Moms, Ini 5 Cara Terbaik Membangun Kreativitas Bayi Sejak Dini

Kreativitas dan imajinasi adalah hal yang penting untuk perkembangan bayi, tak terkecuali untuk bayi baru lahir atau bayi yang masih berusia 0-12 bulan. Bahkan, semakin dini Moms membangun kreativitas Si Kecil, maka akan semakin besar pula kemampuan kreatif yang akan dimiliki Si Kecil di masa depannya nanti.

Kemampuan kreatif ini penting dan dibutuhkan Si Kecil agar di masa depannya nanti Si Kecil akan mampu untuk berinovasi, menciptakan berbagai ide untuk memecahkan masalah, juga mampu mengembangkan potensi dirinya.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas Si Kecil yang masih berusia 0-12 bulan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Moms coba.

Perlihatkan Gambar Berwarna Kontras

Bayi berusia 0-12 bulan sudah bisa memerhatikan hal-hal di sekitarnya, termasuk warna-warna yang ia lihat. Coba berikan stimulasi bayi melalui gambar pola berwarna kontras, seperti warna hitam dan putih. Si Kecil, khususnya yang masih berusia 0-3 bulan, masih memiliki keterbatasan dalam penglihatannya. Retina mata Si Kecil hanya mampu mendeteksi warna gelap dan terang yang kontras, seperti warna hitam dan putih. Jika Si Kecil sudah berusia di atas tiga bulan, Moms baru bisa memperlihatkan gambar dengan warna-warna terang yang kontras.

Saat memberikan stimulasi, Moms bisa menunjukkan beberapa gambar berpola, seperti garis-garis, lingkaran, atau polkadot berwarna kontras, lalu simpan di dekat Si Kecil dengan jarak sekitar 20-30 cm.

Pemberian stimulasi ini akan berdampak baik pada kemampuan kreativitas Si Kecil secara visual. Gambar-gambar yang dilihat Si Kecil pun akan membantu menumbuhkan imajinasinya.

Nyalakan Alunan Musik

Bayi baru lahir sudah memiliki kemampuan mendengar yang jelas. Bahkan, Si Kecil sudah mampu mendengar sejak ia masih dalam kandungan. Untuk memberi stimulasi pada Si Kecil, Moms bisa menyalakan musik di ruangannya. Pilih musik untuk bayi yang menenangkan dan nyalakan dengan volume yang tidak terlalu keras. Musik dengan melodi yang berulang lebih dianjurkan karena dapat menenangkan bayi. Melodi yang berulang ini mirip dengan jenis suara yang ia dengar di dalam kandungan. Stimulasi melalui musik ini dapat meningkatkan kreativitas musikal Si Kecil sejak dini.

Bacakan Buku Cerita Anak

Bacakan cerita kepada Si Kecil meskipun dia belum memahami apa yang Moms ceritakan. Si Kecil akan senang mendengarkan suara Moms dan senang memerhatikan gambar warna-warni yang ia lihat pada buku tersebut. Mainkan suara, ekspresi, dan gerakan tangan Moms saat menceritakan tokoh-tokoh yang ada di dalam buku agar imajinasi Si Kecil semakin terlatih. Jangan lupa untuk memilih buku bergambar yang tidak mudah robek agar tidak rusak saat dimainkan Si Kecil.

Berikan Mainan

Bermain bisa menjadi media untuk mengembangkan kreativitas anak. Tentunya pilih mainan yang aman dan tidak membahayakan Si Kecil. Moms bisa memilih boneka atau soft toys berbentuk hewan-hewan yang lucu. Saat bermain dengan bonekanya, imajinasi Si Kecil pun makin terasah dengan baik.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengasah kreativitas Si Kecil sejak dini. Selain itu, jangan lupa untuk memerhatikan aspek-aspek penting lainnya yang akan membantu tumbuh kembang bayi serta kreativitasnya agar semakin optimal, seperti kenyamanannya saat bergerak dan melakukan aktivitas kreatifnya.

Selalu pakaikan popok bayi yang nyaman, teruji klinis, terbuat dari bahan lembut, dan memiliki faktor daya serap tinggi sehingga popok anti bocor. Tentunya Moms tidak ingin gerak Si Kecil jadi terganggu akibat salah memilih popok newborn. Pastikan Moms sudah memilih popok bayi yang bagus seperti #SudahPakaiSweety, popok bayi bagus yang mampu menyerap cairan dengan cepat dan sempurna sehingga anti bocor.


Bagikan

Komentar (10)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Erlina
Erlina
Produk sweety banyak macamnya, mana yg lebih bagus
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
thx infonya
0
Susanti Dbm
Susanti Dbm
Bermanfaat banget,,,tq sweety 4 best info
0
Irene Ria Wikantari
Irene Ria Wikantari
Artikel sangat yang bermanfaat
0
Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
Artikel yang bermanfaat
0

Article Terkait

Inilah yang Perlu Moms Persiapkan Setelah Membawa Pulang Bayi Baru Lahir dari Rumah Sakit

Inilah yang Perlu Moms Persiapkan Setelah Membawa...

Menanti momen kelahiran bayi setelah 9 bulan kehamilan adalah hal yang sangat menyenangkan. Sebelum Moms memasuki masa persalinan di rumah sakit, tent...

Jangan Berikan Makanan Ini Pada Bayi Berusia di Bawah Satu Tahun

Jangan Berikan Makanan Ini Pada Bayi Berusia di Ba...

Si Kecil sudah memasuki usia enam bulan? Biasanya, bayi pada usia enam bulan ke atas sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat pendamping ASI (MPASI...

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si Kecil

Bunda, Ini Nih Manfaat Mengenalkan Musik Pada Si K...

Si Kecil senang mendengarkan musik dan menyanyi? Menurut Mark Tramo M.D., medical neurobiologist dari Harvard University, Massachusetts, AS jutaan sel...