Moms, 5 Jenis Musik Ini Bantu Bayi Baru Lahir Tidur Lebih Nyenyak

Bayi yang dapat tidur nyenyak di malam hari adalah dambaan setiap Moms, bukan? Apalagi tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil jadi lebih optimal. Hal tersebut dikarenakan hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal saat Si Kecil tidur. Nah, salah satu cara untuk membantu Si Kecil agar bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan menyalakan musik-musik lembut sebagai pengantar tidur. Untuk mengetahui jenis musik apa saja yang dapat membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak, yuk, simak lima jenis musik berikut ini!

Musik Jazz yang Lembut

Memperdengarkan alunan musik jazz yang berirama mengayun pada Si Kecil sebagai pengantar tidurnya bisa membuat detak jantung Si Kecil melambat dengan perlahan, sehingga Si Kecil akan merasa lebih tenang dan damai, serta lebih cepat mengantuk. Namun, perlu diperhatikan ya Moms, bahwa tidak semua musik jazz cocok untuk Si Kecil. Oleh karena itu, cobalah musik jazz yang dikhususkan untuk bayi, misalnya album Jazz for Babies dari Michael Janisch.

Tidak hanya membuat Si Kecil tidur nyenyak, Moms juga bisa ikut merasa tenang saat mendengar alunan musiknya. Selain itu, musik jazz juga dapat memberikan pengaruh positif lainnya untuk Si Kecil, seperti membuat mood Si Kecil menjadi lebih baik serta menstimulasi kognitif Si Kecil.

Musik Klasik yang Teratur

Musik yang dikenal dapat membuat Si Kecil tenang dengan nadanya yang teratur dan harmonis adalah musik klasik. Ritme yang berulang dari musik klasik bahkan terdengar seperti ritme gerakan janin yang ada di dalam rahim sehingga dapat menciptakan perasaan nyaman dan membangkitkan ingatan Si Kecil tentang pengalamannya saat berada di dalam rahim Moms yang penuh ketenangan. Oleh karena itu, saat Moms memperdengarkan musik klasik kepada Si Kecil menjelang waktu tidurnya, Si Kecil akan lebih mudah merasa tenang, aman dan nyaman hingga akhirnya terlelap dengan lebih mudah. Musik klasik juga dapat membantu perkembangan otak Si Kecil dan akan membuat ia lebih mengapresiasi musik saat ia dewasa nanti.

Musik Pop yang Santai

Mungkin Moms merasa ragu apakah musik pop dapat membantu Si Kecil tidur nyenyak atau tidak. Ternyata, musik pop merupakan salah satu pilihan yang layak untuk didengarkan oleh Si Kecil. Meskipun nadanya tidak seteratur musik klasik, tetapi musik pop yang santai memberikan ritme yang menenangkan Si Kecil karena ritme tersebut akan mengingatkan Si Kecil pada suara detak jantung Moms saat dalam kandungan. Pastikan untuk memilih musik pop yang menenangkan agar Si Kecil lebih cepat merasa rileks dan mengantuk.

Musik Tradisional yang Mengayun

Tak melulu musik populer saja, musik tradisional pun bisa menjadi alternatif musik pengantar tidur untuk Si Kecil. Kombinasi alunan indah serta tempo yang lambat dari beragam bunyi alat musik tradisional, seperti gambang dan angklung, dapat membuat tubuh Si Kecil lebih rileks. Selain itu, ritme yang diciptakan oleh alat musik tradisional tersebut akan mengundang rasa kantuk Si Kecil, sehingga Si Kecil lama-kelamaan akan tertidur dengan tenang dan nyenyak.

Musik Ambient yang Menenangkan

Musik ambient merupakan musik yang menggunakan suara-suara dari alam untuk membangkitkan rasa tenang. Suara-suara alam tersebut biasanya bervariasi, mulai dari suara air, angin, hujan, jangkrik, dan suara alam lainnya. Kombinasi dari suara-suara tersebut membuat Si Kecil merasakan ketenangan dari alam sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak.

Nah, itulah jenis-jenis musik untuk bayi baru lahir yang bisa membuat Si Kecil tidur lebih mudah dan nyenyak. Selain dengan menyalakan musik-musik lembut, Si Kecil juga akan tidur lebih nyenyak jika ia memakai popok bagus dan popok anti bocor. Salah satu popok bayi yang bagus untuk newborn adalah popok bayi Sweety Gold Comfort yang dilengkapi inovasi Diamond Layer Technology, mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok newborn Sweety Gold Comfort ini juga memiliki lapisan permukaan yang sangat lembut, bersirkulasi udara, dan sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir atau kulit bayi sesensitif apa pun. Kualitas tidur Si Kecil pun akan lebih berkualitas jika ia #SudahPakaiSweety.


Bagikan

Komentar (17)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Tari
Tari
Thanks
0
Martuti Kusuma Dewi
Martuti Kusuma Dewi
Kalah sama suara kegaduhan kakak²nya
1
YUNI ANANDA HARAHAP
YUNI ANANDA HARAHAP
Wah
Elda Riani
Elda Riani
Bisa dicoba ni
0
Pebri rosiana
Pebri rosiana
Dari hamil sampai anak saya sebulan ini saya dengarkan musik clasic
0
Jubaedah
Jubaedah
Saya dengarkan murottal Al-Qur'an dan shalawat sdg dalam kandungan
1
YUNI ANANDA HARAHAP
YUNI ANANDA HARAHAP
Saya jg

Article Terkait

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si Kecil

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si K...

Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel...

Moms, Ini 5 Cara Terbaik Membangun Kreativitas Bayi Sejak Dini

Moms, Ini 5 Cara Terbaik Membangun Kreativitas Bay...

Kreativitas dan imajinasi adalah hal yang penting untuk perkembangan bayi, tak terkecuali untuk bayi baru lahir atau bayi yang masih berusia 0-12 bula...

Belajar Stimulasi Si Kecil Yuk!

Belajar Stimulasi Si Kecil Yuk!

Bunda, sudah tahu kan betapa pentingnya menstimulasi si kecil untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil, Tapi tahukah Bunda, bahwa sebenarnya memberi...