Jangan Takut Bergerak, 4 Jenis Olahraga Ini Penting dan Aman Dilakukan Ibu Hamil

Ketika hamil, kondisi perut yang semakin besar memang bisa membuat Moms kurang leluasa untuk bergerak dan berolahraga. Moms juga mungkin khawatir gerakan-gerakan olahraga bisa membahayakan kondisi janin dalam kandungan. , namun bukan berarti Moms tidak boleh berolahraga sama sekali. Tetap aktif bergerak justru akan membawa lebih banyak manfaat kesehatan karena berolahraga dapat meningkatkan energi tubuh, mengurangi rasa tidak nyaman selama hamil, meningkatkan kualitas tidur, membantu memudahkan persalinan, dan mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Moms tak perlu melakukan olahraga yang kompleks, olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan di rumah pun akan membawa banyak manfaat positif untuk Moms dan Si Kecil dalam kandungan. Lalu, apa saja jenis olahraga yang aman dilakukan di rumah ketika hamil? Yuk, simak empat jenis olahraga berikut ini!

Prenatal Yoga untuk Relaksasi Tubuh

Bagi Moms yang belum pernah melakukan olahraga yoga sama sekali, tidak perlu khawatir karena yoga merupakan olahraga yang aman dan mudah dilakukan. Selain itu, yoga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi rasa nyeri pada punggung bawah dan memberikan relaksasi pada seluruh anggota tubuh sehingga bisa membuat mood Moms lebih positif dan terjauh dari stres.

Tak perlu melakukan gerakan yang rumit, Moms bisa memulai latihan yoga dengan melatih pernapasan. Lakukan dengan mengambil napas dalam-dalam secara perlahan melalui hidung hingga udara memenuhi paru-paru, lalu buanglah secara perlahan. Lalu, Moms bisa melanjutkan dengan sesi pemanasan dengan peregangan-peregangan sederhana. Setelah itu, Moms bisa melakukan beberapa gerakan yoga, seperti easy pose, child pose, butterfly pose, half pigeon pose, dan pose sederhana lainnya sesuai dengan kemampuan Moms. Jangan lupa untuk mengakhiri latihan dengan sesi pendinginan.

Berjalan Kaki untuk Mengurangi Keluhan Saat Hamil

Aktif berjalan kaki bisa mengurangi keluhan yang Moms alami saat hamil, seperti pembengkakan yang terjadi akibat varises, mual dan muntah, serta diare atau sembelit. Berjalan kaki juga mampu menurunkan risiko diabetes gestasional yang cukup sering terjadi pada ibu hamil. Tak hanya itu, berjalan kaki juga mampu menurunkan risiko preeklampsia, yaitu kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada masa kehamilan.

Lakukan aktivitas ini dengan berjalan secara perlahan selama 15 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Moms boleh meningkatkan durasi dan frekuensinya sesuai dengan kemampuan tubuh Moms.

Squat untuk Menguatkan Otot Panggul

Squat merupakan olahraga yang aman dilakukan ketika hamil, baik pada masa awal maupun masa akhir kehamilan. Pada masa awal kehamilan, squat dapat dilakukan untuk mencegah sakit punggung dan panggul karena squat mampu memperkuat otot gluteal yang berada di area bokong. Sedangkan di akhir masa kehamilan, biasanya squat dilakukan saat mendekati waktu perkiraan lahir untuk menguatkan otot panggul Moms dan mendorong janin agar turun lebih rendah sehingga proses persalinan dapat berjalan lancar.

Untuk melakukan squat, cobalah untuk berdiri dengan kaki yang dilebarkan, lalu turun perlahan-lahan hingga mencapai posisi jongkok dengan punggung yang tetap tegak seperti saat berdiri. Tahan posisi tersebut selama 30 detik lalu berdirilah dengan perlahan. Ulangi proses squat ini kurang lebih selama sepuluh menit setiap hari untuk mengurangi rasa sakit punggung ketika hamil.

Senam dengan Birth Ball untuk Kelancaran Persalinan

Senam hamil dengan menggunakan birth ball adalah senam dengan menggunakan bola berukuran cukup besar yang aman untuk digunakan di lantai oleh ibu hamil. Senam ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk Moms, seperti mengurangi sakit punggung dan ketegangan otot, meningkatkan aliran darah ke rahim, memperbesar diameter panggul untuk mengoptimalkan proses persalinan, meringankan nyeri selama persalinan dan saat kontraksi, serta meredakan kecemasan dan stres saat persalinan.

Saat menggunakan birth ball, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan duduk di atas birth ball seperti saat duduk di atas kursi, setelah itu goyangkan panggul Moms dengan gerakan maju mundur atau memutar. Cara lainnya dapat dilakukan saat mengalami kontraksi, yaitu dengan menempatkan birth ball di lantai lalu Moms berlutut dan bersandar di atasnya agar tubuh Moms lebih rileks.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang penting dan aman untuk dilakukan Moms di rumah. Namun, sebelum memilih olahraga yang akan Moms lakukan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk memastikan keamanannya bagi kondisi tubuh Moms. Selain itu, jangan memaksakan jika tubuh Moms merasa tidak nyaman saat berolahraga. Lakukan olahraga pada durasi singkat terlebih dahulu. Jika saat berolahraga Moms tiba-tiba merasa pusing, keram, atau muncul flek, maka sebaiknya Moms segera berhenti melakukan olahraga tersebut.

Selain mempersiapkan kebugaran dan kesiapan tubuh Moms untuk persalinan nanti, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan setelah persalinan, seperti popok bagus dan berkualitas untuk Si Kecil. Salah satu popok bayi yang bagus untuk newborn adalah popok bayi Sweety Gold Comfort yang dilengkapi inovasi Diamond Layer Technology, mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok newborn Sweety Gold Comfort ini juga memiliki lapisan permukaan yang sangat lembut, bersirkulasi udara, dan sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir atau kulit bayi sesensitif apa pun. Jadi, popok akan nyaman dipakai oleh bayi yang baru lahir dan kulitnya pun terbebas dari iritasi. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (2)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Usswatun Hasana
Usswatun Hasana
info yang sangat bermanfaat
0
Charina Jasmine
Charina Jasmine
Alhamdulillah sudah d laksanakan saat hamil dulu dan bermanfaat sekali momz...ini bener bgt ini tips ny..ayo coba momy momy
0

Article Terkait

Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil

Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil

Memiliki daya tahan tubuh yang baik dan fisik yang prima, akan menghindari si kecil dari penyakit. Ternyata, tidak sulit lho, Bun, untuk menjaga keseh...

Musik Bisa Mencerdaskan Janin dalam Kandungan, Mit...

Memperdengarkan musik kepada Si Kecil selama kehamilan dinilai memiliki banyak manfaat. Salah satu pendapat populer mengatakan bahwa mendengarkan musi...

5 Tips Liburan Babymoon Ini Akan Membuat Moms Nyaman dan Bebas Stres

5 Tips Liburan Babymoon Ini Akan Membuat Moms Nyam...

Babymoon atau liburan bersama suami saat mengandung kini sedang banyak dilakukan oleh Moms yang sedang dalam masa kehamilan. Babymoon memang menyenang...