Moms Batasi Makanan Ini Agar Bayi Tidak Obesitas

Moms, Si Kecil sudah bisa memilih makanan yang ia sukai? Jika Si Kecil makan dengan lahap tentu Moms merasa senang ya karena hal itu berarti Si Kecil memiliki nafsu makan yang baik sehingga ia akan tumbuh dengan optimal. Tapi, apakah semua makanan baik untuk tumbuh kembang Si Kecil? Ternyata ada beberapa makanan bayi yang meskipun aman dikonsumsi, tapi bisa menyebabkan Si Kecil obesitas loh Moms. Yuk, mulai batasi jenis makanan bayi ini.

Permen dan Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan dua jenis makanan ini? Bisa jadi, permen dan cokelat adalah dua makanan favorit Si Kecil. Banyak para Moms yang kewalahan mengatasi keinginan Si Kecil untuk mengonsumsi permen dan cokelat. Mengonsumsi permen terlalu banyak meskipun memiliki kandungan gula alami tetap berbahaya untuk Si Kecil karena Si Kecil bisa terkena diabetes. Begitu pula dengan cokelat dalam bentuk apapun seperti blok cokelat susu yang manis, wafer cokelat ataupun permen cokelat. Sebaiknya ciptakan hari dimana ia bisa makan permen dan cokelat, tapi tetap dengan batasan tertentu. Hindari menggunakan permen atau cokelat sebagai rewards jika Si Kecil berhasil melakukan suatu hal.

Camilan asin dan gurih

Makanan satu ini memang bikin ketagihan, Moms. Tidak hanya orang dewasa, Si Kecil pun sangat menyukai. Aneka camilan asin dan gurih seperti keripik kentang pasti bisa ia habiskan dengan lahap. Saking sukanya terhadap camilan ini, Si Kecil bahkan suka mengonsumsi berbarengan dengan nasi. Moms, camilan asin dan gurih seperti keripik kentang memiliki kandungan energi yang sangat tinggi dan indeks kenyang yang rendah. Wajar jika Si Kecil sanggup menghabiskan berbungkus-bungkus keripik kentang tanpa merasa kenyang, tapi berat badan cenderung naik. Jika diteruskan hal ini akan memicu risiko obesitas pada Si Kecil dan bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya saat dewasa nanti.

Makanan cepat saji

Moms suka mengajak Si Kecil pergi ke restoran cepat saji? Sebaiknya mulai dihindari Moms karena makanan cepat saji mengandung lemak dan kadar gula yang sangat tinggi. Mengonsumsi makanan cepat saji selama 3 kali dalam satu minggu juga berakibat menimbulkan risiko penurunan kecerdasan, obesitas, mudah lemas dan timbulnya penyakit kronis seperti diabetes hingga penyakit jantung. Sebaiknya Moms menyiapkan makanan bayi yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil seperti sayur, buah dan kacang-kacangan yang mampu meningkatkan kecerdasan anak dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Minuman dengan pemanis buatan

Agar praktis, mungkin Moms terbiasa menyiapkan minuman dalam kemasan seperti teh atau jus dalam kemasan saat akan bepergian dengan Si Kecil. Tapi tahukah Moms bahwa minuman dalam kemasan tersebut mengandung banyak pemanis buatan? Pemanis buatan seperti Sakarin, Sukralosa, dan Aspartam memang tidak menimbulkan dampak langsung pada Si Kecil, tapi sejumlah penelitian mencatat bahwa kandungan pemanis buatan berisiko menimbulkan obesitas, diabetes hingga kanker bahkan pada bayi usia 3 tahun. Sebagai rekomendasi, Moms bisa menyiapkan jus buah alami tanpa pemanis atau menggantinya dengan madu.

Tips memilih makanan sehat untuk Si Kecil

Pada usia 3 tahun, Si Kecil masih dalam masa perkembangan emas untuk pertumbuhan fisik dan otaknya (golden age). Di masa ini, Si Kecil membutuhkan makanan bayi yang bergizi untuk menunjang pertumbuhannya. Ada baiknya jika Moms mengatur pola makan Si Kecil dan menyiapkan berbagai variasi makanan bayi dengan jenis makanan yang disukai Si Kecil seperti membuat puding cokelat atau sandwich rumah yang lebih terjamin nutrisinya.

Jangan lupa untuk terus mengajak Si Kecil aktif bergerak untuk mencegah Si Kecil dari obesitas. Moms bisa mengajak Si Kecil bermain di taman agar Si Kecil bisa bermain dengan teman sebayanya. Agar Si Kecil lebih nyaman dan seru, Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants for Boys & Girls. Sweety Silver Pants for Boys hadir dengan karakter DC Justice League dan Sweety Silver Pants for Girls hadir dengan karakter Hello Kitty. Sweety Silver Pants for Boys & Girls ini memiliki Diamond Layer Technology yang mampu mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi dan mendistribusikan & menyerap cairan ekstra cepat sehingga anti iritasi dan aman untuk si Kecil

#SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (13)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Sri Anggraeni Widiastutik
Sri Anggraeni Widiastutik
Siapp
0
Meril Pipit
Meril Pipit
Thanks sweety. Bermanfaat bgt infonya
0
Lailatul Aisyah
Lailatul Aisyah
Siap Sweety
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
informasi yang menarik
1
YUNI ANANDA HARAHAP
YUNI ANANDA HARAHAP
Ya ni

Article Terkait

Cara Mengatasi Demam pada Si Kecil

Bunda, jangan langsung panic ketika si kecil terserang demam. Sebab, demam memang hal yang biasa terjadi pada bayi atau balita. Sebaiknya, jangan lang...

Moms, Yuk Latih Si Kecil Mengembangkan Rasa Empati...

Rasa empati dan simpati merupakan dua hal yang penting untuk diajarkan pada Si Kecil semenjak dini. Perasaan empati dan simpati ini merupakan landasan...

5 Rekomendasi Restoran dengan Playground Seru dan...

Moms, sedang mencari rekomendasi restoran dengan playground seru dan pilihan makanan yang pas untuk Moms serta Si Kecil? Restoran dengan playground se...