Musik Bisa Mencerdaskan Janin dalam Kandungan, Mitos atau Fakta ya?

Memperdengarkan musik kepada Si Kecil selama kehamilan dinilai memiliki banyak manfaat. Salah satu pendapat populer mengatakan bahwa mendengarkan musik saat hamil dapat meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Namun, benarkah stimulasi musik dapat mencerdaskan janin dalam kandungan?

Banyak orang mempercayai bahwa musik klasik dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan numerik Si Kecil, tidak mengherankan jika musik klasik dianggap sebagai musik yang paling tepat untuk Moms dengarkan selama masa kehamilan.

Sayangnya Moms, klaim tentang manfaat musik klasik untuk kecerdasan janin ternyata masih simpang siur di kalangan para peneliti. Sejauh ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan janin. Wilfried Gruhn, seorang Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman, mengatakan bahwa stimulasi musik memang dapat membantu merangsang pertumbuhan struktur otak janin dan menghubungkan banyak aktivasi daerah otak. Dari kutipan tersebut, dapat dikatakan bahwa musik dapat merangsang perkembangan awal otak, tetapi tidak menjamin janin akan tumbuh cerdas. Kecerdasan otak Si Kecil lebih ditentukan pada cara ia menggunakannya setelah ia lahir nanti.

Meski begitu, hasil penelitian tersebut jangan membuat Moms jadi berkecil hati ya, karena memperdengarkan musik kepada Si Kecil tetap memiliki berbagai manfaat, jadi Moms dan Si Kecil tetap bisa mendapatkan manfaat dari stimulasi musik. Yuk, simak beberapa manfaat dari stimulasi musik di bawah ini!

Meningkatkan Kemampuan Indra Pendengaran Si Kecil

Pada usia kehamilan 24 minggu, indra pendengaran Si Kecil mulai berfungsi dengan baik. Ia mulai bisa mendengar dan menunjukkan respon terhadap suara di sekitarnya, baik suara-suara yang berasal dari dalam maupun dari luar perut Moms. Musik menjadi stimulus yang baik bagi Si Kecil untuk mematangkan kemampuan pendengaran Si Kecil. Kepekaan pendengaran ini pun memiliki pengaruh pada kemampuan kognitif Si Kecil di kemudian hari.

Meningkatkan Refleks Bayi Baru Lahir

Mendengarkan musik saat hamil membuat janin dalam kandungan Moms dapat merasakan getaran yang dihasilkan oleh musik tersebut. Saat mendengarkan getaran tersebut, ia dapat bereaksi terhadap getaran dari musik yang ia rasakan. Reaksi tersebut biasanya berupa gerakan sesuai dengan getaran musik yang Si Kecil rasakan. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan gerak refleks Si Kecil setelah lahir nanti.

Membantu Si Kecil Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan komunikasi Si Kecil bisa distimulasi sejak dalam kandungan lho, Moms. Salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan Si Kecil adalah dengan memperdengarkan musik selama masa kehamilan, karena musik dapat membantu meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam menerima informasi, hal ini kelak akan berpengaruh pada keterampilan Si Kecil dalam berkomunikasi. Stimulasi musik yang Moms berikan pada Si Kecil selama di kandungan berguna untuk membantu Si Kecil mempelajari nada dan kata-kata serta pola ucapan orang-orang di sekelilingnya sehingga Si Kecil bisa belajar menemukan cara terbaik untuk memberi respons.

Menghilangkan Stres dan Membantu Moms Tetap Rileks

Musik tidak hanya berdampak positif pada janin dalam kandungan. Alunan musik juga dapat membuat Moms merasa lebih santai dan meminimalkan stres yang Moms alami selama kehamilan. Stres saat hamil memang suatu hal yang wajar dialami, namun stres yang Moms alami harus dikelola dengan baik. Jika tidak dikelola dengan baik, maka dapat memicu hormon kortisol yang akan menimbulkan berbagai efek negatif bagi Si Kecil.

Nah, itulah beberapa pengaruh musik terhadap janin serta manfaat yang bisa Moms dapatkan dari stimulasi musik selama masa kehamilan. Selain melakukan stimulasi untuk janin dalam kandungan, untuk mempersiapkan yang terbaik bagi Si Kecil, Moms perlu memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah mempersiapkan popok newborn untuk dipakai Si Kecil setelah ia lahir nanti.

Salah satu popok bayi yang bagus untuk newborn adalah popok bayi Sweety Gold Comfort yang dilengkapi inovasi Diamond Layer Technology, mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan sempurna dan 50% tidak menyentuh kulit. Popok newborn Sweety Gold Comfort ini juga memiliki lapisan permukaan yang sangat lembut, bersirkulasi udara, dan sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sehingga aman bagi kulit bayi baru lahir atau kulit bayi sesensitif apa pun. Yuk, persiapkan yang terbaik untuk Si Kecil mulai dari sekarang dengan popok bagus dari Sweety! #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (320)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

femitaje@gmail.com
femitaje@gmail.com
Paling suka dengerin/baca quran di handphone + lagu
0
Ade Fatmawati
Ade Fatmawati
Klw aku lagu religi dan lantunan bacaan alqur'an
0
Muhammad Yusuf
Muhammad Yusuf
Saya dulu pas hamil sering juga tak dengerin musik bun
0
Pemi Apriyani
Pemi Apriyani
Terimakasih infonya
0
noviana
noviana
Fakta
0

Article Terkait

5 Cara Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil sejak dalam Kandungan

5 Cara Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil sejak da...

Bisa merasa bonding atau dekat secara emosional dengan bayi yang masih ada dalam kandungan, adalah salah satu pengalaman paling berharga yang dirasaka...

5 Tips Liburan Babymoon Ini Akan Membuat Moms Nyaman dan Bebas Stres

5 Tips Liburan Babymoon Ini Akan Membuat Moms Nyam...

Babymoon atau liburan bersama suami saat mengandung kini sedang banyak dilakukan oleh Moms yang sedang dalam masa kehamilan. Babymoon memang menyenang...

Ibu Hamil Suntik Tetanus? Ternyata ini Efeknya untuk Kesehatan Kehamilan

Ibu Hamil Suntik Tetanus? Ternyata ini Efeknya unt...

Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh racun bakteri clostridium tetani yang masuk ke tubuh melalui luka terbuka. Bakteri ini bisa ditemukan...