak Si Kecil mengobrol mengenai hal-hal yang bisa ditemukan di tempat berbelanja. Moms bisa bertanya pendapat Si Kecil mengenai buah-buahan kesukaannya atau rasa es krim favoritnya. Obrolan Moms dan Si Kecil bisa menjadi lebih menarik karena Moms dapat menemukan topik-topik baru yang sebelumnya tidak bisa ditemui di rumah.

  1. Memberikan contoh cara berinteraksi

Saat berbelanja, Moms dan Si Kecil akan menemukan berbagai orang dengan beragam profesi, seperti satpam, pramuniaga, dan penjaga kasir. Moms bisa memberikan contoh cara berinteraksi yang baik dengan orang-orang di tempat Moms dan Si Kecil berbelanja. Moms dapat mencontohkan pentingnya mengucapkan salam kepada satpam di pintu masuk dan terima kasih kepada pramuniaga yang membantu Moms mencari barang tertentu.

Perlu diingat bahwa Si Kecil cenderung akan meniru hal yang ia lihat. Untuk membantu membentuk kepribadian balita, Moms dapat memberikan contoh cara berinteraksi yang baik dan sopan. Dengan contoh yang diberikan Moms, Si Kecil akan belajar untuk melakukan hal yang sama saat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

  1. Latih Si Kecil berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya

Selain memberikan contoh cara berinteraksi, Moms juga bisa melatih Si Kecil berinteraksi langsung dengan orang-orang yang ia temui di tempat berbelanja. Di bawah pengawasan Moms, dorong Si Kecil untuk berani bertanya kepada pramuniaga mengenai lokasi barang tertentu. Saat akan membayar, Moms juga bisa meminta bantuan Si Kecil untuk memberikan uang kepada penjaga kasir. Saat berinteraksi, ingatkan Si Kecil untuk mengucapkan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

Saat berbelanja, mungkin beberapa pengunjung lainnya tertarik untuk menyapa Si Kecil. Momen ini adalah saat yang tepat bagi Si Kecil untuk membalas sapaan dan berbincang dengan orang lain. Moms bisa membantu Si Kecil memperkenalkan diri. Bila Si Kecil masih malu atau kesulitan dalam menjawab pertanyaan, Moms bisa memberikan contoh kalimat atau jawaban yang bisa ditiru oleh Si Kecil.

Selain melatih kecerdasan interpersonal, kegiatan berbelanja dengan Si Kecil juga dapat melatih tiga kecerdasan lainnya, yaitu matematika, bahasa, dan intrapersonal. Kecerdasan matematika dapat dilatih misalnya dengan meminta bantuan Si Kecil untuk menghitung jumlah buah yang Moms beli. Kemampuan bahasa dapat dilatih misalnya dengan mengajak Si Kecil menceritakan pengalamannya setelah berbelanja. Kemampuan intrapersonal dapat diasah dengan membantu menumbuhkan rasa ingin tahu Si Kecil. Moms bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang memicu Si Kecil untuk berpikir.

Agar Si Kecil merasa nyaman saat berbelanja, yuk Moms, pastikan Si Kecil menggunakan popok celana yang nyaman, seperti popok celana Sweety Silver Pants for Boys dengan desain karakter super hero Justice League dan Sweety Silver Pants for Girls dengan desain Hello Kitty. Popok bayi laki-laki dan popok bayi perempuan ini dapat menjadi pilihan Moms untuk memastikan kenyamanan Si Kecil saat berbelanja. Popok celana Sweety Silver Pants for Boys and Girls ini juga mampu menyerap cairan dalam satu detik dan memiliki bahan lapisan selembut kain, membuat popok ini jadi popok anti bocor dan popok anti iritasi yang nyaman digunakan kapan pun oleh Si Kecil, termasuk saat berbelanja. Belajar bersosialiasi sambil berbelanja menjadi semakin menyenangkan karena Si Kecil #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (20)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Meril Pipit
Meril Pipit
Infonya bgus bgt. Thanks sweety
0
Lailatul Aisyah
Lailatul Aisyah
Sip
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Informasi yang menarik
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Informasi yang menarik
0

Article Terkait

Si Kecil Senang Bermain Air? Yuk, Ajak Ia Rutin Be...

Moms tentu ingin agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan aktif, apalagi ketika Si Kecil sudah mulai memasuki usia balita. Pada usia ini, kem...

Jenis Alat Musik yang Sudah Bisa Dikenalkan pada B...

Musik adalah salah satu hal yang disenangi Si Kecil. Musik juga sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kesehariannya. Misalnya, Si Kecil suka...

Moms Batasi Makanan Ini Agar Bayi Tidak Obesitas

Moms, Si Kecil sudah bisa memilih makanan yang ia sukai? Jika Si Kecil makan dengan lahap tentu Moms merasa senang ya karena hal itu berarti Si Kecil...