Inilah Pentingnya Bonding untuk Perkembangan Bayi Baru Lahir

Sudah tak diragukan lagi bahwa hubungan atau kedekatan emosional dengan Si Kecil yang terbina dengan baik sangat penting untuk tumbuh kembangnya. John Bowlby, seorang psikologis dari Inggris yang ahli di bidang perkembangan anak, mengatakan bahwa perilaku yang menyebabkan bayi menjadi dekat secara emosional dengan individu tertentu dimulai pada periode awal kehidupan, terutama pada usia sembilan bulan pertama hingga usia tiga tahun.

Bayi yang memiliki bonding yang kuat dengan ibunya sejak dini akan merasa aman, dicintai, dan terlindungi. Sebaliknya, bayi yang tidak memiliki bonding yang kuat dengan ibunya cenderung akan lebih rentan terkena depresi serta sulit mengontrol emosi saat ia dewasa nanti. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menunda untuk menciptakan bonding yang kuat dengan Si Kecil setelah ia tumbuh besar, bangunlah kedekatan emosional dengan Si Kecil sedini mungkin, bahkan semenjak ia masih newborn. Nah, berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan Si Kecil jika Moms membangun bonding dengannya secara konsisten semenjak dini.

Mempererat Ikatan Moms dan Si Kecil

Dengan sering meluangkan waktu untuk Si Kecil dan memberikan perhatian dengan cukup, ikatan emosional antara Moms dan Si Kecil pun akan lebih kuat. Ikatan emosional tersebut tidak hanya dirasakan untuk saat ini, namun juga saat ia telah dewasa nanti. Dengan bonding yang telah terbangun dengan kuat sejak kecil, ia pun akan tumbuh dengan pribadi yang lebih terbuka karena ia tak akan segan untuk mengemukakan pendapat atau masalahnya pada Moms.

Salah satu aktivitas yang paling penting dalam membangun bonding dengan bayi baru lahir adalah saat menyusui Si Kecil. Manfaat menyusui tidak hanya sebatas memberi kebaikan nutrisi pada bayi, tapi juga berguna untuk mempererat ikatan emosional antara Moms dan Si Kecil yang terjadi karena adanya sentuhan kulit yang memicu hormon oksitosin dan serotonin yang bisa membuat bonding Moms dan Si Kecil semakin erat.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Tidak hanya baik untuk pertumbuhan psikologisnya, membangun bonding dengan Si Kecil sejak kecil pun baik untuk kesehatan fisiknya. Menurut para peneliti, bonding dalam bentuk pelukan, sentuhan, atau pijatan lembut bisa membuat sistem imun dan metabolisme tubuh Si Kecil jadi lebih baik, sehingga ia tidak akan mudah sakit dan memiliki tumbuh kembang yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan aktivitas bonding dengan orangtuanya. Kenaikan kadar oksitosin saat bonding bisa memperkuat daya tahan tubuh bayi, bahkan membuat proses penyembuhan luka jadi lebih cepat.

Melatih Respon Si Kecil

Dengan melakukan bonding, Moms juga bisa mendukung perkembangan otak Si Kecil. Aktivitas bonding yang dilakukan melalui interaksi sederhana dengan si Kecil, seperti mengajaknya berbicara, bercerita, bermain, atau bernyanyi untuk Si Kecil dapat meningkatkan kemampuan kognitif Si Kecil. Ketika Moms melakukan hal-hal tersebut, respon Si Kecil jadi lebih terlatih sehingga perkembangan otaknya pun bisa lebih optimal. Dengan melakukan interaksi bersama Si Kecil dengan konsisten, lama kelamaan ia akan dapat lebih mudah menerima bahkan memberikan respon pada Moms.

Nah, itulah manfaat-manfaat dan pentingnya melakukan bonding dengan bayi baru lahir. Tentunya, selain memberikan kenyamanan secara emosional, Moms juga perlu memperhatikan kenyamanan fisik Si Kecil. Karena bayi baru lahir memiliki kulit yang sensitif, Moms perlu memakaikan popok newborn terbaik untuknya agar ia senantiasa nyaman dan terjauh dari ruam popok. Salah satu popok bayi yang bagus untuk newborn adalah popok bayi Sweety Gold Comfort yang dilengkapi inovasi Diamond Layer Technology, mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok newborn Sweety Gold Comfort ini juga memiliki lapisan permukaan yang sangat lembut, bersirkulasi udara, dan sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir atau kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, bangun bonding dengan Si Kecil sejak dini dan lengkapi kenyamanannya dengan popok Sweety! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (22)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Artikel yang bermafaat
0
Devi Fitriani
Devi Fitriani
Membantu sekali bagi bunda baru infonya
0
Devi Fitriani
Devi Fitriani
Thankyou infonya
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Sangat bermanfaat
0
dhestiana
dhestiana
Alhamdulillah anakku d stimulasi jadi cepat tanggap
0

Article Terkait

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si Kecil

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si K...

Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel...

Daftar Kebutuhan Esensial yang Diperlukan Bayi Baru Lahir

Daftar Kebutuhan Esensial yang Diperlukan Bayi Bar...

Masa kehamilan adalah salah satu momen membahagiakan bagi wanita, apalagi jika waktu kelahiran Si Kecil sudah semakin mendekat. Selama menantikan kela...

Si Kecil Keracunan? Jangan panik!

Si Kecil Keracunan? Jangan panik!

Kita tidak bisa menyalahkan atau melarang kebiasaan si kecil yang gemar memasukkan sesuatu ke mulutnya. Itu adalah cara mereka untuk belajar. Tapi kal...