Moms, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Menjelang Persalinan

Tak jarang rasa sakit saat melahirkan menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh ibu hamil yang akan melahirkan dalam waktu dekat, apalagi jika proses yang dipilih adalah proses melahirkan normal. Sebagian besar wanita yang sudah pernah melahirkan biasanya mengatakan bahwa proses melahirkan itu mampu membuat tubuh merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Nah, salah satu penyebab rasa sakit tersebut adalah karena adanya kontraksi otot-otot rahim ketika berusaha mengeluarkan bayi saat persalinan. Namun, sebenarnya rasa sakit saat melahirkan bisa dikurangi dengan melakukan beberapa teknik yang bisa Moms coba. Yuk, simak teknik-teknik tersebut untuk persiapan melahirkan agar proses persalinan Moms bisa lebih tenang dan lancar.

Mencoba Hypnobirthing

Ketika merasa takut, biasanya otot-otot pada tubuh menjadi ikut tegang sehingga mengakibatkan rasa sakit yang lebih kuat ketika proses melahirkan berlangsung. Nah, untuk mengurangi rasa takut dan menciptakan kondisi tubuh yang lebih rileks saat menjelang persalinan, Moms bisa mencoba teknik hypnobirthing.

Hypnobirthing ini adalah teknik yang menggunakan self-hypnosis atau memberi sugesti pada diri sendiri untuk mengurangi rasa takut, cemas, dan tegang saat proses melahirkan. Sugesti ini dapat menggunakan media berupa musik, video, atau kata-kata positif untuk memandu pikiran, membuat tubuh santai, serta untuk mengendalikan napas ketika proses persalinan berlangsung.

Sebelum melakukan hypnobirthing, Moms dapat mengikuti kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia sekitar 32 minggu. Pada kursus tersebut, Moms akan diajarkan posisi tubuh yang baik saat persalinan, teknik relaksasi dan self-hypnosis, serta teknik bernapas.

Memberikan Pijatan

Berikan pijatan lembut saat kontraksi berlangsung untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh. Tidak hanya itu, pijatan juga bisa membuat tubuh Moms menjadi rileks dan membantu merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon dalam tubuh yang dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Moms bisa meminta suami untuk memberikan pijatan lembut di area bawah punggung atau di bagian bahu ketika kontraksi berlangsung.

Mengubah Posisi Tubuh

Mengubah posisi tubuh juga bisa Moms lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi. Sebagian besar wanita merasa posisi jongkok sangat membantu untuk meredakan nyeri dan mempercepat proses pembukaan. Selain mencoba posisi jongkok, Moms juga bisa mencoba untuk duduk bersandar pada tubuh suami karena kehadiran pasangan bisa mengurangi rasa tegang. Saat mengubah posisi tubuh, jangan lupa untuk berpegangan pada sesuatu yang kokoh agar tidak terjatuh. Tarik napas yang penuh dalam ritme lambat selama kontraksi, lalu Lepaskan ketegangan tiap kali menghembuskan napas.

Mengompres dengan Benda Hangat

Menempelkan sesuatu yang hangat pada tubuh bisa mengurangi ketegangan pada otot serta meringankan rasa sakit saat kontraksi. Moms bisa mengompres bagian tubuh dengan botol berisi air hangat. Sebelum menempelkan pada tubuh, balut botol berisi air hangat tersebut dengan handuk tipis terlebih dahulu.

Moms juga bisa mengompres bagian yang terasa sakit, seperti di bagian belakang vagina dan perineum dengan handuk yang telah direndam air hangat agar rasa sakit tersebut terasa lebih ringan.

Menghirup Minyak Esensial

Minyak esensial diyakini dapat menghilangkan mual-mual, perasaan cemas, serta mengurangi rasa sakit saat bersalin. Namun, berhati-hatilah saat memilih minyak esensial untuk digunakan selama masa persalinan. Minyak esensial yang digunakan saat persalinan harus memiliki aroma dan konsentrasi bahan-bahan yang tepat dan organik sehingga aman untuk digunakan. Beberapa minyak esensial yang umum digunakan saat persalinan adalah minyak esensial lavender, almond, dan geranium.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa mengurangi rasa sakit kontraksi dan membuat Moms lebih nyaman saat melakukan persalinan. Selain persiapan persalinan, tentunya Moms juga akan lebih tenang jika semua kebutuhan Si Kecil sudah terpenuhi dengan baik, seperti pakaian, perlengkapan sehari-hari, serta popok bayi yang bagus. Untuk popok newborn, pilih popok bagus yang cepat menyerap cairan, berbahan lembut dan bersikulasi udara, memiliki desain tipis yang pas mengikuti lekuk tubuh Si Kecil, serta teruji klinis dan aman untuk kulit bayi baru lahir yang sensitif. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (27)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nia
Nia
Nice info
1
Lissa fahmiyah
Lissa fahmiyah
YUNI ANANDA HARAHAP
YUNI ANANDA HARAHAP
Trims
0
Jubaedah
Jubaedah
Terimakasih info nya bu
0
Septia Arisanti
Septia Arisanti
terima kasih sweety
0
Syifa Hanoum
Syifa Hanoum
Artikelnya sangat bermamfaat
0

Article Terkait

Jangan Takut Bergerak, 4 Jenis Olahraga Ini Penting dan Aman Dilakukan Ibu Hamil

Jangan Takut Bergerak, 4 Jenis Olahraga Ini Pentin...

Ketika hamil, kondisi perut yang semakin besar memang bisa membuat Moms kurang leluasa untuk bergerak dan berolahraga. Moms juga mungkin khawatir gera...

Inspirasi Gaya untuk Ibu Hamil yang Ingin Tetap Stylish

Inspirasi Gaya untuk Ibu Hamil yang Ingin Tetap St...

Ada banyak perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada wanita selama kehamilan, seperti perubahan pada berat badan, ukuran perut yang semakin membesar, j...

Kehamilan dan Lupus

Kehamilan dan Lupus

Lupus merupakan penyakit oto-imun yang sering menyerang perempuan, termasuk ibu hamil. Antibodi yang seharusnya memberantas kuman atau virus yang masu...