Moms, Yuk Latih Si Kecil Mengembangkan Rasa Empati dan Simpati Sejak Dini

Rasa empati dan simpati merupakan dua hal yang penting untuk diajarkan pada Si Kecil semenjak dini. Perasaan empati dan simpati ini merupakan landasan yang bisa menumbuhkan kepedulian Si Kecil terhadap orang-orang di sekitarnya. Biasanya, balita yang tidak dikenalkan dengan rasa empati dan simpati sejak dini cenderung akan memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Mungkin Moms bertanya-tanya apakah Si Kecil sudah bisa mengerti jika diajarkan rasa empati dan simpati saat ini. Sebenarnya, di usia tiga tahun, Si Kecil sudah memiliki kemampuan emosi yang mumpuni untuk mulai merasakan simpati karena ia telah cukup mampu mengetahui perasaan orang lain melalui ucapan. Lalu, saat berumur empat tahun nanti, perkembangan emosi Si Kecil bisa semakin matang hingga ia mulai bisa berempati dan memahami perasaan orang lain, juga memberikan respon melalui gerakan fisik yang menunjukkan rasa peduli.

Proses perkembangan emosi tersebut memang terjadi secara alami, namun jika ditambah dengan pengulangan melalui latihan, kemampuan berempati dan bersimpati yang dimiliki Si Kecil bisa semakin kuat. Nah, untuk melatihnya, ada beberapa cara yang dapat Moms terapkan, seperti cara-cara berikut ini.

Ajarkan Si Kecil untuk Mengenali Berbagai Emosi

Untuk memiliki kecerdasan emosional serta rasa empati dan simpati yang tinggi, Si Kecil perlu diperkenalkan dengan berbagai macam emosi. Kecerdasan emosional ini adalah salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan Si Kecil di masa depan.

Si Kecil masih memiliki kosakata yang terbatas untuk memahami atau menjelaskan emosi yang ia rasakan. Oleh karena itu, bantulah Si Kecil untuk memahami berbagai emosi, mulai dari memahami perasaannya sendiri dengan cara mengajarkan Si Kecil membaca raut wajah. Moms bisa membuat kartu emosi yang berisi berbagai gambar ekspresi wajah, lalu beritahu Si Kecil nama-nama emosi yang sesuai dengan ekspresi pada kartu tersebut, seperti emosi sedih, marah, bahagia, terkejut, malu, bingung, tersinggung, dan berbagai emosi lainnya. Moms juga bisa menambahkan gerakan tubuh atau ekspresi Moms sendiri untuk memberi gambaran yang lebih jelas kepada Si Kecil. Semakin banyak Si Kecil mengenali jenis-jenis emosi, semakin tinggi kecerdasan emosionalnya serta kemampuannya untuk berempati dan bersimpati.

Membaca Cerita dan Menonton Film Bersama

Cerita pada buku yang dibaca dan film yang ditonton bersama dapat menjadi panduan yang bisa dipelajari Si Kecil. Moms bisa menyediakan buku dan film yang positif dan mengandung nilai-nilai empati dan simpati agar Si Kecil bisa memahami atau menirunya. Moms juga bisa memberi tahu dengan jelas tentang apa yang sedang dirasakan karakter dari cerita atau film tersebut pada Si Kecil agar ia dapat lebih mengerti.

Memberikan Contoh Kepada Si Kecil

Moms merupakan tempat pertama bagi Si Kecil untuk mempelajari segalanya, termasuk rasa empati dan simpati. Oleh karena itu, apa pun yang dikatakan dan dilakukan Moms biasanya akan dipelajari, dijadikan tolak ukur, dan ditiru oleh Si Kecil. Untuk menanamkan rasa empati dan simpati, Moms bisa memberikan contoh yang baik juga. Misalnya, Moms bisa menunjukkan sikap peduli kepada orang lain dan mengajak Si Kecil agar ikut aktif terlibat, bukan hanya menjadi pengamat pasif. Selain itu, Moms juga bisa menumbuhkan rasa empati dan simpati dengan mencontohkan aktivitas-aktivitas untuk berbagi kepada sesama.

Selain itu, cobalah untuk konsisten dengan perkataan maupun perbuatan yang sudah diajarkan Moms kepada Si Kecil agar ia tidak merasa Moms tidak menepati kata-katanya sendiri yang malah bisa menjadi bumerang bagi Moms.

Meminta Si Kecil untuk Mempraktikkannya Secara Langsung

Setelah memberikan pengertian dan contoh, Moms bisa meminta Si Kecil untuk mempraktikkan secara langsung aktivitas-aktivitas yang mengandung rasa empati atau simpati yang sudah Moms ajarkan. Misalnya, mengajak Si Kecil untuk mempraktikkan sikap berbagi kepada sesama dengan mengajak Si Kecil terlibat dalam kegiatan relawan seperti mengunjungi panti asuhan.

Kenalkan Si Kecil dengan Perbedaan

Rasa empati juga penting saat Si Kecil dihadapkan dengan perbedaan. Tanpa rasa empati dan simpati, Si Kecil cenderung kesulitan untuk menghargai perbedaan. Oleh karena itu, Moms perlu membantu Si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan rasa empati yang besar di tengah masyarakat yang beragam, baik secara budaya, etnis, agama, penampilan fisik, kemampuan, serta perbedaan lainnya. Berikan pemahaman bahwa perbedaan adalah sesuatu yang wajar, bahkan bisa memperkaya kehidupan kita. Dengan mengenalkannya pada perbedaan, saat dewasa nanti ia akan lebih bisa menerima dan memahami perbedaan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Jadi, itulah beberapa cara efektif dalam melatih empati dan simpati Si Kecil yang akan bermanfaat untuknya hingga ia dewasa nanti. Saat melakukan aktivitas-aktivitas yang menumbuhkan rasa empatinya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kenyamanan Si Kecil. Moms bisa memberikan kenyamanan untuk si Kecil dengan memakaikan popok anti iritasi yang berdaya serap tinggi dan lembut agar Si Kecil tetap bebas beraktivitas, seperti popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls, misalnya dengan memakaikan popok anti bocor dan popok anti iritasi yang lembut bagi kulit Si Kecil. Moms bisa memakaikan Si Kecil popok celana Sweety Silver Pants Boys untuk bayi laki-laki dengan karakter superhero Justice League serta popok celana Sweety Silver Pants Girls untuk bayi perempuan dengan karakter Hello Kitty yang lucu. Dilengkapi dengan inovasi Diamond Layer Technology yang mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, latih rasa empati dan simpati Si Kecil sejak dini dan selalu dukung tumbuh kembangnya dengan kenyamanan dari Sweety Silver Pants! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (12)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanks infony
0
Hodijah Sariani
Hodijah Sariani
Anak sy sdh bisa melakukan hal2 seperti penjelasan tersebut, terima kasih sweety utk info nya
0
Jubaedah
Jubaedah
Terimakasih bun
0
Asni jumita
Asni jumita
Info yang bagus n bermanfaat
0
Meril Pipit
Meril Pipit
Thanks sweety. Bermanfaat bgt infonya
0

Article Terkait

5 Rekomendasi Restoran dengan Playground Seru dan...

Moms, sedang mencari rekomendasi restoran dengan playground seru dan pilihan makanan yang pas untuk Moms serta Si Kecil? Restoran dengan playground se...

5 Rekomendasi Toko Online Favorit Moms untuk Belan...

Melihat perkembangan Si Kecil setiap harinya memang sangat menyenangkan ya Moms, terlebih saat Si Kecil bermain dengan mainannya. Beragam pilihan main...

Tahapan Pengenalan Potty Training yang Perlu Diter...

Melatih bayi agar mampu lepas dari penggunaan popok bayi dan mau buang air kecil (BAK) serta buang air besar (BAB) di toilet memang sebuah tantangan y...