Ini Dia Stimulasi yang Dianjurkan untuk Mengasah Perkembangan Motorik Bayi Baru Lahir

Stimulasi memiliki peran penting untuk mendukung perkembangan motorik Si Kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Moms mulai menstimulasi kemampuan motorik Si Kecil sejak dini, bahkan semenjak ia masih newborn atau berusia 0-12 bulan. Untuk stimulasi kecerdasan motorik Si Kecil yang  berusia di bawah satu tahun, Moms dapat  mengajak Si Kecil untuk melakukan beberapa aktivitas menyenangkan sebagai berikut:

Stimulasi Melalui Permainan Menggenggam

Sejak baru lahir hingga usia delapan minggu pertama, Si Kecil memiliki refleks untuk menggenggam tangan atau benda yang didekatkan padanya. Moms dapat merangsang motorik Si Kecil dengan memberikan mainan yang empuk dan lembut untuk digenggam. Kemudian setelah beberapa saat, Moms dapat menarik mainan tersebut secara perlahan untuk melatih refleks genggam Si Kecil. Ulangi permainan menggenggam ini beberapa kali agar hasilnya lebih optimal. Aktivitas ini dapat membantu Si Kecil mengenali tekstur dan mengendalikan genggaman secara sadar.

 

Stimulasi Melalui Mainan Gantung Berwarna Cerah

Memasuki usia tiga bulan, koordinasi antara mata dan tangan Si Kecil mulai terbentuk. Si Kecil mulai tertarik dan akan berusaha untuk menggapai mainan yang menarik di sekitarnya. Moms dapat mulai menstimulasi kemampuan motorik Si Kecil dengan menggantungkan mainan di atas boks atau playmat Si Kecil. Pilih mainan gantung dengan warna cerah dan kontras serta corak yang ramai agar Si Kecil merasa tertarik. Hadirkan aktivitas ini untuk Si Kecil secara teratur agar koordinasi mata dan tangan Si Kecil terlatih dengan baik.

 

Stimulasi dengan Melatih Tengkurap dan Mendongakkan Kepala

Pada usia tiga bulan, Si Kecil sudah mulai mampu menggulingkan tubuhnya. Pada fase ini, Moms bisa mulai melatih Si Kecil untuk tengkurap dan mendongakkan kepalanya untuk membantu melatih kekuatan otot leher, tubuh, dan tangannya. Latihan ini juga bermanfaat untuk membantu melatih keseimbangan Si Kecil. Moms dapat menstimulasi Si Kecil untuk tengkurap dan mendongakkan kepala dengan meletakkan mainan di dekat Si Kecil dan biarkan Si Kecil berguling dan tengkurap untuk mencoba menggapai mainan tersebut.

 

Stimulasi Melalui Mainan Bergerak dan Bersuara.

Semakin lama, ketertarikan Si Kecil akan semakin berkembang. Pada kisaran usia empat bulan, Si Kecil sudah mulai memiliki ketertarikan terhadap mainan yang bergerak dan bersuara. Moms dapat mulai menstimulasi kemampuan motorik Si Kecil dengan meletakkan mainan bersuara di dekat Si Kecil dan biarkan Si Kecil mencoba menggapai mainan tersebut. Usahakan mainan tersebut tidak bersuara terlalu keras agar Si Kecil tidak merasa takut. Aktivitas menggapai mainan ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk melatih kepekaan indra pendengaran, juga memperkuat otot leher, tangan, serta konsentrasi Si Kecil.

 

Stimulasi dengan Melatih Si Kecil Duduk Tegak 

Si Kecil sudah mulai mampu untuk duduk pada usia empat hingga enam bulan. Moms dapat mulai melatih Si Kecil untuk duduk tegak dengan meletakkan Si Kecil dalam posisi duduk dan memegang lembut kedua tangannya, biarkan Si Kecil berusaha menyeimbangkan tubuhnya sendiri. Aktivitas ini dapat diulangi beberapa kali untuk menstimulasi otot bagian perut dan punggung Si Kecil. Moms dapat meletakkan Si Kecil di tempat yang empuk untuk menghindari cedera jika tubuh Si Kecil terjatuh atau terguling saat melakukan aktivitas ini.

 

Stimulasi dengan Melatih Si Kecil Menggenggam Makanan

Memasuki usia enam bulan, Si Kecil mulai bisa menggenggam dengan lebih kokoh. Moms dapat membiarkan Si Kecil menggenggam makanannya sendiri sebagai bentuk stimulasi. Moms dapat memperkenalkan makanan dengan tekstur beragam, mulai dari biskuit bayi yang lembut hingga yang memiliki tekstur sedikit padat. Awalnya pasti akan berantakan, namun aktivitas ini dapat melatih kontrol genggaman, juga koordinasi antara mata, tangan, mulut, serta konsentrasi Si Kecil.

Nah, itulah beberapa aktivitas yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi kemampuan motorik Si Kecil. Aktivitas tersebut tentunya menuntut Si Kecil untuk bergerak bebas dan aktif. Untuk menunjang aktivitas yang Moms lakukan bersama Si Kecil tentu dibutuhkan popok newborn yang nyaman.

Pastikan Moms hanya memilih popok bayi yang bagus untuk Si Kecil, seperti popok bayi Sweety Gold Comfort tipe perekat. Popok bagus ini dilengkapi dengan lapisan permukaan yang sangat lembut sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir. Inovasi Diamond Layer Technology yang dimiliki popok bayi Sweety Gold Comfort ini mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna, memiliki bahan yang lembut, dan bersirkulasi udara sehingga mencegah kelembapan pada kulit bayi. Popok bayi Sweety Gold Comfort pun sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman untuk kulit bayi sesensitif apa pun. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (45)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Novitasari
Novitasari
Nice info
0
Dahlia Herfiana
Dahlia Herfiana
Terima kasih infonya.. sangat bermanfaat
0
shely tria
shely tria
Bermanfaat banget informasinya
0
Diana
Diana
bagus artikelnya
0
fitri dwi yanti
fitri dwi yanti
Bermanfaat
0

Article Terkait

Belajar Stimulasi Si Kecil Yuk!

Belajar Stimulasi Si Kecil Yuk!

Bunda, sudah tahu kan betapa pentingnya menstimulasi si kecil untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil, Tapi tahukah Bunda, bahwa sebenarnya memberi...

Kenali Sindrom SIDS untuk Segera Lakukan Antisipasi!

Kenali Sindrom SIDS untuk Segera Lakukan Antisipas...

Sudah tahukah Bunda tentang Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)? SIDS adalah salah satu penyakit pada bayi yang menyebabkanmeninggal mendadak saat sed...

Si Kecil Keracunan? Jangan panik!

Si Kecil Keracunan? Jangan panik!

Kita tidak bisa menyalahkan atau melarang kebiasaan si kecil yang gemar memasukkan sesuatu ke mulutnya. Itu adalah cara mereka untuk belajar. Tapi kal...