Inilah yang Perlu Moms Persiapkan Setelah Membawa Pulang Bayi Baru Lahir dari Rumah Sakit

Menanti momen kelahiran bayi setelah 9 bulan kehamilan adalah hal yang sangat menyenangkan. Sebelum Moms memasuki masa persalinan di rumah sakit, tentunya Moms harus sudah menyiapkan berbagai perlengkapan untuk Si Kecil saat lahir nanti. Nah, saatnya Moms melakukan checklist apakah perlengkapan baru bayi lahir berikut ini sudah tersedia di rumah?

Pakaian bayi

Bayi baru lahir membutuhkan stok pakaian bayi yang cukup banyak, setidaknya Moms memiliki 6-8 setel pakaian bayi untuk keperluan 2 hari. Pakaian bayi juga harus beragam seperti baju berlengan pendek dan berlengan panjang. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca atau saat siang-malam.

Karena suhu tubuh bayi baru lahir masih belum bisa menyesuaikan dengan cuaca disekitarnya, Moms juga wajib memakaikan Si Kecil topi bayi agar melindungi kepala bayi yang masih sensitif. Topi bayi ini bisa digunakan saat cuaca dingin atau hendak keluar rumah. Siapkan pula sarung tangan dan kaus kaki bayi berbahan katun untuk melindungi kulit bayi dari goresan kukunya sendiri.

Perlengkapan mandi bayi baru lahir

Perlengkapan mandi bayi baru lahir yang berkualitas tinggi harus menjadi pilihan Moms. Kulit bayi sangat rentan dan sensitif terhadap apapun yang menyentuh kulitnya. Untuk memandikan bayi baru lahir, Mom bisa menggunakan bak mandi bayi yang aman dan terbuat dari bahan yang anti slip. Ukuran bak mandi bayi harus disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi, jangan sampai terlalu besar karena bisa menyebabkan bayi tenggelam nantinya. Sabun bayi baru lahir juga harus bebas dari bahan pewangi untuk mencegah alergi pada kulit bayi. Untuk menyeka dan mengeringkan kulit bayi baru lahir, Moms bisa memilih waslap dan handuk berbahan katun yang lembut. Jangan lupa siapkan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi setelah mandi dan cream bayi untuk mencegah ruam pada lipatan kulit bayi.

Perlengkapan tidur bayi baru lahir

Bayi baru lahir menghabiskan waktu sekitar 10-18 jam per harinya untuk tidur dan waktu tidurnya pun tersebar merata sepanjang 24 jam. Bayi baru lahir bisa tidur dan bangun di siang bahkan malam hari. Oleh karena itulah diperlukan perlengkapan tidur bayi yang nyaman.

Jika Moms menginginkan Si Kecil tidur di box bayi, Moms harus memperhatikan bentuk fisik box bayi sebelum membelinya. Jangan memilih box bayi yang terlalu sempit karena akan membatasi ruang gerak Si Kecil. Untuk kasur bayi, Moms bisa memilih kasur yang empuk dan mudah menyerap cairan. Untuk menghindari bayi terbangun dari tidurnya saat mengompol, Moms bisa menggunakan perlak (alas bayi) agar bayi tetap tidur dengan nyaman serta menghindari kasur cepat rusak karena terkena ompol bayi. Jika Moms ingin membedong bayi, perlu diperhatikan jangan membendong bayi terlalu kuat karena justru membuatnya tidak nyaman, terkena infeksi pernapasan hingga SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Selimut bayi bisa Moms siapkan jika sewaktu-waktu cuaca sedang dingin. Bayi baru lahir disarankan untuk tidak menggunakan bantal karena bisa berpotensi membuat bayi tersedak dan sesak napas.

Perlengkapan menyusui

Pada fase bayi baru lahir, Si Kecil hanya membutuhkan ASI sebagai asupan makanan. Jika Moms adalah wanita karir, ada baiknya Moms mulai mempersiapkan pompa ASI, wadah steril untuk ASI, peralatan pembersih botol serta kulkas khusus untuk menyimpan ASI. Perlengkapan menyusui ini sangat berguna untuk menjaga bayi baru lahir tetap mendapat ASI meskipun Moms harus bekerja. Jika Moms harus menyusui Si Kecil di tempat umum, Moms bisa juga membeli nursing apron sehingga Moms tetap bisa memberikan ASI Si Kecil kapanpun dengan nyaman.

Popok bayi yang bagus khusus bayi baru lahir

Menyambut kehadiran bayi baru lahir di rumah pasti sangat menyenangkan apalagi jika Si Kecil sudah bisa memberikan respon terhadap suara dan gerakan orang di sekitarnya. Untuk menemani segala aktivitas bayi baru lahir, mulai dari bermain hingga tidur Moms bisa memilih popok bagus khusus newborn yang cepat menyerap cairan, berbahan lembut, memiliki sirkulasi udara yang baik serta anti bocor. Popok bayi Sweety Gold Comfort dengan tipe perekat bisa menjadi pilihan Moms. Dengan inovasi Diamond Layer Technology pada permukaan popok newborn membuat cairan menyebar dan menyerap sempurna serta mengurangi sentuhan langsung dengan kulit bayi sehingga Si Kecil bebas iritasi.

Moms, yuk mulai persiapkan perlengkapan bayi baru lahir dari sekarang. Jika Moms ingin mendapat informasi seputar Ibu dan anak, Moms bisa bertanya ke SPG Sweety di toko bayi, toko susu atau modern market. #SudahPakaiSweetys


Bagikan

Komentar (22)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Diana
Diana
makasi
0
Fitria Febri
Fitria Febri
Trims ☺
0
Siti nafisah
Siti nafisah
Makasih
0
Pebri rosiana
Pebri rosiana
Thx infonya
0
dhestiana
dhestiana
Kalo kemarin lahiran anakku cuma perlengkapan menyusui aja yg ga d siapkan. Soalny aq fokus urus anak
0

Article Terkait

Jangan Berikan Makanan Ini Pada Bayi Berusia di Bawah Satu Tahun

Jangan Berikan Makanan Ini Pada Bayi Berusia di Ba...

Si Kecil sudah memasuki usia enam bulan? Biasanya, bayi pada usia enam bulan ke atas sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat pendamping ASI (MPASI...

Perlengkapan Moms dan Calon Bayi yang Perlu Disiapkan Jika Bersalin di Rumah Sakit

Perlengkapan Moms dan Calon Bayi yang Perlu Disiap...

Kandungan Moms sudah mulai memasuki trimester akhir? Pada masa kehamilan trimester akhir, biasanya ibu hamil akan mulai sibuk melakukan persiapan mela...

Moms, Ini 5 Cara Terbaik Membangun Kreativitas Bayi Sejak Dini

Moms, Ini 5 Cara Terbaik Membangun Kreativitas Bay...

Kreativitas dan imajinasi adalah hal yang penting untuk perkembangan bayi, tak terkecuali untuk bayi baru lahir atau bayi yang masih berusia 0-12 bula...