Si Kecil Sudah di Atas 4 Tahun Tapi Masih Mengompol? Moms, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya, yuk!

Moms, Si Kecil masih suka mengompol walaupun usianya sudah lebih dari 4 tahun? Mengompol atau bedwetting adalah hal yang wajar bagi anak usia 4-6 tahun terutama jika ia masih dalam masa potty training. Normalnya, anak dengan usia di atas 3 tahun sudah tidak mengompol pada siang hari, namun pada malam hari masih suka mengompol.

Mengapa Si Kecil masih suka mengompol di malam hari?

Jika Si Kecil masih mengompol di malam hari, hal tersebut tidak menjadi indikasi bahwa Si Kecil memiliki masalah kesehatan. Mengompol di malam hari bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil belum cukup matang untuk mengendalikan fungsi-fungsi tubuhnya. Perlu diketahui, untuk menahan urine membutuhkan koordinasi antara otot, saraf, sumsum tulang belakang, dan otak. Tubuh Si Kecil juga perlahan-lahan akan memproduksi hormon antidiuretik (ADH) yang akan menghambat produksi urine. Jika Si Kecil sudah berusia 5 tahun, tetapi masih suka mengompol berarti anak belum memproduksi hormon antidiuretik yang cukup pada waktu yang tepat dan belum mampu menangkap sinyal dari otak bahwa kandung kemihnya sudah penuh dengan urine.

Selain faktor produksi hormone antidiuretik, faktor gangguan sembelit, dan mengonsumsi makanan atau minuman berkafein juga memicu Si Kecil mengompol di malam hari. Jika Moms sudah memahami alasan Si Kecil masih suka mengompol, maka Moms bisa mengajak Si Kecil bekerja sama agar tidak mengompol lagi.

Cara mengatasi ngompol Si Kecil

Kebiasaan Si Kecil mengompol di malam hari akan sulit dihilangkan jika Moms tidak turut serta membantunya menghilangkan kebiasaan tersebut. Moms bisa membantu Si Kecil untuk menghilangkan kebiasaan mengompolnya dengan melakukan trik berikut ini:

  1. Gunakan alas ompol

Alas ompol bayi umumnya digunakan saat bayi tidak menggunakan popok dan sifatnya anti air karena memiliki bahan campuran PVC. Karena sifatnya anti air dan memiliki tekstur licin, alas ini tidak begitu disukai oleh Si Kecil. Moms bisa mengajarkan Si Kecil bahwa jika dia berhasil tidak mengompol, maka alas ompol tersebut tidak akan ada lagi di tempat tidurnya.

  1. Ajak Si Kecil BAK (Buang Air Kecil) sebelum tidur

Jika Si Kecil terbiasa tidur tanpa BAK terlebih dulu, sebaiknya kebiasaan ini sedikit Moms rubah. Mom bisa membiasakan Si Kecil untuk BAK terlebih dulu sebelum tidur, hal ini akan membantu mengosongkan kemih Si Kecil sehingga dia tidak lagi mengompol. Untuk mendorong Si Kecil mau pergi ke kamar mandi sebelum tidur, Moms wajib menciptakan rasa nyaman dan aman untuk Si Kecil agar dia tidak merasa takut pergi ke kamar mandi di malam hari.

  1. Kurangi konsumsi minuman manis dan berkafein seperti teh dan susu cokelat

Moms, kebiasaan Si Kecil minum minuman manis dan berkafein seperti teh dan susu cokelat justru membuatnya mengompol. Minuman manis dan berkafein membuat kemih cepat penuh, jika Si Kecil masih belum memiliki kontrol yang baik untuk menahan urine atau memiliki kepekaan bahwa kemih sudah penuh, maka kebiasaan mengompol akan terus berulang. Moms cukup memberikan segelas air putih dan menjauhkan ia dari teh maupun minuman manis sebelum Si Kecil tidur untuk mencegahnya mengompol di malam hari.

  1. Hindari memarahi Si Kecil karena mengompol

Hal ini penting dilakukan, Moms. Memarahi atau menghukum Si Kecil karena mengompol, justru akan membebani emosinya dan membuat hubungan Moms dan Si Kecil renggang. Berikan Si Kecil pujian dan rewards saat dia berhasil tidak mengompol, seperti memberikan cap atau stiker bintang satu buah setiap Si Kecil tidak mengompol di malam hari. 

Pakaikan Popok untuk Menjaga Kenyamanan Tidurnya

Tidur yang cukup dan nyaman sangat penting bagi tumbuh kembang Si Kecil, terutama untuk perkembangan fisik, kognitif, serta emosionalnya. Gangguan perkembangan ini terjadi karena hormon pertumbuhan yang aktif saat Si Kecil tidur tidak dapat bekerja dengan optimal. Tidur yang terganggu kualitasnya bisa menyebabkan Si Kecil rentan terkena penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, resistensi insulin, gangguan emosi, dan gangguan kesehatan lainnya saat ia tumbuh dewasa nanti.

Kebiasaan mengompol bagi Si Kecil ini bisa jadi salah satu faktor yang mengganggu kualitas tidurnya. Untuk menjaga Si Kecil tetap tidur nyaman dan aman di malam hari, Moms bisa menggunakan popok sekali pakai untuknya. Pilihlah popok sekali pakai yang sesuai dengan usianya, memiliki daya serap tinggi, dan mampu menahan cairan serta tetap kering semalaman. Jangan lupa pastikan popok yang akan dipakai Si Kecil telah teruji klinis, bebas BPA, dan bebas dari bahan pemutih agar kesehatan Si kecil tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang kebiasaan mengompol Si Kecil dan tips yang bisa Moms terapkan. Kebiasaan mengompol Si Kecil saat berusia di bawah 6 tahun memang bukanlah suatu masalah. Akan tetapi jika sudah menginjak usia 6 tahun ke atas dan Si Kecil masih tetap mengompol, ada baiknya Moms melakukan konsultasi ke dokter spesialis anak karena dikhawatirkan kebiasaan mengompol menjadi indikasi masalah kesehatan. #SudahPakaiSweety


Bagikan

Komentar (157)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Ade Fatmawati
Ade Fatmawati
Up
0
Siti Rosidah
Siti Rosidah
Kalo bab ada penjelasannya ga min
0
Diantri hesti fatmawati
Diantri hesti fatmawati
????trmksih infonya
0
Cindy Puspitasari
Cindy Puspitasari
Oh gitu
0
Ervan fauzi
Ervan fauzi
Upps
0

Article Terkait

Tips & Trik Jadi Winner Amazing Baby Star

Tips & Trik Jadi Winner Amazing Baby Star

Expert Moms, kalau Si Kecil yang berusia 0-4 tahun punya bakat tertentu, apalagi jika bakatnya tersebut tergolong unik, saatnya ikutan Amazing Baby St...

Rizkina Nazar-Kenzie: Mom & Me Matching Outfits

Rizkina Nazar-Kenzie: Mom & Me Matching Outfits

“Memiliki Si Kecil bukan berarti gak bisa modis lho,” ujar Rizkina Nazar, Digital Creator yang juga kakak kandung dari aktor Rizky Nazar. Yes, Expert...

5 Healthy Habits Challenge di Tahun 2021

5 Healthy Habits Challenge di Tahun 2021

New year new you! Moms, ingin mendapatkan tubuh ideal sekaligus sehat di tahun ini? Lakukan 5 healthy habits challenge berikut.More fruits & veggi...