Moms, Permainan Tradisional Berikut Ternyata Bisa Membentuk Karakter Si Kecil, Lho!

Saat ini mungkin Si Kecil lebih akrab dengan gadget sebagai sarana bermain, padahal Indonesia memiliki begitu banyak permainan tradisional yang mengasyikan. Tidak hanya sekadar bermain, ternyata ada nilai-nilai edukasi yang penting untuk membentuk karakter anak pada permainan tradisional berikut:

  1. Petak umpet

Petak umpet adalah salah satu permainan tradisional yang mudah dilakukan. Moms juga bisa melibatkan diri untuk ikut dalam permainan ini bersama Si Kecil. Sebelum bermain, anak-anak terlebih dulu menyusun peraturan, seperti seberapa jauh dan seberapa lama Moms dan Si Kecil bisa bersembunyi. Tantangan dari permainan ini adalah menemukan tempat persembunyian yang bisa saja tidak terduga. Melalui permainan ini, Si Kecil akan belajar untuk menjelajahi setiap kemungkinan yang ada. Secara tak langsung, permainan juga ini melatih karakter pantang menyerah karena Si Kecil akan terus mencari pemain yang bersembunyi sampai ditemukan.

  1. Gobak Sodor

Gobak sodor merupakan permainan yang membutuhkan ketangkasan dan kecepatan. Permainan ini terdiri dari dua tim, yaitu tim penjaga dan pemain. Setiap orang di tim penjaga membuat penjagaan berlapis dengan merentangkan tangan agar tidak bisa dilalui tim pemain. Ketika permainan berlangsung, banyak nilai-nilai karakter anak yang dilatih di sini, seperti kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, dan tanggung jawab. Ketika Si Kecil bersama teman-temannya bermain gobak sodor, maka ia akan belajar bekerja sama dan mematuhi peraturan yang dibuat.

  1. Permainan ular naga

Permainan ular tangga merupakan salah satu permainan sederhana yang dimainkan beberapa anak dengan membentuk barisan panjang seperti ular naga. Dua orang bertugas sebagai penjaga, sedangkan yang lain akan berjalan melewati penjaga sambil bernyanyi. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat melatih kemampuan motorik kasar. Tak hanya itu, permainan ular naga juga meningkatkan kemampuan sosial Si Kecil karena dalam permainan ini, ia harus berinteraksi dengan teman-temannya.

  1. Engklek

Pada umumnya, salah satu sisi positif dari permainan tradisional adalah setiap peserta permainan akan mempelajari bagaimana membangun sebuah permainan bersama-sama, mengorganisir kelompok, serta membuat dan menaati kesepakatan. Semua aspek tersebut juga bisa ditemukan dalam permainan engklek. Permainan ini dilakukan dengan menggambar delapan kotak dan setengah lingkaran di atas tanah atau lantai, serta menulis angka secara berurutan di kotak tersebut. Kemudian, pemain akan melempar gacoan (bisa berupa batu kecil dengan beragam bentuk) ke dalam kotak, lalu meloncat-loncat ke kotak-kotak itu dengan satu kaki sampai gacoan bisa diambil dengan cara berjongkok dan membelakanginya. Selain melatih pembentukan karakter anak, permainan engklek ternyata sangat bagus untuk melatih keseimbangan, kelincahan, serta koordinasi mata dan tangan.

Permainan tradisional sendiri menjadi stimulasi yang baik untuk berbagai aspek perkembangan Si Kecil, seperti aspek perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosi anak. Proses belajar sambil bermain ini tentunya akan melekat erat di memori Si Kecil dan nantinya akan membentuk sebuah karakter yang kuat, mandiri, dan berjiwa sosial tinggi. Jangan lupa untuk tetap menemani dan mengawasi Si Kecil saat bermain agar keamanannya tetap terjaga.

Tentunya, sebelum Si Kecil bermain permainan tradisional bersama teman-temannya, Moms wajib mempersiapkan kebutuhan Si Kecil, seperti popok celana favoritnya. Moms, bisa memilih Sweety Silver Pants Boys, popok celana bayi laki-laki dengan karakter Justice League atau Sweety Silver Pants Girls, popok celana bayi perempuan dengan karakter Hello Kitty. Teknologi Diamond Layer yang dimiliki popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls membuatnya menjadi popok anti bocor karena cairan terserap merata di seluruh permukaan popok sehingga Si Kecil selalu merasa kering dan nyaman bermain seharian. Bahan yang elastis dan lembut membuat popok anti iritasi dan area kulit bayi jadi bebas dari kemerahan. Yuk, ajak Si Kecil bermain permainan tradisional bersama. #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (48)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ade Fatmawati
Ade Fatmawati
Up
0
sinta mulyanti
sinta mulyanti
Permainan tradisional yg cocok untuk anak kita
0
Widya Christiani
Widya Christiani
Si kakak Pelangi paling senang main petak umpet dan ular naga
0
Trie'luphamupholephell Cieboedakngyel Khanclalucetyapadanyua
Trie'luphamupholephell Cieboedakngyel Khanclalucetyapadanyua
Okr
0
Novi Suwati
Novi Suwati
sangat membantu
0

Article Terkait

5 Cara yang Dapat Moms Lakukan untuk Memperkenalka...

Melihat Si Kecil tumbuh dengan cerdas dan sehat tentunya membuat Moms merasa senang. Apalagi ketika melihat tingkah menggemaskannya ketika sedang menc...

5 Aplikasi Edukasi Interaktif untuk Bantu Perkemba...

Moms suka memberikan gadget seperti smartphone ataupun tablet untuk Si Kecil bermain? Boleh-boleh saja memberikan gadget kepada Si Kecil, tapi Moms wa...

5 Rekomendasi Toko Online Favorit Moms untuk Belan...

Melihat perkembangan Si Kecil setiap harinya memang sangat menyenangkan ya Moms, terlebih saat Si Kecil bermain dengan mainannya. Beragam pilihan main...