Penting Dilakukan, Ajarkan Si Kecil Cinta Lingkungan Sejak Dini

Kehidupan kita tak bisa lepas dari lingkungan alam, maka mengajarkan nilai-nilai cinta lingkungan jadi hal yang penting untuk ditanamkan pada Si Kecil sejak dini. Untuk mengajarkan cinta lingkungan pada Si Kecil, tentunya Moms perlu menggunakan cara yang bisa mudah diterima dan dipahami oleh Si Kecil. Berikut adalah hal-hal yang dapat Moms lakukan untuk mengajarkan cinta lingkungan pada Si Kecil:

  1. Mengajak Si Kecil Belajar dan Bermain di Luar Ruangan

Ternyata, membiasakan Si Kecil bermain atau rekreasi di luar ruangan dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk Si Kecil. Bersentuhan langsung dengan unsur-unsur alam, seperti tanah, rumput, bunga, pohon, dan pasir, secara natural akan mengajarkan Si Kecil untuk mengidentifikasi hal-hal yang ada di sekitarnya. Bermain di luar ruangan juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil dalam masa perkembangan saraf sensorik dan motoriknya.

Dengan mengajak Si Kecil mengenal lingkungan alam, maka secara tidak langsung, kepedulian Si Kecil terhadap lingkungan dan makhluk hidup di dalamnya akan muncul dan terasah. Moms bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan banyak aktivitas di ruang terbuka. Misalnya, Moms bisa mengajak Si Kecil rekreasi ke kebun binatang, berenang, bermain di taman atau pantai, atau kegiatan luar ruangan lainnya yang menggunakan aktivitas fisik. Selain mengenalkan lingkungan, bermain di luar ruangan juga akan mengajarkan Si Kecil untuk belajar bersosialisasi.

  1. Mengenal dan Membuang Sampah pada Tempatnya

Saat ini, sampah masih menjadi salah satu masalah besar yang membuat lingkungan kotor atau menimbulkan bencana banjir. Oleh karena itu, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus dibiasakan pada Si Kecil sejak dini.

Sebelum lebih jauh memberikan peraturan membuang sampah pada tempatnya, sebaiknya Moms memberikan contoh langsung pada Si Kecil karena Si Kecil akan selalu mencontoh apa yang dilakukan orang-orang di lingkungan tempat tinggalnya.

Selain itu, Moms bisa mencoba untuk memanfaatkan video edukasi yang ada di internet. Ada banyak video yang mengajarkan anak untuk belajar membuang sampah pada tempatnya dengan cara bercerita yang menyenangkan dan mudah diserap oleh balita.

  1. Membebaskan Si Kecil Bereksplorasi

Membebaskan Si Kecil untuk bebas bereksplorasi di lingkungan alam adalah hal yang sangat penting untuk membangun perkembangan karakternya. Ruang yang bebas akan menumbuhkan rasa kemandirian dan tanggung jawab kepada Si Kecil. Menanamkan kebebasan eksplorasi sama halnya dengan mengikutsertakan peran Si Kecil dalam lingkungan. Si Kecil pun akan belajar memahami bahwa ia adalah bagian dalam ekosistem dan memiliki peran di dalamnya. Selain itu, mengajaknya untuk bereksplorasi di alam akan mengaktifkan lebih banyak panca indra Si Kecil karena ia dapat melihat, mendengar, mencium, dan menyentuh lingkungan luar.

  1. Mengajarkan Si Kecil untuk Hemat Energi

Menghemat energi, termasuk menghemat energi listrik, sangat diperlukan untuk kelestarian alam kita. Untuk itu, Moms bisa mencoba untuk bercerita pada Si Kecil tentang bumi dan bahayanya jika sumber energi listrik habis atau tidak mencukupi kebutuhan manusia. Gunakan imajinasi yang bisa membawa Si Kecil ikut terlibat sehingga ia bisa lebih memahami kerugian yang bisa terjadi jika kita menggunakan listrik dengan boros. Lalu, saat mematikan lampu, Moms bisa bilang pada Si Kecil bahwa Moms mematikan lampu agar hemat energi. Lama kelamaan, pola pikir dan kesadaran Si Kecil tentang pentingnya menghemat energi akan tumbuh dan melekat hingga ia dewasa nanti.

Agar Si Kecil selalu merasa nyaman saat bereksplorasi di alam, jangan lupa untuk pakaikan popok yang bagus, seperti popok celana Sweety Silver Pants terbaru dari Sweety. Popok celana Sweety Silver Pants terbaru dari Sweety kini hadir dengan inovasi Diamond Layer technology. 1 detik menyerap lebih kering, sehingga menjaga permukaan popok tetap kering untuk kulit lebih sehat, Moms.

Popok Sweety Silver Pants terbaru juga memiliki bahan lapisan selembut kain yang membuat popok ini nyaman digunakan kapan pun oleh Si Kecil, termasuk saat belajar mengenal alam di sekitarnya. Mengeksplorasi alam pun jadi semakin menyenangkan karena Si Kecil #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (78)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ikrami Alfirda abbas
Ikrami Alfirda abbas
Tanks
0
Ikrami Alfirda abbas
Ikrami Alfirda abbas
????
0
Ikrami Alfirda abbas
Ikrami Alfirda abbas
????
0
Ikrami Alfirda abbas
Ikrami Alfirda abbas
????
0
Ade Fatmawati
Ade Fatmawati
Keren
0

Article Terkait

Moms, Ajarkan Si Kecil Bersosialisasi dengan Menga...

Moms, dalam dirinya, Si Kecil punya potensi untuk mengembangkan sembilan kecerdasan majemuk. Sembilan kecerdasan majemuk ini antara lain kemampuan bah...

Hiburan Amazing Andalan Poppy Bunga: Nonton Konser...

Sebagai Expert Moms, kita pasti selalu punya cara untuk menghibur diri sendiri, maupun Si Kecil. Jadi, meski saat ini sulit untuk keluar rumah, ada aj...

Jenis Alat Musik yang Sudah Bisa Dikenalkan pada B...

Musik adalah salah satu hal yang disenangi Si Kecil. Musik juga sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kesehariannya. Misalnya, Si Kecil suka...