5 Tips Liburan Babymoon Ini Akan Membuat Moms Nyaman dan Bebas Stres

Babymoon atau liburan bersama suami saat mengandung kini sedang banyak dilakukan oleh Moms yang sedang dalam masa kehamilan. Babymoon memang menyenangkan karena bisa menjadi kesempatan bagi Moms dan suami untuk menikmati quality time bersama sebelum Si Kecil lahir. Saat Si Kecil lahir nanti, biasanya Moms dan pasangan tidak bisa memiliki banyak waktu luang karena sebagian besar perhatian akan terfokus pada Si Kecil. Oleh karena itu, Moms bisa memanfaatkan masa kehamilan untuk menikmati liburan dan menciptakan momen indah yang bisa dikenang seumur hidup.

Babymoon juga baik untuk menghilangkan stres pada ibu hamil. Saat melakukan babymoon, secara umum kondisi psikologis Moms menjadi lebih tenang dan bahagia. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh positif pada ibu hamil, namun juga berpengaruh positif pada janin dalam kandungan.

Babymoon sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan 14-28 minggu atau pada trimester kedua. Karena di usia ini, kondisi kehamilan yang tidak nyaman akibat perubahan hormon biasanya sudah selesai. Nah, jika Moms tertarik untuk melakukan babymoon bersama suami, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan. Apa saja? Yuk, simak tips liburan untuk ibu hamil di bawah ini!

Konsultasi dengan Dokter Sebelum Berlibur

Sebelum traveling, Moms perlu memeriksakan kondisi kehamilan Moms pada dokter kandungan terlebih dahulu, setidaknya seminggu sebelumnya. Beritahukan rencana Moms tentang liburan yang akan Moms lakukan. Apabila dokter kandungan tersebut menyatakan kandungan Moms sehat dan tidak berisiko mengalami masalah selama traveling, maka Moms bisa tetap melanjutkan rencana untuk melakukan babymoon.

Jangan ragu untuk bertanya tentang apa saja yang perlu Moms perhatikan dan lakukan selama berlibur agar kandungan Moms tetap sehat dan tidak mengalami masalah saat berlibur. Jika Moms akan traveling menggunakan pesawat, biasanya dokter akan memberikan surat keterangan sehat pada Moms untuk digunakan saat check-in di bandara.

Pilih Destinasi yang Nyaman dan Tenang

Sebaiknya Moms memilih tempat berlibur yang nyaman dan bisa membuat Moms rileks. Hindari tempat-tempat dengan cuaca ekstrem yang bisa membuat Moms tidak nyaman. Hindari pula tempat yang terlalu ramai atau memiliki kondisi jalan yang sulit untuk ditempuh. Moms bisa memilih untuk berlibur di pantai yang menenangkan seperti di pantai-pantai yang tidak terlalu ramai di daerah Lombok atau Bali. Moms juga bisa memilih untuk berlibur ke tempat wisata yang memiliki banyak pepohonan hijau yang sejuk, seperti di kawasan Bandung, Bogor, atau Ubud Bali.

Pastikan lokasi tempat Moms menginap nanti memiliki akses yang mudah ke fasilitas medis yang tersedia di sana untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Moms memerlukan tenaga dokter atau perawatan medis.

Pilih Moda Transportasi yang Paling Nyaman

Moms akan menghabiskan cukup banyak waktu di dalam perjalanan, apalagi jika Moms memilih destinasi wisata yang cukup jauh, oleh karena itu pilihlah moda transportasi yang paling nyaman bagi Moms. Lakukan peregangan minimal setiap satu jam sekali agar Moms tidak mengalami pembengkakan dan kram kaki.

Jika Moms berkendara dengan mobil, jangan lupa untuk berhenti dan beristirahat di rest area. Lalu, apabila Moms menggunakan pesawat, sebaiknya Moms memilih kursi dengan letak yang memudahkan Moms untuk pergi ke toilet sewaktu-waktu. Jika punggung Moms terasa nyeri saat perjalanan, coba letakkan bantal kecil pada punggung bagian bawah.

Tetap Konsumsi Makanan Sehat dan Minum yang Cukup Saat Babymoon

Saat babymoon nanti, Moms harus tetap menjaga kesehatan tubuh Moms dan janin dalam kandungan. Hindari makanan-makanan tidak sehat dan pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur dan buah. Jangan lupa untuk jaga asupan cairan agar Moms bisa terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi bukan hanya tidak baik bagi Moms, namun juga berdampak buruk pada kondisi kesehatan janin.

Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Biasanya saat berlibur, Moms akan melakukan banyak aktivitas, jadi pilihlah pakaian yang nyaman, sesuai dengan cuaca dari tempat wisata yang Moms pilih. Jika pergi ke tempat yang dingin, pilihlah pakaian yang hangat dan lembut. Jika pergi ke tempat bercuaca panas, pilihlah pakaian yang sejuk dan bisa menyerap keringat. Selain pakaian, pilih pula alas kaki yang nyaman, seperti alas kaki dengan bagian tumit yang datar untuk mengurangi risiko terjatuh. Pilih juga alas kaki yang tidak sempit saat dipakai dan mudah untuk dipakai atau dilepas tanpa perlu membungkuk.

Itulah beberapa tips yang bisa Moms terapkan jika Moms merencanakan liburan babymoon bersama suami. Agar Moms makin tenang, Moms juga bisa mulai persiapkan kebutuhan kelahiran Si Kecil sejak dini. Salah satu hal penting yang perlu Moms persiapkan adalah popok newborn.

Pastikan Moms hanya memilih popok bayi yang bagus untuk Si Kecil, seperti popok bayi Sweety Gold Comfort. Popok bagus ini dilengkapi dengan lapisan permukaan yang sangat lembut sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir. Inovasi Diamond Layer Technology yang dimiliki popok bayi Sweety Gold Comfort ini mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna, memiliki bahan yang lembut, dan bersirkulasi udara sehingga mencegah kelembapan pada kulit bayi. Popok bayi Sweety Gold Comfort pun sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman untuk kulit bayi sesensitif apa pun. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (17)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ika mawar dhani
Ika mawar dhani
Thanks sweety infonya...
0
Jubaedah
Jubaedah
Blm berani jalan jauh walau sdh tm2 bun
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety
0
Syifa Hanoum
Syifa Hanoum
Artikelnya sangat bermamfaat
0
Meril Pipit
Meril Pipit
Thanks sweety. Bermanfaat bgt infonya
0

Article Terkait

5 Cara Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil sejak dalam Kandungan

5 Cara Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil sejak da...

Bisa merasa bonding atau dekat secara emosional dengan bayi yang masih ada dalam kandungan, adalah salah satu pengalaman paling berharga yang dirasaka...

Moms, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Menjelang Persalinan

Moms, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengurangi Rasa Sak...

Tak jarang rasa sakit saat melahirkan menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh ibu hamil yang akan melahirkan dalam waktu dekat, apalagi jika pr...

Kehamilan dan Lupus

Kehamilan dan Lupus

Lupus merupakan penyakit oto-imun yang sering menyerang perempuan, termasuk ibu hamil. Antibodi yang seharusnya memberantas kuman atau virus yang masu...