5 Hal Berikut ini Sebaiknya Dihindari Saat Membentuk Karakter Si Kecil

Moms, memiliki anak dengan kepribadian baik, mandiri, dan cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Tentunya karakter anak di atas tidak bisa didapat begitu saja, dibutuhkan pendidikan karakter yang baik dari usia dini. Untuk Si Kecil yang masih balita, ada sebuah periode di mana otak dan fisik anak berada pada perkembangan terbaiknya yang dikenal sebagai golden age. Pada masa inilah, Moms bisa membentuk sekaligus menguatkan pendidikan karakter Si Kecil. Namun, ketika Moms sedang berfokus untuk membentuk karakter anak, sebaiknya hindari melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Hindari penggunaan kata “jangan” pada Si Kecil

Pendidikan karakter Si Kecil sejatinya adalah menanamkan nilai-nilai positif dalam memorinya untuk mencegahnya melakukan suatu hal yang dianggap tidak baik. Meskipun tujuannya baik, penggunaan kata “jangan” ternyata bisa membatasi pilihan Si Kecil dan membuatnya takut untuk mencoba hal baru.

Meski sulit dilakukan, tapi ada alternatif lain selain menggunakan kata “jangan” lho, Moms. Sebagai contoh, ketika Si Kecil mencoret dinding rumah, Moms bisa katakan “Nak, corat-coretnya di atas kertas saja ya, nanti sulit untuk membersihkannya jika di tembok”. Dengan begitu, Si Kecil akan mendapat pemahaman yang baik tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.

  1. Membandingkan Si Kecil dengan anak lain

Moms, setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan adalah tugas Moms untuk memerhatikan hal tersebut. Saat menerapkan pendidikan karakter, hindari untuk membandingkan Si Kecil dengan anak lain meskipun saudara kandungnya sendiri. Jika hal ini tanpa sengaja dilakukan, maka akan berdampak pada perkembangan karakter Si Kecil yang terganggu dan bisa saja ia akan tumbuh menjadi pribadi yang penakut.

  1. Tidak memberi pujian pada Si Kecil

Ketika Si Kecil berhasil mematuhi peraturan yang Moms ciptakan, meskipun hal tersebut terkesan sepele untuk orang dewasa, jangan lupa untuk memberi pujian untuknya. Dibanding melarangnya untuk melakukan berbagai hal atau memberikan reward berupa benda atau nominal, pujian dengan kata-kata sayang akan sangat diingat Si Kecil. Dengan memuji, pribadi dan emosi Si Kecil akan terbentuk dengan baik.

Sebaliknya, jika Moms cenderung acuh terhadap apa yang sudah Si Kecil berhasil lakukan, maka dikhawatirkan Si Kecil akan merasa kurang motivasi dan menolak untuk mematuhi peraturan Moms.

  1. Membatasi minat dan bakat

Moms, ketika Si Kecil berusia dua tahun, ia sudah bisa menunjukkan minat dan bakatnya, lho. Ketika Si Kecil sudah menunjukkan minat dan bakatnya, Moms harus mendukungnya dengan tidak membatasi apa yang ia sukai. Jika minat dan bakat Si Kecil ternyata tidak sesuai harapan Moms, jangan dipaksakan karena itu akan membuat Si Kecil menjadi pribadi tertutup. 

  1. Biarkan Si Kecil menjadi dirinya sendiri

Membentuk karakter anak sejak usia dini dengan memanfaatkan periode golden age memang sangat penting dilakukan, akan tetapi jangan karena terlalu ingin membentuk karakter yang seolah sempurna sehingga mengabaikan keinginan Si Kecil. Biarkan Si Kecil menjadi dirinya sendiri, tanpa harus dibanding-bandingkan dengan anak lain. Moms bisa mengajak Si Kecil bermain sehingga ia akan belajar menemukan karakter dalam dirinya. Biarkan Si Kecil bermain dengan teman-teman sebayanya sehingga kemampuan sosialnya akan berkembang.

Untuk mendukung proses pembentukan karakter Si Kecil yang menyenangkan, Moms bisa memilih Sweety Silver Pants Boys & Girls, popok celana dengan karakter lucu Justice League dan Hello Kitty. Diamond Layer Technology serta permukaan popok yang elastis dan lembut sehingga Sweety Silver Pants Boys & Girls menjadi popok anti iritasi yang membuat Si Kecil semakin nyaman mengeksplorasi tanpa terganggu oleh popok yang basah.  Dengan desain super seru, Si Kecil akan semakin bersemangat menemukan karakternya.

Yuk, bentuk karakter Si Kecil sejak usia dini bersama popok celana Sweety Silver Pants Boys & Girls. #SudahPakaiSweety

 


Bagikan

Komentar (45)


profile picture

Mohon Daftar/Masuk untuk dapat menuliskan komentar

Nur Fadilah
Nur Fadilah
Okay
0
Fitdyawati gibran
Fitdyawati gibran
Artikel nya bermanfaat banget makasih sweety
0
Novi Suwati
Novi Suwati
ok
0
Novi Suwati
Novi Suwati
keren
0
Novi Suwati
Novi Suwati
membantu banget
0

Article Terkait

Si Kecil Suka Corat-Coret Dinding? Jangan Dilarang...

Golden age atau fase emas merupakan masa di mana fisik dan otak balita berada pada perkembangan terbaiknya. Perkembangan bayi pada fase golden age ini...

Ternyata Banyak Gerak Bisa Membuat Si Kecil Lebih...

Anak-anak memang memiliki sifat aktif sehingga ia senang bebas bergerak kemanapun yang diinginkan. Sifat aktif Si Kecil ini terkadang membuat Moms kew...

Sudah Waktunya Si Kecil Lepas ASI? Moms, Perhatika...

Moms, pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil dianjurkan dari semenjak ia lahir hingga berusia enam bulan tanpa memberikan asupan makanan tambahan. Sete...