Si Kecil Senang Bermain Air? Yuk, Ajak Ia Rutin Berenang untuk Melatih Motoriknya

Moms tentu ingin agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan aktif, apalagi ketika Si Kecil sudah mulai memasuki usia balita. Pada usia ini, kemampuan motorik dan rasa ingin tahu Si Kecil berkembang dengan sangat pesat. Agar pertumbuhan Si Kecil tetap optimal sesuai dengan tahapan usianya, Moms dapat memilihkan aktivitas yang mampu memuaskan rasa ingin tahunya, sekaligus memberikan latihan fisik untuk perkembangan kemampuan motoriknya.

Optimalisasi perkembangan motorik Si Kecil merupakan hal yang penting lho, Moms. Balita dengan tubuh yang bugar cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi tantangan fisik dan emosi, sehingga Si Kecil menjadi lebih tenang dan cenderung tidak rewel. Maka, tidak ada salahnya jika Moms mulai membiasakan Si Kecil untuk melakukan olahraga secara teratur. Moms dapat mulai membiasakan Si Kecil untuk melakukan olahraga ringan dan menyenangkan seperti berenang.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat melatih motorik kasar dan halus Si Kecil, sehingga membuatnya lebih gesit dan sigap. Berenang dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar Si Kecil dengan membuatnya melakukan gerakan berulang. Gerakan-gerakan yang dilakukan secara berulang ini sangat membantu perkembangan otot-otot dan tulang pada anggota gerak tubuh Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil akan memiliki postur tubuh yang baik, tidak mudah lelah, serta lebih kuat untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik. Aktivitas renang juga membutuhkan koordinasi yang baik antara mata, tangan, kaki, dan kepala Si Kecil yang termasuk ke dalam kemampuan motorik halus. Melalui aktivitas renang, Si Kecil pun dapat belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya serta mengontrol pernapasannya. Agar berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Si Kecil, ada tiga hal penting yang perlu Moms perhatikan saat berlatih renang dengannya.

Pertama, lakukan latihan secara bertahap sesuai umur dan perkembangan Si Kecil. Moms bisa memulai latihan dengan membiasakan Si Kecil berada di area kolam renang dan secara bertahap mengajarkannya gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan di bagian pinggir kolam. Jika Si Kecil masih merasa takut dan bahkan menangis, ada baiknya Moms tidak memaksakannya untuk tetap berlatih. Proses belajar renang harus disesuaikan dengan kemauan Si Kecil. Faktor mood Si Kecil harus diperhatikan juga ya, Moms. Pada rentang usia balita, Si Kecil yang mendadak moody dan tidak mau melakukan apa-apa memang kerap terjadi, apalagi ketika Si Kecil mulai merasa bosan dengan kegiatan olahraganya. Karena itu, Moms sebisa mungkin harus selalu berusaha untuk membuat Si Kecil merasa senang dengan aktivitas olahraga yang dilakukannya.

Kedua, Moms harus memperhatikan keamanan dan kebersihan tempat latihan berenang Si Kecil. Moms tentu tidak ingin Si Kecil malah jatuh sakit akibat berenang, bukan? Air di kolam renang umum banyak mengandung zat kaporit serta kuman. Jadi, usahakan agar air kolam tidak terminum langsung oleh Si Kecil. Moms juga sebaiknya menyediakan ban renang bagi Si Kecil agar ia merasa lebih aman.

Hal terakhir yang harus Moms perhatikan adalah pentingnya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan olahraga. Pemanasan berguna untuk mempersiapkan otot-otot yang akan Si Kecil gunakan untuk berolahraga, sedangkan pendinginan berfungsi untuk meregangkan otot-otot setelah melakukan olahraga. Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan, Si Kecil akan terhindar dari cedera otot selama dan sesudah melakukan olahraga.

Agar si Kecil tetap merasa nyaman selama berenang bersama Moms, pastikan Si Kecil sudah menggunakan popok anti iritasi dan popok anti bocor yang aman untuk kulitnya. Moms bisa memakaikan popok anti iritasi yang berdaya serap tinggi dan lembut agar Si Kecil tetap bebas beraktivitas, seperti popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls.

Untuk bayi laki-laki, Moms bisa memakaikan popok celana Sweety Silver Pants Boys dengan karakter superhero Justice League. Sedangkan untuk bayi perempuan, Moms bisa memakaikan popok celana Sweety Silver Pants Girls dengan karakter Hello Kitty yang lucu. Inovasi Diamond Layer Technology yang terdapat dalam popok celana ini mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok celana Sweety Silver Pants Boys and Girls sudah teruji secara klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi sesensitif apa pun. Nah, mari ajak Si Kecil untuk rutin berenang dan dukung tumbuh kembangnya dengan kenyamanan dari Sweety Silver Pants! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (21)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanks infonya
0
Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanks infonya
0
Nadila febri wulan ningrum
Nadila febri wulan ningrum
thanks
0
Momy El Zafran
Momy El Zafran
terimakasih informasinya
0
Momy El Zafran
Momy El Zafran
Trimakasih informasinya
0

Article Terkait

Moms Batasi Makanan Ini Agar Bayi Tidak Obesitas

Moms, Si Kecil sudah bisa memilih makanan yang ia sukai? Jika Si Kecil makan dengan lahap tentu Moms merasa senang ya karena hal itu berarti Si Kecil...

Cara Mengatasi Demam pada Si Kecil

Bunda, jangan langsung panic ketika si kecil terserang demam. Sebab, demam memang hal yang biasa terjadi pada bayi atau balita. Sebaiknya, jangan lang...

5 Aplikasi Edukasi Interaktif untuk Bantu Perkemba...

Moms suka memberikan gadget seperti smartphone ataupun tablet untuk Si Kecil bermain? Boleh-boleh saja memberikan gadget kepada Si Kecil, tapi Moms wa...